Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika: Tikungannya Tajam, Sulit untuk Saya

Daftar Isi

    Foto: Presiden Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika. (Antara)


    Lancang Kuning – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika sebelum meresmikannya hari ini, Jumat, 12 November 2021. Jokowi menjajal sirkuit yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan motor customnya jenis cafe racer.   

    Dari video yang ditampilkan Sekretariat Presiden, Jumat 12 November 2021, Presiden menjajal sirkuit didampingi Pasukan Pengamanan Presiden dan sejumlah tokoh otomotif. Antara lain, Prasetyo Edi Marsudi, yang merupakan Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI Pusat.  

    Keduanya juga menaiki motor tepat berada di samping Presiden dari titik mulai atau start balapan. Ada juga pebalap nasional Sean Gelael ikut di dalam rombongan saat Kepala Negara menjajal sirkuit.  

    Usai melibas lintasan sirkuit Mandalika, Jokowi mengaku sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 4,32 kilometer. Kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan membuat Jokowi lebih berhati-hati saat menjajal lintasan, apalagi sirkuit Mandalika memiliki banyak tikungan tajam. 

    "Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin tidak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," kata Jokowi dalam sambutannya, Jumat 12 November 2021.  

    Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi membuka pengoperasian Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini. Dengan beroperasinya Sirkuit Mandalika, Presiden meyakini ajang-ajang kelas dunia di dunia otomotif siap digelar. 

    "Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi dalam sambutannya, Jumat 12 November 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Bersamaan dengan peresmian Sirkuit Mandalika, Jokowi juga meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika. 

    Jalan sepanjang 17,3 kilometer itu telah siap digunakan dan disebut akan memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

    "Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan sehingga jarak tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja," tutur Kepala Negara. (LK) 

     


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id dengan judul berita Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika: Tikungannya Tajam, Sulit untuk Saya
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1422657-jokowi-jajal-sirkuit-mandalika-tikungannya-tajam-sulit-untuk-saya?page=all&utm_medium=all-page

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika: Tikungannya Tajam, Sulit untuk Saya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar