Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP

Daftar Isi

    Foto: Justin Sullivan/Getty Images

     

    Lancang Kuning - Sudah tahu belum, WhatsApp punya fitur bawaan yang membuatmu bisa nge-chat tanpa simpan atau save nomor HP lawan bicaramu itu. Tak perlu pakai install ini-itu lagi!

    Klik untuk Chat, demikian WhatsApp menamai fitur tersebut. Lewat fitur WhatsApp ini, kamu bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di buku telepon ponsel.

    Syaratnya, tentu saja, kamu harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kamu tidak bisa nge-chat WhatsApp dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur Klik untuk Chat di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kamu ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

    Nah, bagaimana caranya? Seperti dikutip detikINET dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini pada dasarnya memungkinkanmu membuat tautan sehingga bisa chat dengan orang yang nomornya tidak kamu save itu. Begini prosesnya.

    Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini adalah membuat tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

    https://wa.me/(nomor)

    Yang harus kamu perhatikan adalah tersebut harus kamu isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional.

    Baca juga:7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui

    Dengan menggunakan format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya ketika sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

    https://wa.me/628561333111

    Seperti terlihat dari contoh tersebut, penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

    Jadi, jangan menggunakan bentuk seperti ini: https://wa.me/+62-856-133-3111

    Baca juga:7 Cara Atur Privasi di WhatsApp, Anti Stalker!

    Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu bisa membuat tautan sendiri langsung beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja contoh berikut ini.

    Format baku yang mesti dipakai adalah: https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

    Contoh: https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda

    Selain itu Klik untuk Chat ini juga membuat kamu bisa menulis pesan dalam tautan, yang kemudian bisa kamu kirim ke orang dalam kontakmu.

    Contoh: https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan

    Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk kemudian kamu kirimkan pesan tersebut.

    "Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda," sebut WhatsApp.com di bagian faq-nya. Semoga bermanfaat. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan detik.com dengan judul berita Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar