AS Puji Kepemimpinan RI di ASEAN dan Sambut Jadi Presiden G-20

Daftar Isi

    Foto: Menlu Retno Marsudi di pertemuan ASEAN

    Lancang Kuning – Menteri Luar Negeri Retno Marsudimelakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken di Washington DC pada Selasa, 3 Agustus 2021. Pertemuan ini adalah dialog strategis pertama antara kedua negara sejak peresmian kemitraan strategis pada 2015.

    Kemitraan strategis AS-Indonesia didasarkan pada keyakinan mendasar akan demokrasi, pertumbuhan ekonomi yang didorong inovasi serta tatanan internasional berdasarkan aturan di Indo-Pasifik.

    Selain itu, kedua menteri juga sependapat terkait keamanan maritim dan resolusi damai terkait konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah. Kedua menteri ini membahas soal penanganan pandemi COVID-19.

    Diketahui, Amerika Serikat mengumumkan donasi 3,5 juta dosis vaksin untuk Indonesia sehingga menggenapkan jumlah total donasi vaksin menjadi delapan juta dan telah menyediakan bantuan terkait COVID-19 senilai lebih dari US$65 juta.

    Dalam pertemuan tersebut, Menteri Blinken memuji kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan mendukung upaya mengakhiri krisis di Burma serta mengembalikannya ke jalan menuju demokrasi.

    Selanjutnya, Blinken juga menyambut baik peran Indonesia sebagai Presiden G-20 berikutnya. Pula memuji upaya Indonesia dalam mendukung negosiasi damai Afghanistan dan mendiskusikan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan target iklimnya.

    “Kami menantikan kerja sama yang lebih luas lagi di Asia Tenggara, di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan seluruh dunia,” kata Menteri Blinken melalui keterangannya dari Kedutaan Besar AS di Indonesia pada Rabu, 4 Agustus 2021, dilansir Viva.co.id.

    Kemudian kedua menteri komitmen untuk bekerja sama dalam upaya melawan pandemi global, mengatasi krisis iklim, mendorong perdagangan bilateral dan hubungan ekonomi. Selain itu perlunya melindungi kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan serta melanjutkan kolaborasi keamanan siber dan mencegah kejahatan siber.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel AS Puji Kepemimpinan RI di ASEAN dan Sambut Jadi Presiden G-20
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar