Pakar: Jangan Tunda, Pasien Kanker Harus Divaksinasi COVID-19

Daftar Isi

    Foto: Vaksinasi. (Times of India)

     

    Lancang Kuning – Pasien kanker lebih rentan terhadap COVID-19 yang menyebabkan tingginya angka kesakitan dan kematian pada dirinya.  Badan Internasional untuk Penelitian Kanker WHO mencatat jumlah penderita baru di Indonesia pada 2020 mencapai 400 ribu dengan persentase 54 persen terjadi pada perempuan.

    Ketidaksadaran, presentasi yang terlambat, dan kurangnya pengobatan yang tepat waktu telah membuat kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti. Banyak pasien kanker juga menghindari pengobatan selama pandemi, para ahli menunjukkan.

    "Mereka yang menjalani kemoterapi telah menurunkan jumlah darah dan imunosupresi dan lebih rentan terhadap penyakit COVID-19," kata Dr Suhas Agre, Ahli Onkologi Medis, Rumah Sakit ACI Cumballa Hill, dikutip dari Indian Express.

    Ia menambahkan, “Kanker cenderung menekan sistem kekebalan tubuh, dan lebih banyak pasien kanker yang berusia lebih tua yang merupakan faktor risiko COVID-19." 

    Menurut dokter Suhas Agre, COVID-19 dapat menyerang paru-paru dan menyebabkan gagalnya pernapasan akut, penderita kanker paru-paru berisiko lebih tinggi tertular infeksi, karena fungsi paru-parunya sudah terganggu. 

    "Tidak hanya itu, beberapa kanker stadium lanjut berdampak pada fungsi organ, seperti fungsi paru-paru atau ginjal. Dengan berkurangnya fungsi organ, orang sulit melawan infeksi COVID-19,” ujarnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Mengapa perlu vaksin?

    Menyikapi ketakutan seputar suntikan, Dr Tanveer Abdul Majeed, ahli bedah onkologi di Rumah Sakit Multispesialis Zen mengatakan, “Ada banyak ketakutan di benak pasien kanker tentang vaksin corona. Tapi vaksinnya sangat aman. Karena itu, vaksinasi harus dilakukan tepat waktu tanpa rasa takut.”

    Dokter Agre menambahkan, kebanyakan ahli merekomendasikan vaksinasi karena vaksin tersebut aman untuk digunakan, bahkan jika tingkat perlindungan yang diharapkan pada pasien kanker mungkin lebih rendah daripada populasi umum.

    Para dokter juga menunjukkan bahwa dengan suntikan, perilaku yang sesuai dengan COVID-19 harus diikuti. Cuci tangan secara teratur atau gunakan hand sanitizer, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. 

    Kemudian pertahankan jarak aman dan desinfeksi permukaan yang sering disentuh. Jangan pergi ke tempat ramai dan jangan berada di sekitar orang sakit. 

    Hubungi dokter Anda melalui teleconsultation dan keluar hanya untuk kunjungan rumah sakit tetapi pastikan perawatan yang tepat. Tetap aktif di rumah dan lakukan latihan berdampak rendah seperti berjalan atau aerobik, sesuai saran dokter. 

    Makanlah makanan rumahan yang mengandung semua nutrisi penting, dan hindari makanan cepat saji, berminyak, pedas, olahan, dan kalengan. Jangan minum alkohol atau merokok, dan tidur nyenyak di malam hari agar tetap bebas stres. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pakar: Jangan Tunda, Pasien Kanker Harus Divaksinasi COVID-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar