Mengenal Diagram Sequence

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Untuk memahami apa itu sequence diagram maka kamu harus mempelajari dulu tentang UML atau United modeling language,  UML adalah toolkit pemodelan yang memandu pembuatan berbagai jenis diagram, contoh diagram adalah diagram perilaku, diagram interaksi, dan diagram struktur. Diagram ini merupakan bagian dari UML (United modeling language) yang berarti menggabarkan kolaborasi dinamis antar object. Dan merupakan diagram interaksi untuk menggambarkan bagaimana sebuah operasi dapat berjalan. Sequence diagram berkaitan erat dengan Use Case Diagram, apasih itu use case diagram?? jadi Use case diagram bisa menguraikan sebuah hubungan antara satu bahkan lebih sekaligus dengan sistem yang akan dibuat. Use case juga merupakan sebuah teknik yang dipakai untuk pengembangan sistem atau software untuk menangkap kebutuhan fungsional.

     Diagram ini juga merupakan sebuah urutan yang menggambarkan adanya hubungan antar kelas mengenai pertukaran pesan, dan diagram ini diatur berdasarkan waktu, dimana waktu berjalan ke arah bawah. Diagram ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu karakter atau  sifat perilaku di dalam sebuah skenario dan mendeskripsikan bagaimana entitas dan sistem akan terhubung.

    Tujuan Sequence Diagram                                                                                                      Jadi diagram ini mempunyai tujuan yaitu menganalisa dan mendesain deskripsi tentang sistem yang ada pada sebuah use case pada use case diagram yang menggambarkan hubungan antara aktor dan use case diagram. Kemudian digunakan juga  untuk memodelkan Logika dari salah satu method seperti Operation, Function atau Prosedure, dan Digunakan juga untuk memodelkan logika dari Service.

    Komponen dalam Sequence Diagram

    -Aktor adalah komponen dalam sequence diagram yang merepresentasikan entitas yang ada diluar sistem dan berinteraksi langsung dengan sistem. Contohnya bisa berupa manusia, hardware maupun sistem lain.                                                                                               

     –Life line  unsur ini mempunyai tugasnya yang mengeksekusi object saat sequence (pesan dikirim ataupun diterima dan aktivitasnya).                                                                                                     

    -General unsur ini juga memiliki fungsi untuk merepresentasikan entitas single atau tunggal dalam sequence diagram.                                                                                                                   

    -Boundary adalah komponen yang merupakan tepi dari sistem, sama dengan user interface atau sebuah alat yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan sistem lain.                                  

    -Control adalah komponen yang tugasnya mengatur aliran dari informasi untuk suatu skenario.                                                                                                                                                     

    -Entity adalah suatu unsur yang memiliki fungsi untuk menyimpan data atau informasi  .

    -Activation adalah suatu komponen dimana terdapat sebuah object yang sudah berpartisipasi di dalam suatu sequence.                                                                                                                              

    -Message adalah suatu komponen yang memiliki fungsi sebagai komunitas antar object yang menunjukkan aksi yang ingin dilakukan.                                                                                         

    -Message Entry  komponen ini yang memiliki peran untuk menggambarkan hubungan object itu sendiri, yang menggambarkan urutan kejadian yang telah terjadi.                                                  

    -Message Return berbeda dari entry komponen ini yang menunjukkan hasil dari pengiriman message serta ditunjukkan dengan arah kanan ke kiri.

    Penggambaran Diagram Sequence                                                                                                         Biasanya object diurutkan dari sebelah kiri ke kanan. Dan komponen aktor yang menginisiasi interaksi biasanya diletakkan di paling kiri atas dari diagram. Di dalam tabel penggambarannya, bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram .Kemudian garis vertikal akan diletakkan pada setiap objek atau komponen aktor. Dan garis vertikal tersebut akan digambarkan menjadi kotak ketika objek melakukan suatu proses atau operasi, kotak tersebut disebut dengan activation box. Objek akan dinyatakan mempunyai live activation pada saat tersebut .Pesan yang dipertukarkan atar objek digambarkan sebagai sebuah anak panah antara activation box pengirim dan penerima. Kemudian di atasnya diberikan label pesan.

    (Daffa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Diagram Sequence
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar