Gubernur Riau Tawarkan Potensi Sabut Kelapa ke Pemkab Tanjung Jabung Barat

Daftar Isi

    Foto: Gubri Syamsuar saat menerima kunjungan Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat (kanan) di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (7/7/2021).

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menawarkan potensi hilirisasi inovasi kelapa, salahsatunya pemanfaatan sabut kelapa kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. 

    Gubernur Riau mengatakan, bahwa hamparan kelapa dunia ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Di kabupaten ini, tanaman kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari butir kelapanya hingga sabutnya. Apa lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil telah melakukan kerjasama dalam penyediaan sabut kelapa dengan perusahaan swasta.

    "Potensi kelapa di Inhil sangat besar, luas  perkebunannya saja mencapai 500ribu hektare lebih. Bukan hanya kelapa butirnya saja, sabut kelapanya pun sekarang sudah bisa dimanfaatkan. Ini pak Wardan (Bupati Inhil, red), menyampaikan ke saya kalau sudah kerja sama dengan perusahaan swasta dalam rangka memanfaatkan sabut kelapa," kata Gubri saat menerima kunjungan Pemkab Tanjung Jabung Barat di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (7/7/2021).

    Menurutnya, Tanjung Jabung Barat yang juga penghasil kelapa, sekaligus berbatasan langsung dengan Inhil juga dapat memanfaatkan potensi hilirisasi inovasi sabut kelapa tersebut.

    "Tanjung Jabung Barat ini kan bertetangga sama Inhil, penghasil kelapa juga. Sabutnya itu nanti bisa dimanfaatkan juga, pasarnya bisa lewat Inhil. Tentunya itu menambah nilai ekonomi dan sumber ekonomi baru bagi masyarakat kita," jelasnya.

    Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat,  Anwar Sadat mengatakan, bahwa selama ini hasil kelapa dari Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, memang dikirimkan ke Pulau Sambu, Guntung, Inhil.

    "Tadi pak Gubernur Riau menyampaikan tentang inovasi-inovasi di bidang ekonomi, khsusunya soal kelapa. Ini sungguh luar biasa. Apa lagi sejak nenek moyang kita dulu, kelapa kita memang dijual ke Pulau Sambu. Kalau di sini ada pabriknya, nanti kita bisa bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Inhil untuk memanfaatkan limbah sabut kelapa tersebut yang selama ini tidak termanfaatkan menjadi sesuatu yang berharga dalam rangka peningkatan ekonomi di daerah kami," kata Anwar Sadat. (Lk/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubernur Riau Tawarkan Potensi Sabut Kelapa ke Pemkab Tanjung Jabung Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar