Tujuan Pasar Global

Daftar Isi

    LancangKuning - Pasar Global atau Pemasaran global merupakan tempat terbuka bagi semua pelaku usaha, termasuk di pasar ekspor. Pasar Global bisa dibilang merupakan tempat pemasaran yang mendunia, disini peluang pemasaran akan selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, selama pelaku usaha harus terus melakukan inovasi-inovasi baru dan kreatif dalam mengembangkan pasar.

    Pasar Global adalah tempat yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar. Warga negara Indonesia yang ingin memperluas sahamnya di perusahaan asing juga masuk ke pasar Global karena manfaat pasar modal dalam negeri yang lebih menjanjikan. Di Indonesia ada perusahaan yang berhasil di pasar global seperti Bio Farma dan Sido Muncul, dan tentunya ada beberapa WNI yang sudah sukses berinvestasi di Pasar Global.

    Memahami Pemasaran Global Berdasarkan Para Ahli

    1.Philip Kotler & Kevin Lane Keller

    Pemasaran global adalah upaya untuk memprioritaskan semua sumber daya yaitu sumber daya manusia, aset fisik atau modal keuangan, dan berbagai tujuan perusahaan lainnya dalam rangka menindaklanjuti ancaman pasar global dan mencapai potensi yang sama di pasar global.

    2. Basu Basu swasta

    Pengertian pemasaran global adalah pemasaran yang bersifat mendunia, dimana peluang pasar akan selalu terbuka bagi semua pelaku usaha.

    Tujuan utama pemasaran global adalah untuk:

    1. Meningkatkan potensi keuntungan perusahaan

    2. Meningkatkan pertumbuhan / ekspansi

    3. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman calon pesaing dari seluruh dunia.

    Manfaat Pemasaran Global

    Beberapa pengusaha mungkin masih belum mengetahui tentang manfaat pemasaran global. Untuk itu, dibawah ini beberapa manfaat yang luar biasa:

    1.Meningkatkan Kompetensi Pengusaha

    Pemasaran global memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian setiap pengusaha agar dapat mencari dan mendapatkan ide dan pengetahuan baru dalam hal menjual produknya kepada masyarakat. Kompetensi ini nantinya akan terlihat jelas tentang siapa yang kompeten dan pengusaha yang kurang kompeten.

    2.Bertahan

    Manfaat lain dari pemasaran global adalah untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan dasar setiap masyarakat. Mengapa? Karena setiap wirausahawan akan selalu dituntut untuk bisa mendapatkan ide-ide baru dan berinovasi dalam pemasaran.

    Ide-ide baru ini sangat penting ketika tidak ada lagi kelangsungan hidup yang memadai di masyarakat. Sangat penting untuk digarisbawahi bahwa saat ini banyak orang sangat membutuhkan pemasaran global agar dapat bertahan dan membuat kehidupan yang lebih baik.

    3.Kualitas Produk Lebih Baik

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap wirausahawan dituntut untuk dapat selalu menghasilkan ide-ide segar yang berkualitas dalam pemasaran global agar produknya dapat menjadi produk yang paling unggul. Produk berkualitas ini akan diserbu oleh banyak pelanggan atau pembeli.

    Kami tentu memahami bahwa setiap pelanggan akan selalu membutuhkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, setiap pengusaha akan ditanya bahkan dipaksa untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga nantinya mampu melahirkan berbagai produk unggulan.

    4.Pertumbuhan ekonomi

    Perlu Anda garis bawahi bahwa perkembangan masyarakat akan sangat bergantung pada aktivitas jual beli yang ada di sekitarnya. Untuk itu pemasaran global akan sangat berpengaruh dengan perkembangan perekonomian masyarakat. Otomatis pertumbuhan ekonomi mereka akan berjalan lancar dengan banyak masukan dari daerah.

    Namun perkembangan ekonomi tersebut akan menggambarkan grafik yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Ke depan, perkembangan ekonomi ini akan sangat bermanfaat bagi para pengusaha untuk dapat mengembangkan usahanya.

    5.Tingkatkan Selera Rakyat

    Membuat produk sesuai selera masyarakat merupakan cara yang harus ditempuh agar produk pengusaha dapat laku dan diminati banyak orang. Namun selera masyarakat tersebut akan terus berubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bahkan tidak jarang selera masyarakat tersebut akan turun atau bertambah sesuai dengan perkembangan ekonomi yang terjadi di suatu negara.

    Untuk itu, setiap pengusaha harus bisa berusaha lebih keras untuk mendapatkan ide-ide segar agar mampu meningkatkan selera masyarakat terhadap barang yang mereka hasilkan. Jika produk ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar.

    Namun, Anda juga harus tahu bahwa pasar global memiliki risiko tersendiri

    1. Biayanya sangat mahal karena nilai tukar uang dari berbagai negara berbeda.

    2. Fluktuasi Nilai Tukar dapat mempengaruhi portofolio Anda.

    3. Risiko Informasi terbatas tentang pasar di negara lain.

    4. Perbedaan Pandangan Politik yang dapat memicu regulasi pasar dan sebagainya.

    Perlu Anda ketahui juga bahwa emiten lokal berpotensi memasuki pasar global karena kebutuhan yang sangat besar di dunia. Contoh perusahaan lokal yang sudah merambah pasar global antara lain perusahaan farmasi Bio Farma. (Muhammad Rahmadani)

    Jika Anda ingin mencari Perusahaan Emiten Lokal yang ingin menembus pasar global, pertama-tama Anda harus mencari tahu Cara Memilih Saham Berkualitas terlebih dahulu.

    NB:MUHAMMAD RAHMADANI

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Pasar Global
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar