Kejar Serapan APBD, Gubernur Riau: Pejabat OPD Harus Kerja Maksimal

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau, H Syamsuar

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau, H Syamsuar, menegaskan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menggesa kegiatan yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapat Daerah (APBD). 

    “Kami sudah sampaikan kepada semua OPD agar bulan November ini sudah mulai maksimal. Jadi November ini mereka harus maksimal sehingga nanti progresnya bisa naik,” ujar Gubri Syamsuar, Jumat (29/10), dikutip dari media center riau

    Gubri juga menjelaskan dari arahan Presiden, seluruh daerah juga diminta untuk memaksimalkan anggaran. Apalagi kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

    “Kemarin waktu arahan bapak Presiden hasilnya juga sama jadi kemajuan APBD itu dipercepat, agar bisa APBD itu berjalan maksimal, berkaitan dengan kegiatan tersebut,” kata Gubri.

    Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto menjelaskan, hingga per tanggal 29 Oktober, realisasi APBD Provinsi Riau masih rendah. Untuk realisasi keuangan baru 60,6 persen dan fisik 67,7 persen. Dan Sekdapun sudah mengumpulkan seluruh OPD yang realisasi rendah, termasuk OPD yang memiliki anggaran besar. 

    "Hari ini kami rapat evaluasi realisasi APBD Riau 2021. Ini rapat persiapan sebelum kami rapat dengan pak gubernur dan wakil gubernur pada minggu pertama November nanti. Realisasi fisik sekarang 67,7 persen, keuangan 60,6 persen," kata Sekda, SF Hariyanto, usai memimpin rapat.

    "Jadi OPD yang kami kategorikan rendah, kami kumpulkan, dan kami pertanyakan apa kendalanya. Ini tadi ada dinas PU, dinas perkebunan, dinas pendidikan, dinas PMD (pemberdayaan masyarakat desa), dinas kesehatan. Kita targetkan realisasi akhir tahun diatas 90 persen,” tegas Sekda.

    Dari realisasi keuangan OPD yang masih dibawah 40 persen, yakni Dinas PUPR baru 36,57 persen dan fisik 47,18 persen, kemudian Disbun keuangan 50,08 persen dan fisik 58,14 persen, Disdik keuangan 65,62 persen dan fisik 75,43 persen, Diskes keuangan 56,61 persen dan fisik 71,71 persen. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kejar Serapan APBD, Gubernur Riau: Pejabat OPD Harus Kerja Maksimal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar