Mengenal Jurusan Metalurgi

Daftar Isi

    Metalurgi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    LancangKuning  -  Anda mungkin masih asing ketika mendengar kata metalurgi. Kata metalurgi berasal dari bahasa yunani yakni metallougos. Metalurgi bagi para ahli mengacu kepada ektraksi logam dari mineral bumi. Dalam perguruan tinggi metalurgi merupakan sebuah jurusan, dan pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang jurusan yang bernama metalurgi ini.

    Jurusan Metalurgi merupakan jurusan yang sudah lama ada yang merupakan cabang dari teknik, Teknik Metalurgi ini merupakan bidang ilmu keteknikan atau rekayasa yang mempelajari tentang proses pengolahan mineral bumi, proses ekstraksi dan pembuatan gabungan logam, hubungan sifat mekanik logam dengan strukturnya, serta degradasi logam, berbeda dengan jurusan material yang lebih difokuskan ke bahan keramik, sedangkan metalurgi lebih kearah logam. Setelah menyelesaikan kuliah kalian akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik(S.T.).Tujuan dari jurusan ini adalah memiliki kemampuan dalam menentukan dan merekayasa, memproses pembuatan dan mengendalikan sifat – sifat material logam.

    Jurusan ini kadang digabungkan dengan jurusan material seperti di seperti di Universitas Indonesia. Namun ada juga di pisahkan tergantung dengan kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Teknik Material sendiri mempelajari tentang sifat-sifat material, hubungan antara struktur dan sifat material, dan desain material dengan berbagai tujuan. Material tersebut bisa  berarti bahan berupa keramik, plastik, atau komposit.

    Beberapa Mata Kuliah yangg akan dipelajari di jurusan metalurgi : Pengantar metalurgi, kimia analitik, Refraktori, Material Lanjut, Mekanika Teknik, Pengelasan, Pengecoran Logam, Heat Treatment, Fenomena Perpindahan, Hidro-elektrometalurgi, Korosi, Coating dan lain sebagainya. Selain mata kuliah tadi kita juga harus memiliki minat dan  kemampuan matematika, fisika, dan kimia yang merupakan dasar ilmu dari metalurgi

    Berikut ini adalah perguruan tinggi yang terdapat jurusan metalurgi dan material yaitu:

    1. ITS Surabaya : Teknik Material dan Metalurgi (digabung menjadi satu jurusan)
    2. UNJANI Bandung : Teknik Metalurgi
    3. ITB : Teknik Material, Teknik Metalurgi (dipecah menjadi dua jurusan)
    4. UI : Teknik Metalurgi dan Material (digabung menjadi satu jurusan)
    5. UNTIRTA Banten : Teknik Metalurgi
    6. ITSB Bekasi : Teknik Material

     

    Walaupun jurusan ini kurang populer, nyatanya prospek kerja yang didapatkan cukup banyak. Dikarenakan orang-orang yang menguasai tidak cukup banyak namun banyak industri yang membutuhkannya. Berikut ini adalah prospek kerja dari jurusan metalurgi.

    Perusahaan Minyak dan Tambang

    Mayoritas lulusan jurusan ini menginginkan bekerja pada industri ini. Walaupun kalian akan terjun langsung ke lapangan sebagai field engineer, Tapi jangan khawatir kalian akan di gaji sebanding dengan pekerjaan kalian kok.

    Gaji yang diperoleh karyawan perusahaan minyak dan tambang yakni mulai dari kisaran 4,5 juta hingga kisaran 7,7 juta rupiah per bulan.

    Industri Baja

    Prospek kerja teknik metalurgi yang lain adalah di industri baja. Banyaknya permintaan pasar terhadap material baja menjadikan industri ini berkembang dengan pesat dan membutuhkan para lulusan teknik metalurgi yang ahli di bidangnya. Kamu akan memiliki tugas untuk mengolah baja hingga menjadi sesuatu hal yang bisa digunakan dalam kehidupan.

    Gaji yang bisa yang didapatkan dari bekerja di industri baja yaitu kisaran 3,7 juta hingga mencapai  6,1 juta rupiah per bulan.

    Perusahaan Otomotif

    Kamu juga bisa bekerja di perusahaan otomotif setelah lulus dari jurusan teknik metalurgi. Lulusan teknik metalurgi dibutuhkan untuk membuat komponen sparepart dengan kualitas yang baik dan mumpuni.

    Gaji yang didapatkan jika bekerja di perusahaan otomotif yaitu mulai 3,7 juta hingga mencapai 6,1 juta rupiah per bulan.

    Perusahaan Alat Olahraga

    Pekerjaan ini mungkin terkesan melenceng dari jurusan metalurgi, namun ilmu yang Kamu miliki dari proses perkuliahan di jurusan teknik metalurgi akan sangat berguna untuk industri ini. Teknologi yang dibutuhkan untuk membuat peralatan olahraga hampir sama majunya dengan teknologi di bidang elektronika.

    Gaji yang bisa didapatkan dari bekerja di perusahaan ini mulai dari 3,7 juta hingga mencapai 6,1 juta rupiah.

    Jadi dapat di simpulkan bahwa jurusan metalurgi adalah jurusan cabang teknik yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan logam, walaupun jarang diketahui dan diminati oleh orang-orang, tetapi prospek kerja yang di hadirkan oleh jurusan cukup luas. Apakah Kalian berminat untuk mempelajari jurusan Metalurgi ini?.

    (Tegar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Jurusan Metalurgi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar