Ini Sosok Jenderal Anak Petani Miskin Pemilik Rumah Berlimpah Emas

Daftar Isi


    Foto: Jenderal ARD

     

    Lancang Kuning – Dalam upaya perebutan kekuasan di Republik Islam Afghanistan, banyak cerita tak terduga dialami pasukan Taliban. Salah satunya adalah penemuan rumah mewah yang di dalam berlimpah emas.

    Kisah ini sudah dikupas VIVA Militer di edisi akhir pekan lalu dengan judul Taliban Temukan Rumah Berlimpah Emas Milik Jenderal Anak Petani Miskin. Namun, belum lengkap karena sosok jenderalnya belum terungkap.

    Baik pembaca setia, ternyata tokoh militer pemilik rumah berlimpah emas itu bukan sosok sembarangan dia adalah Jenderal Abdul Rashid Dostum.

    Jenderal Dostum merupakan panglima perang Afghanistan. Dan sebelum Taliban merebut kekuasaan negeri Islam, dia menjabat sebagai Wakil Presiden Afghanistan.

    Dostum adalah jenderal militer Afghanistan yang lahir dari keluarga petani miskin asal Uzbekistan. Dia lahir di Provinsi Jowzjan pada tahun 1954.

    Nama jenderal yang satu ini mulai melejit setelah memimpin pasukan milisi mengalahkan pasukan mujahidin Afghanistan saat terjadi perang Afghanistan dengan Uni Soviet yang pecah 1979. Dia dikenal sebagai komandan perang yang tegas dan garang.

    Sejak itu secara perlahan karier setelah melalui berbagai pertempuran terutama kontra Taliban, Jenderal Dostum meroket hingga akhirnya menjabat Panglima Perang Tentara Nasional Afghanistan. Bahkan dia sangat dihormati dan digelari Pahlawan Afghanistan.

    Memang selama ini Jenderal Dostum dikenal kaya raya. Rumahnya di Mazar-i-Sharif yang ditemukan dan dirampas pasukan Taliban dibangun bagai sebuah istana.

    Hanya saja tak ada yang tahu bahwa di dalam rumah super mewah itu berlimpah logam mulia emas. Bahkan ketika Taliban berhasil masuk ke dalam rumah, mereka terkejut setengah mati dengan temuan berbagai benda yang terbuat dari emas, termasuk satu set poci teh beserta gelas yang kesemua terbuat dari emas.

    Ketika pasukan Taliban mulai angkat senjata untuk merebut kekuasaan dari tangan Presiden Ashraf Ghani Ahmadza, Jenderal Dostum dilaporkan sudah hengkang dari negara itu dengan meninggalkan semua harta kekayaannya. Dia dikabarkan lari ke negeri nenek moyangnya di Uzbekistan.

    Berdasarkan catatan, semasa hidup dan karier militernya, Jenderal Dostum terlibat dalam hampir semua peperangan mulai dari perang Afghanistan Vs Uni Soviet, perang saudara Afghanistan hingga perang invasi militer Amerika Serikat. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Ini Sosok Jenderal Anak Petani Miskin Pemilik Rumah Berlimpah Emas

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Sosok Jenderal Anak Petani Miskin Pemilik Rumah Berlimpah Emas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar