Matahari Tepat di Atas Kabah 5 Hari Jelang Idul Adha

Daftar Isi

    Foto: Kabah di Masjidil Haram.

     

    Lancang Kuning – Matahari akan tepat berada di atas Kabah lima hari menjelang Hari Raya Idul Adha, atau tepatnya 15 Juli 2021. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN mengungkapkan bahwa fenomena alam tersebut dengan istiwa'ul a'zham atau great culmination.

    Ini adalah kali kedua setelah sebelum terjadi pada 27 Mei lalu. "Fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Kabah. Jadi, ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Kabah," kata peneliti Andi Pangerang, dalam situs Edukasi Sains LAPAN, Minggu, 11 Juli 2021, dilansir LKC dari viva.co.id

    Peristiwa Matahari di atas Kabah ini menjadi acuan bagi umat Muslim di Indonesia untuk meluruskan kembali arah kiblat. Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 16:26.42 WIB/17.26.42 WITA/18.26 WIT.

    Namun begitu, tidak semua wilayah Indonesia mengalami fenomena tersebut. Misalnya sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Kei.

    Kemudian, Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar) dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua. Sebelumnya, usai merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Islam akan mengalami fenomena alam yang berdampak pada arah kiblat salat pada 27 Mei kemarin.

    Fenomena Matahari tepat di atas Kabah akan terjadi pada pukul 16.17.52 WIB, 17.17.52 WITA, dan 18.17.52 WIT. Momentum ini menjadi kesempatan umat Muslim di Indonesia dan seluruh dunia untuk meluruskan arah kiblat salat. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Matahari Tepat di Atas Kabah 5 Hari Jelang Idul Adha
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar