Faktor Penghambat Bisnis Dalam Pemasaran Global

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Menjalankan bisnis salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap wirausahawan adalah global marketing atau pemasaran global. Dia akan selalu berada di departemen impor dan ekspor produk. Pada dasarnya pemasaran global merupakan kegiatan yang dilakukan dan diikuti oleh seluruh negara di dunia. Sehingga setiap pengusaha dari seluruh negara di dunia memiliki kesempatan yang sama dalam hal memasarkan produknya dengan cara yang unik dan kreatif. Hal tersebut dilakukan agar dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang telah dihasilkan oleh pengusaha.         

     

    Pengertian Pemasaran Global

    Pengertian pemasaran global secara umum adalah proses yang mengutamakan sumber daya manusia, aset fisik, uang, dan tujuan perusahaan guna memperoleh potensi dan mengambil tindakan terhadap ancaman pasar global.

     

    Kegiatan pemasaran juga sering disebut sebagai pemasaran bergengsi yang dilakukan di seluruh dunia. Peluang potensial dalam pemasaran global akan selalu terbuka bagi setiap wirausahawan, yang terpenting para wirausaha tersebut harus mampu mengekspresikan inovasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan pasar. Karena wirausahawan yang kuat adalah wirausahawan yang tidak akan mudah menyerah ketika ada tantangan bisnis yang berat.

     

    Masing-masing tantangan dan kesulitan tersebut harus dijadikan cambuk bagi jiwa wirausaha. Sehingga bisnis yang dia jalankan bisa maju dan berkembang lebih jauh. Setiap usaha harus disertai dengan visi misi yang jelas dan baik telah banyak diterapkan oleh setiap pengusaha maju di Indonesia.

     

     

    Pendorong dan Hambatan Pemasaran Global

    Pemasaran global terbentuk karena pengaruh dinamis dari berbagai kekuatan, tidak hanya yang menggerakkannya tetapi juga menghalanginya. Beberapa pendorong pemasaran global adalah teknologi, kebutuhan dan keinginan pasar, biaya kualitas, perkembangan ekonomi dunia, perdamaian global, dan peluang untuk dapat meningkatkan tenaga kerja internasionalnya.

     

    Manfaat Pemasaran Global

    Setiap pengusaha mungkin masih belum tahu dan mengetahui tentang manfaat pemasaran global. Untuk itu, dibawah ini akan menjelaskan beberapa manfaat yang luar biasa dari pemasaran global:

     

    • Meningkatkan Kompetensi Pengusaha

    Pemasaran global bertujuan untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian setiap pengusaha agar dapat mencari dan mendapatkan ide dan pengetahuan baru dalam hal menjual produknya kepada masyarakat. Kompetensi ini nantinya akan memperjelas siapa yang berkompeten dan pengusaha yang kurang kompeten.

     

    • Bertahan

    Manfaat kedua dari pemasaran global adalah untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan dasar setiap masyarakat. Karena setiap wirausahawan akan selalu dituntut untuk bisa mendapatkan ide-ide baru dan menumbuhkan inovasi dalam melakukan pemasaran.

     

    Pemikiran-pemikiran baru ini sangat penting ketika tidak ada lagi kelangsungan hidup yang memadai di masyarakat. Sangat penting untuk kita sadari bahwa saat ini banyak orang sangat membutuhkan pemasaran global untuk dapat bertahan hidup dan membuat kehidupan yang lebih baik.

     

    Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kurangnya manajemen, perbedaan pasar, penguasaan nasional dan budaya organisasi perusahaan.

     

    • Kualitas Produk Lebih Baik

    Setiap wirausahawan dituntut untuk dapat selalu menghasilkan ide-ide baru yang muncul  dengan kualitas dalam pemasaran global agar produknya dapat menjadi produk yang paling unggul. Produk berkualitas ini akan diserbu oleh banyak pelanggan atau pembeli.

     

    Setiap orang berfikir dan memahami bahwa setiap pelanggan akan selalu membutuhkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau. Bahwa, setiap pengusaha akan berusaha dan dipaksa untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut. Sehingga akan mampu melahirkan berbagai produk unggulan yang disertai dengan kualitas yang lebih baik.

    Faktor Penghambat Bisnis Dalam Pemasaran Global

    • Tidak memiliki visi dan misi yang jelas

     

    Sebuah bisnis harus memiliki misi dan visi yang jelas, dengan misi dan visi yang telah ditentukan sejak awal, Anda sebagai pelaku bisnis akan lebih mampu menentukan arah yang akan Anda tuju. Visi dan misi inilah yang akan memandu arah perjalanan dan perkembangan bisnis yang Anda kembangkan.

     

    • Tidak memiliki strategi

     

    Suatu pencapaian dalam tujuan bisnis, dibutuhkan strategi yang tepat. Strategi ini harus ditulis dan direncanakan dengan baik. Terkadang pemilik bisnis mengabaikan strategi dan menjalankan bisnis dengan cara yang tidak terstruktur dan ini adalah kesalahan.

     

    • Tidak Melek Teknologi

     

    Perkembangan teknologi terjadi setiap detik, begitu cepat. Masa bisnis mulai dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat canggih

    (Rafqi)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Penghambat Bisnis Dalam Pemasaran Global
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar