Inilah Sosok Raja Kecik, Sang Pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura

Daftar Isi

    Raja Kecik merupakan pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura. Dimana Kerajaan Siak didirikan pada tahun 1723 M. Raja Kecik bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmad Syah. Raja Kecik memiliki istri yang bernama Encik Pong. Kerajaan Siak yang didirikannya berpusat di Buantan pada saat ia memerintah kerajaan siak. Masa jabatannya hingga tahun 1746 M.

    Raja Kecik dilahirkan pada saat ibunya dilarikan ke Singapura terus ke Jambi.  Pada perjalanan itu Raja Kecik dilahirkan dan beliau dibesarkan di Kerajaan Pagaruyung Minangkabau. Raja Kecik merupakan Putra dari Sultan Mahmud Syah II yang merupakan Sultan Johor yang terbunuh dan ibunya bernama Encik Pong.  Raja Kecik merupakan saudara dari Yang Dipertuan Pagaruyung Raja Alam Indermasyah.

    Pada tahun 1716 Raja Kecik diutus Sultan Indermasyah untuk menyelesaikan kesepakatan dagang dengan VOC. Kehadirannya ditolak oleh VOC dan Sultan Indermasyah mengirimkan surat untuk memperjelas status Raja Kecik bahwa ia adalah utusan Sultan Indermasyah.

    Raja Kecik didaulat menjadi Penguasa Siak atas mufakat masyarakat Bengkalis dan melepaskan Siak dari pengaruh Johor. Raja Kecik memberikan surat kepada VOC bahwa ia akan menuntut balas atas terbunuhnya Sultan Mahmud Syah ayahnya.

    Pada tahun 1717 saat Raja Kecik dewasa ia berhasil merebut tahta Johor. Dan mengukuhkan dirinya sebagai Sultan Johor dengan gelar Yang Dipertuan Besar Johor. Kemudian  pada tahun 1722 tahta Johor direbut oleh Tengku Sulaiman yang merupakan ipar Raja Kecik kemudian terjadi perang saudara. Masing-masing pihak mengalah dan mengasingkan diri. Raja Kecik mengasingkan diri ke Bintan dan mendirikan negeri baru di pinggir sungai Bintan (anak sungai Siak).

    Pada tahun 1724-1726 Raja Kecik melakukan perluasan wilayah, dimulai dari Rokan. Kemudian membangun pertahanan armada laut di Bintan. Juga pada tahun 1740-1745 Raja Kecik menaklukkan beberapa kawasan di Kedah. Raja Kecik, Sultan Abdul Jalil Rahmad Syah wafat pada tahun 1746 dan dimakamkan di Buantan. Kemudian ia diberi gelar dengan Marhum Buantan. Kedudukan Raja Kecik digantikan oleh putranya yang bernama Sultan Mahmud. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inilah Sosok Raja Kecik, Sang Pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar