TNI AL Kerahkan 3 Kapal Perang Hadapi Armada US Army di Laut Jawa

Daftar Isi

    Foto: TNI AL gelar latihan bersama US Navy di Perairan Laut Jawa. (Pen Koarmada II)


    Lanang Kuning – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut mengerahkan tiga kapal perang untuk menghadapi kekuatan dua armada Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dalam latihan Coorporation Afloat Readiness and Training (CARAT) tahun 2021 yang digelar di perairan Laut Jawa.

    Tiga kapal perang yang dikerahkan oleh Koarmada II TNI Angkatan Laut adalah, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 , KRI Diponegoro-365 , dan KRI Ajak-653. Komandan Satgas Latma CARAT 2021 yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II yang ikut on board di KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kolonel Laut (P) Heri Tribowo mengatakan, tiga kapal perang TNI Angkatan Laut dan satu unit Heli Panther milik TNI Angkatan Laut saat ini telah tiba di Perairan Laut Jawa dalam rangka Fase Laut (Sea Phase) atau Tahap Manuver Lapangan yang merupakan puncak Latihan Bersama CARAT 2021. 

    Menurut Kolonel Heri, dalam latihan tahun ini US Navy telah mengerahkan dua kapal perangnya, yakni USS Jackson dan USNS Milinocket. Keduanya tiba di Surabaya pada hari Jumat, 5 Nopember 2021 lalu. 

    "Sehingga total ada lima unsur kapal perang dari kedua pihak yang terlibat dalam manuver lapangan, yang akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 November 2021. Selain itu masing-masing delegasi juga menyertakan helikopter untuk mendukung pelaksanaan sejumlah serial latihan nantinya," kata Komandan Satgas Latma CARAT 2021, Kolonel Laut (P) Heri Tribowo dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 9 Nopember 2021. 

    Dansatgas CARAT 2021 menambahkan, dalam Manuver Lapangan (Manlap), US Navy dan TNI Angkatan Laut rencananya akan melakukan sejumlah serial latihan, diantaranya Division  Tactical Manauvering DIVTACS,  Air Defence Exercise (ADEX), Flag Exercise (FLAGEX), Deck Landing Qualificatoin (DLQ), Anti Air Rapid Open Fire Exercise (AAROFEX), Flash Exercise (FLASHEX) , Night Steaming in Company (NSIC), Gunnery Exercise (GUNNEX), Saerch and Rescue Exercise (SAREX), replenishment at sea' (RAS), Fhoto Exercise (FOTEX), Anti Asymetric Warfare exercise (AASYWEX), Screen Exicise (SCREENEX), dan terakhir akan dilaksanakan Hot- Wash dan Closing Ceremony. 

    “Saat ini kita melaksanakan pelaksanaan peran tempur bahaya udara, serta penembakan Chaff sebagai upaya perlindungan serangan udara. Pada malam hari KRI GNR - 332 melanjutkan latihan penembakan Aarofex menggunakan meriam 20 mm lambung kiri dan lambung kanan sebanyak 400 butir peluru. Selanjutnya melaksanakan kegiatan NSIC ( Night Steaming in Company ),” ujarnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Lebih jauh dia mengatakan, dalam Manlap yang digelar di Laut Jawa, Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menekankan bahwa seluruh personel Satgas CARAT 2021 wajib mengutamakan keselamatan personel, material, serta bahaya navigasi. 

    “Latma CARAT 2021 merupakan wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yakni Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi,” ujarnya. (LK) 


    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id dengan judul berita TNI AL Kerahkan 3 Kapal Perang Hadapi Armada US Army di Laut Jawa

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel TNI AL Kerahkan 3 Kapal Perang Hadapi Armada US Army di Laut Jawa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar