dr Zaidul Akbar: Semua Penyakit Fisik Berawal dari Sini

Daftar Isi

    Foto: dr Zaidul Akbar. (Instagram)

     

    Lancang Kuning – Dalam ilmu medis seringkali dijelaskan bahwa penyebab munculnya penyakit di dalam tubuh adalah karena mengonsumsi makanan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan melakukan kebiasan buruk lainnya. 

    Namun, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengemukakan hal yang berbeda. Semua yang disebutkan di atas memang benar menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit. 

    Tapi menurut dia, ada satu hal yang menjadi penyebab paling awal dari munculnya penyakit fisik. Apa itu? 

    "Semua penyakit fisik awal muasalnya, kalau saya punya konsep ya, terserah mungkin yang beda gak papa. Semua penyakit fisik kita bermula dari bermasalahnya hati kita," ujarnya dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip VIVA, Senin 28 Juni 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Lebih lanjut, dokter yang kerap dipanggil ustaz karena sering memberikan kajian itu pun turut memaparkan bukti atau contohnya. 

    "Apa buktinya, apa contohnya? Cobalah tanya pada orang-orang yang kena kolesterol, darah tinggi, kencing manis, seringkah mereka berpuasa? Sering gak kira-kira? Jarang," kata dia. 

    Menurut dokter Zaidul, jika kita menerapkan pola hidup sehat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, mustahil akan terkena penyakit degeneratif. 

    "Itu sebabnya Nabi kita SAW, kalau kita baca kitab Syamail Muhammadiyah, Rasulullah ketika beliau meninggal ubannya cuma 3 lho," tutur dia. 

    Zaidul menjelaskan, uban Rasulullah SAW yang hanya ada 3 ketika meninggal, menandakan bahwa oksidasi dalam tubuh Nabi Muhammad SAW sangatlah minimal. Apa sebabnya? 

    "Karena beliau juga jarang makan, banyakan puasanya. Tanya Aisyah ada makanan? Gak ada. Tanya lagi, gak ada. Akhirnya apa yang beliau lakukan, puasa. 'Kalau begitu aku berpuasa hari ini'," kata dr. Zaidul Akbar menceritakan pola hidup Rasulullah SAW yang gemar berpuasa. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel dr Zaidul Akbar: Semua Penyakit Fisik Berawal dari Sini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar