Sandiaga Harap Desa Kreatif Jadi Penggerak Kebangkitan Ekonomi

Daftar Isi

    Foto: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Istimewa)


    Lancang Kuning – Ketua Umum Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Fikri El Aziz menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno karena diberi kepercayaan meluncurkan Keputusan Menteri Parekraf RI Tentang Pedoman Desa Kreatif. 

    “Mewakili 125 Kepala Desa yang telah bergabung di Asosiasi Desa Kreatif Indonesia saya mengucapkan apresiasi kepada Menparekraf Sandiaga Uno, ini lebarannya masyarakat desa kreatif,” kata Fikri di Condet, Jakarta. 

    Program Desa Kreatif yang diinisiasi bersama ADKI, Kemenparekraf, & Kemendes PDTT RI, adalah gerak bersama dalam meningkatkan ekonomi, khususnya bagi masyarakat desa. 

    Dalam Kepmen yang ditandatangani Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, desa kreatif memiliki definisi sebuah kawasan yang terletak di wilayah administratif desa/kelurahan yang masyarakatnya telah mengembangkan produk unggulan. 

    “Desa kreatif secara legitimasi sudah menjadi ketetapan yang legal, Menparekraf telah dengan baik menjalankan amanat presiden untuk membangun ekonomi Indonesia dari desa,” ujarnya.

    Sandiaga mencontohkan Condet sebagai salah satu wilayah yang masih kental terhadap keasriannya karena mempertahankan budaya Betawi meski berada di tengah-tengah metropolitan. 

    “Condet ini spesial banget. Ini adalah satu kawasan yang betul-betul melestarikan budaya dan mendorong produk ekonomi kreatif walaupun mereka ada di tengah-tengah kota metropolitan,” kata Sandiaga dalam Sosialisasi Nasional Kepmen Desa Kreatif di Gedung Kesenian Condet saat itu, dilansir LKC dari Viva.co.id 

    Dengan terpilihnya Condet sebagai tempat diluncurkannya Program Desa Kreatif, Sandiaga berharap hal ini mampu menjadi penggerak kebangkitan ekonomi bagi warga sekitar.  

    “Ini adalah awal kebangkitan ekonomi di desa, seperti tema acara sosialisasi ini, Bersama Desa Kreatif kita akan hadirkan lapangan kerja baru & produk kreatif berkelanjutan,” kata Sandiaga. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 15 Desember 2021 - 20:34 WIB
    Judul Artikel : Sandiaga Harap Desa Kreatif Jadi Penggerak Kebangkitan Ekonomi
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1432356-sandiaga-harap-desa-kreatif-jadi-penggerak-kebangkitan-ekonomi?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sandiaga Harap Desa Kreatif Jadi Penggerak Kebangkitan Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar