Cara Merawat Komputer dengan Benar agar Awet

Daftar Isi

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    LancangKuning  -  Merupakan kewajiban setiap pengguna untuk menjaga komputer mereka dengan baik agar komputer tidak crash dan freeze. Apalagi dengan berbagai perangkat komputasi baru di tahun 2020 seperti laptop, iPad, tablet dan berbagai perangkat canggih yang banyak diminati masyarakat dunia.

    Hanya saja komputer perlu di rawat dalam komponennya  agar komputer dapat bekerja dan terus digunakan oleh kita.

    Cara Merawat Komputer

    1. Tutup program yang tidak perlu

    Cara pertama untuk merawat komputer Anda adalah dengan menutup program yang tidak perlu. Setiap program yang dimuat membutuhkan memori RAM. Semakin banyak program yang Anda jalankan, semakin banyak memori yang dipakai.

    Hal ini tidak hanya membuat komputer Anda berjalan lambat, tetapi juga menambah beban kerja pada komputer Anda. Pada akhirnya dapat memperpendek umur komponen pada komputer Anda.

    2. Pasang ventilasi CPU yang memadai

    Maksud dari tip komputer ini adalah anda menempatkan monitor dan CPU di ventilasi dari dinding ke monitor / CPU yang cukup lebar dan aliran udara cukup merata.

    Ventilasi yang buruk menyebabkan pemanasan yang berlebihan, yang menyebabkan komponen cepat dirakit, sehingga panas dapat memperpendek umur komponen. Jadi pastikan ada jarak minimal 30 cm antara CPU dan monitor.

    3. Instal program antivirus dan perbarui secara teratur

    Untuk mendeteksi virus baru di komputer Anda, Anda perlu memperbarui program antivirus Anda secara teratur. Virus yang telah menyebar ke komputer Anda dapat menyebabkan Anda menginstal ulang komputer Anda.

    Ini juga dapat merusak hard drive Anda dengan lebih mudah daripada jika Anda jarang menginstalnya kembali.

    4. Hapus program yang tidak digunakan

    Menghapus program yang tidak Anda gunakan adalah salah satu cara untuk merawat komputer Anda dengan baik.

    Ruang disk yang penuh memperlambat proses membaca atau menulis, sehingga beban kerja di komputer Anda lebih tinggi dan hard drive lebih rentan terhadap kerusakan.

    5. Gunakan UPS / stabilizer

    Gunakan UPS untuk mengantisipasi pemadaman listrik mendadak yang dapat merusak komponen komputer Anda, terutama hard drive.

    Jika Anda tidak memiliki UPS, gunakan stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan fluktuasi tegangan pada catu daya.

    6. Defragmentasi hard drive secara teratur

    Fitur defragmentasi digunakan untuk mengatur file berdasarkan jenis data pada hard drive. Ini dapat membuat membaca / menulis lebih mudah di komputer Anda, yang juga mengurangi beban kerja di komputer Anda. Pada akhirnya, ini dapat memperpanjang umur hard drive Anda.

    Caranya adalah dengan mengklik menu Start> Programs> Accessories> System Tools> Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini, tidak ada program lain yang boleh dijalankan, termasuk screen saver yang aktif di komputer Anda, karena ini akan mengganggu pengoperasian utilitas defragmentasi.

    7. Bersihkan file sampah dan sampah secara teratur

    Padahal, file / folder yang Anda hapus tidak akan hilang dari harddisk karena akan disimpan di Recycle Bin untuk sementara waktu Anda masih perlu memulihkannya. Tempat sampah besar menghabiskan ruang hard drive, yang dapat menyebabkan pembacaan hard drive lambat.

    Anda dapat menghapus file di Recycle Bin dari menu Windows Explorer> klik Recycle Bin> klik File> klik Empty Recycle Bin.

    Anda juga dapat menjalankan fungsi pembersihan disk. Untuk memulai> Program> Aksesoris> Alat Sistem> Pembersihan Disk> Kemudian pilih drive yang ingin Anda bersihkan. Kemudian aktifkan opsi Recycle Bin jika perlu dan klik OK.

    8. Pasang kabel  arde

    Terkadang kita suka terkejut ketika kita memegang case CPU karena listrik statis. Pasang kabel arde untuk mengantisipasi adanya listrik statis pada casing CPU.

    Caranya adalah dengan mengambil panjang kabel sesuai kebutuhan, dengan salah satu ujungnya disambungkan ke casing CPU (case) sedangkan ujung lainnya ditanam di lantai / dinding.

    Tindakan ini menetralkan "nyasar" arus listrik di komputer Anda yang hilang dan tidak tertusuk lagi, dan juga bisa membuat komponen elektronik komputer Anda lebih awet dan tahan lama.

    9. Jangan menempatkan speaker aktif terlalu dekat dengan monitor

    Tips dan Trik Merawat Komputer Dengan Benar Ini kedengarannya hal yang lumrah karena umumnya speaker berada di dekat monitor di sisi kiri dan kanan monitor agar terlihat lebih bersih.

    Namun, tanpa Anda sadari, medan magnet pada speaker monitor mempengaruhi warna monitor yang tidak rata atau bernoda. Kami mungkin menganjurkan agar Anda mengaktifkan loudspeaker 30 cm di kiri dan kanan agar medan magnet pada loudspeaker tidak mempengaruhi warna monitor Anda.

    10. Bersihkan CPU secara teratur

    Seiring waktu, biasanya ada debu di CPU. Selain itu, dengan penggunaan yang lama, lapisan debu yang terkumpul bisa menjadi cukup tebal. Hal ini dapat membuat komponen komputer Anda lebih panas, yang pada akhirnya lebih rentan rusak. Bersihkan bagian dalam PC Anda sesering mungkin. Gunakan penyedot debu atau sikat untuk membersihkannya dengan benar.

    Ini adalah tip mudah untuk merawat dan memelihara komputer Anda agar tahan lebih lama dalam pengoperasiannya. Saya harap ini membantu.

    (Dani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Merawat Komputer dengan Benar agar Awet
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar