Faktor Pendorong dan Penghambat Pemasaran Global

Daftar Isi

    LancangKuning -  1.Pengertian Pemasaran Global

    Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada pelanggan. Pemasaran meliputi pengiklanan, penawaran, penjualan, dan pengiriman produk kepada pelanggan atau perusahaan lain.

    Pemasaran global adalah kegiatan pemasaran berskala internasional yang mencakup seluruh dunia. Peluang pasar internasional terbuka bagi siapa saja, dan pelaku usaha harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan pasar nya sendiri.

    2.Konsep Pemasaran Global

    A. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan

    Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedangkan keinginan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia dikarenakan manusia merasa kurang terhadap sesuatu, dan keinginan terbentuk dari kekuatan sosial. Permintaan adalah keinginan manusia yang disertai dengan kemampuan membeli. Kebutuhan sudah ada sebelum pemasar ada, dan pemasarlah yang menciptakan dan mempengaruhi keinginan dan permintaan dari pelanggan.

    B. Produk

    Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan oleh produsen dan pemasar. Nilai dari produk tersebut terletak pada manfaat yang diberikan dan wujud fisiknya, karena itu produsen harus membuat produk dengan fisik yang menarik dan diwaktu yang sama produk tersebut dapat memberi manfaat bagi pelanggan.

    C. Nilai, Biaya, dan Kepuasan

    Nilai adalah perkiraan pelanggan terhadap kemampuan total suatu produk yang digunakan oleh pelanggan tersebut. Biaya adalah harga yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk tersebut. Sedangkan kepuasan adalah perasaan senang dan lega pelanggan setelah menggunakan suatu produk. Pelanggan cenderung memilih produk yang memiliki biaya rendah dan nilai kepuasan yang tinggi.

    D. Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan

    Pertukaran adalah salah satu cara untuk memperoleh suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya. Transaksi adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu yang dapat mengubah kondisi keuangan individu tersebut, contohnya membayar. Suatu kegiatan dapat disebut pertukaran jika kedua pihak berunding dan mengarah pada persetujuan, dan transaksi terjadi ketika persetujuan tersebut tercapai. Untuk kelancaran transaksi, dibutuhkan hubungan yang baik dan kepercayaan terhadap mitra, distributor, penyalur, dan pemasok sehingga transaksi tidak harus dilakukan setiap saat.

    E. Pasar, Pemasar, dan Pemasaran

    Pasar adalah tempat yang terdiri atas penjual dan pelanggan potensial yang memiliki keinginan dan kebutuhan tertentu, serta mau dan mampu melakukan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pemasar adalah orang yang terlibat dalam kegiatan penawaran suatu produk. Pemasaran bekerja dengan pasar dan bertujuan untuk mewujudkan transaksi antara penjual dan pembeli.

    3.Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pemasaran Global

    Terdapat berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pemasaran global. Berikut ini merupakan faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran global, yaitu:

    A. Faktor Pendukung

    • Perbaikan komunikasi dan transportasi

    Hadirnya perbaikan komunikasi menyebabkan kemudahan mengatur pemasaran diluar negara, dan perbaikan transportasi membuat produk bisa dikirim lebih banyak, lebih cepat, dan hemat biaya.

    • Kualitas Produk

    Perbaikan kualitas produk membuat pelanggan menjadi lebih tertarik kepada produk tersebut, dan kualitas produk merupakan salah satu persaingan ketat dalam bisnis. Oleh karena itu, setiap produsen akan dituntut untuk dapat membuat produk yang memiliki kualitas tinggi.

    • Teknologi

    Perkembangan teknologi membuat semua hal menjadi lebih mudah. Teknologi dapat digunakan oleh negara manapun, dan oleh siapapun. Teknologi membuat proses produksi lebih efisien, dan membuat pemasaran lebih mudah dilakukan. Contoh perkembangan teknologi adalah penggunaan robot dalam pabrik dan jaringan internet.

    B. Faktor Penghambat

    • Keamanan Negara

    Kurangnya keamanan dalam suatu negara dapat mengakibatkan seseorang tidak nyaman dan merasa ketakutan ketika melakukan transaksi. Hal ini dapat mempengaruhi keselamatan pelaku pemasaran dan produk yang dipasarkan.

    • Kebijakan Ekonomi Oleh Pemerintah

    Kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara dapat mempengaruhi kegiatan pemasaran dan penjualan, pengaruh tersebut bisa berupa pendukung dan juga penghambat dalam pemasaran. Contoh kebijakan ekonomi yang merugikan penjual dan pemasar adalah pembatasan impor suatu produk, penetapan tarif impor ekspor yang tinggi, dan birokrasi yang sulit. (Syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Pendorong dan Penghambat Pemasaran Global
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar