Manfaat Bisnis Internasional

Daftar Isi

    LancangKuning -  Perdagangan internasional merupakan suatu kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua pihak dari negara yang berbeda. Sistem ini melibatkan antar negara, pihak individu dan perusahaan yang berdagang dengan pihak dari negara lain.

    Setiap negara, instansi, perusahaan atau individu yang terlibat dalam perdagangan internasional harus benar-benar memahami dan memahami pengelolaan pemasaran internasional dan pasar sasarannya.

    Terjadi atas dasar kebutuhan kedua pihak yang melakukan perdagangan yang saling menguntungkan. Negara yang menyediakan barang akan mendapatkan keuntungan dari barang yang dijual, sedangkan negara yang membeli kebutuhannya akan tercukupi.

    Manfaat Perdagangan Internasional

    Aktivitas perdagangan internasional ribuan tahun sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi, perdagangan antar negara semakin lancar. Oleh karena itu, perdagangan internasional saat ini menjadi aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara.

    Banyak negara memanfaatkan perdagangan internasional untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). Istilah terakhir adalah pajak atas nilai total suatu negara dan barang yang diproduksi. Peningkatan nilai PDB merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara, beserta manfaat yang dapat diperoleh setiap negara yang melakukan perdagangan internasional.

    1. Pembentukan hubungan persahabatan antar negara

    Perdagangan antar negara juga bermanfaat untuk membentuk hubungan persahabatan dengan negara lain. Jika hubungan antar negara berjalan baik, kemungkinan kerjasama akan meluas ke banyak sektor dan tidak terbatas pada perdagangan. Kerja sama ini juga dapat merambah bidang lain seperti kebudayaan, politik, pendidikan, militer dan teknologi.

    2. Membuat spesialis dan spesialis

    Perdagangan internasional yang sedang berlangsung akan menjadikan suatu negara memiliki spesialis di salah satu bidang ekonominya. Dalam artian, negara dan penduduknya akan memiliki keahlian khusus yang berbeda dengan negara lain dalam menghasilkan produk dan jasa.

    3. Meningkatkan kemakmuran negara

    Indikator kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dari aktivitas para pelaku ekonomi, termasuk konsumen, dan pemerintah. Adanya kegiatan perdagangan internasional akan membawa kesejahteraan bagi masing-masing pelaku ekonomi tersebut. Produsen akan makmur jika dapat meningkatkan keuntungannya dengan meningkatkan jumlah penjualan barang atau jasa ke berbagai negara dengan tarif rendah atau non tarif.

    Sedangkan konsumen akan mengalami kemakmuran jika telah mampu meningkatkan utilitas dengan cara meningkatkan konsumsi tanpa terhalang oleh kesulitan mendapatkan barang atau jasa yang tidak diproduksi di negaranya. Pemerintah juga diuntungkan dengan melakukan perdagangan internasional karena devisa negara akan meningkat ke nilai ekspor yang lebih tinggi.

    4. Pengangguran

    Jika pasar perdagangan luar negeri maka aktivitas memproduksi barang atau suatu negara juga akan meningkat. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja juga meningkat di berbagai sektor. Jika itu terjadi, pengangguran juga akan berkurang.

    5. Alih ilmu pengetahuan dan teknologi (Science and Technology)

    Perdagangan internasional berperan sebagai sarana mobilisasi iptek terutama dari negara maju ke negara berkembang. Perdagangan internasional akan memungkinkan suatu negara mengekspor barang berdasarkan kecanggihan teknologi seperti mesin dan peralatan modern ke negara-negara yang lebih membutuhkan. Dengan demikian, mobilisasi teknologi di negara pengimpor akan lebih cepat.

    6. Menstabilkan harga

    Perdagangan internasional secara tidak langsung mengontrol suatu harga barang yang terdapat di pasar-pasar domestik suatu negara. Dengan perdagangan internasional, kekurangan barang yang mengakibatkan harga tinggi dapat diatasi melalui impor untuk menambah stok di pasar domestik. Hubungan antar negara memiliki stok berlebih yang menyebabkan harga barang menjadi murah sehingga dapat dilakukan kegiatan ekspor untuk mengurangi barang.

    Tujuan Perdagangan Internasional

    Memenuhi kebutuhan suatu negara, perdagangan internasional mempunyai tujuan tertentu, seperti:

    A. Memperluas pasar (area perdagangan) dan meningkatkan produksi

    b. Meningkatkan suatu devisa melalui kegiatan ekspor produk atau barang ke negara lain.

    c. Meningkatkan pertumbuhan suatu sektor ekonomi, menstabilkan harga barang-barang dan menyerap banyak tenaga kerja.

    d. Transfer teknologi membantu untuk meningkatkan efisiensi dalam proses produksi.

    e. Mendorong terbentuknya sumber daya manusia yang lebih berkompeten, terampil dan unggul mengikuti perkembangan teknologi. (Faridah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Bisnis Internasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar