Ekonomi Syariah di Era Digitalisasi

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Dari perspektif perkembangan ekonomi Islam di Indonesia, ini merupakan topik yang menarik. Mengingat Indonesia juga merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, pertumbuhan ekonomi syariah berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir, dan gaya hidup halal menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi syariah. jalan. Dan sesuai dengan keselarasan ajaran atau etika Islam dengan gaya hidup, ajaran Islam dan industri makanan semakin banyak diminati oleh fashion. Ajaran atau etika Islam dapat diadopsi oleh masyarakat dari segala usia, termasuk kaum milenial, yang kini memainkan peran tersebut. gaya hidup. Berdasarkan catatan Bank Indonesia BI, pangsa pasar industri halal value chain yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuktikan hal tersebut. Industri HVC telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi domestik yang akan tercatat pada tahun 2020

    Respon pasar terhadap dan meningkatnya permintaan produk halal lifestyle juga turut mendorong pelaku bisnis e-commerce khususnya di sektor transportasi, seiring dengan berlanjutnya proses penerimaan halal lifestyle maka pasar tersebut masih berada pada pasar yang luas. Syariah, pangsa pasar perbankan syariah semakin meningkat setiap tahun. Berdasarkan data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan pada Januari 2021, data menunjukkan aset keuangan syariah meningkat Semakin banyak orang menuntut konsep pembiayaan non-hipotek, terlepas dari keyakinan agamanya, untuk memberi pengguna / pelanggan rasa nyaman dan keuntungan mereka sendiri. Melalui strategi yang disebut "Islam", memberikan solusi keuangan berdasarkan Syariah

    Strategi ini dilakukan dengan menerapkan model bisnis leveraged. Dalam model bisnis ini, Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia UUS menggunakan seluruh jaringan kantor Maybank Indonesia untuk menyediakan produk-produk Syariah kepada nasabahnya, agar nasabah lebih mengenal dan memahami Syariah. produk keuangan. Strategi dan model ini juga memberikan kontribusi  terhadap total aset konsolidasi bank. Potensi pertumbuhan industri keuangan syariah masih menjanjikan dan berpotensi untuk terus berkembang, apalagi jika seluruh pelaku bisnis di daerah tersebut dapat berkolaborasi dan berkolaborasi secara efektif. Teknologi digital juga memegang peranan penting, terutama sejak pandemi dimulai pada awal tahun lalu, dan pola konsumsi kini telah terbentuk. Masyarakat online juga mendorong sektor keuangan untuk bersaing memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Sektor keuangan syariah masih dapat mengembangkan sayapnya melalui berbagai bidang bisnis seperti pariwisata, media, supply chain, kedokteran, atau bisnis lainnya. Bisnis-bisnis tersebut memberikan peluang kepada sektor-sektor tersebut untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya dengan mengedepankan nilai unik keberlanjutan. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut perlu dirumuskan strategi bisnis yang tepat dan terjalinnya hubungan kerjasama yang erat antara berbagai pemangku kepentingan seperti regulator, pakar dan pelaku industri syariah untuk secara bersama-sama menghadapi tantangan dan tantangan. Mengembangkan potensi pasar dan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap perekonomian Sesuai dengan misi humane financial services, Maybank Indonesia mengundang nasabah, pemerhati ekonomi syariah dan masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam forum diskusi dengan para pemangku kepentingan utama untuk berbagi pengalaman dan mengembangkan potensi ekonomi lebih lanjut.

    Keuangan dan kegiatan syariah negara yang dapat mendukung perekonomian nasional melalui forum diskusi tentang produktivitas UMKM Indonesia masih tertinggal jauh dari negara tetangga. Meski memiliki jumlah UMKM yang relatif kecil, namun lebih produktif dibandingkan Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia perlu mengejar ketertinggalan tersebut. Selain produktivitas, pembiayaan juga menjadi masalah utama bagi usaha kecil dan mikro. Banyak bank tradisional yang menolak permohonan pembiayaan untuk usaha kecil dan mikro karena dianggap terlalu berisiko. dan kurang Riwayat kredit Di sisi lain, potensi Bank Syariah di Indonesia terus berkembang. Sebagai sektor keuangan yang potensial, Bank Syariah diyakini dapat membantu perkembangan sektor UMKM. Data Bank Indonesia menunjukkan bahwa alokasi pembiayaan syariah pada usaha mikro, kecil dan menengah telah mencapai nilai tersebut, yang akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan keuangan syariah.

    (Danil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ekonomi Syariah di Era Digitalisasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar