TNI Punya 7 Helikopter Tempur Myanmar yang Jatuh Dirudal Pemberontak

Daftar Isi

    Foto: Helikopter militer Myanmar diserang milisi KIA. (Arakan News)

     

    Lancang Kuning – Perlawanan terhadap pemerintahan junta militer Republik Persatuan Myanmar di bawah pimpinan Jenderal Min Aung Hlaing, terus berlanjut di sejumlah wilayah. Tak terkecuali dari kelompok pemberontak yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Kachin (KIA).

    Menurut laporan yang dinukil VIVA Militer dari media independen Myanmar, The Irrawaddy, sebuah helikopter Angkatan Bersenjata Myanmar (Tatmadaw) berhasil ditembak jatuh oleh pasukan Tentara Pembebasan Kachin, Senin 3 Mei 2021 waktu setempat.

    Serangan rudal sistem pertahanan udara KIA yang dilancarkan, menghantam rotor bagian ekor, dan membuat jatuh helikopter tempur militer Myanmar itu. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kolonel Naw Bu, perwira bagian informasi Tentara Pembebasan Kachin.

    Diungkap Naw juga, akibat serangan fatal yang membuat jatuh helikopter Angkatan Udara Myanmar itu, dua pesawat tempur Myanmar yang mengawal pun ikut kabur melarikan diri.


    "(Serangan) itu terjadi sekitar puku 10.20 pagi hari ini (Senin 3 Mei 2021). Serangan terhadap kapal perang itu membuat takut dua jet tempur yang mengiringi helikopter," ucap Naw.

    Sementara itu, seorang saksi mata juga menceritakan hal serupa. Setelah tertembak di bagian ekor pesawat, helikopter itu kemudian jatuh di dekat desa Konglaw.

    Usut punya usut, helikopter militer Myanmar yang ditembak jatuh itu adalah helikopter Mil Mi-24. Perlu diketahui, helikopter Mil Mi-24 merupakan produksi asli Rusia yang mulai dibuat sejak 1969 dan diperkenalkan pertama kali pada 1964. 

    Memiliki peran sebagai helikopter serbu, operator helikopter ini bukan cuma Myanmar. Lebih dari 40 negara di dunia juga mengimpor alias membeli helikopter Serbu Mil Mi-24 untuk memperkuat armada tempurnya.

    Tak terkecuali dengan Indonesia. Menurut laporan Flight Global, Indonesia membeli helikopter tempur Mil Mi-24 sejak Oktober 2010 lalu Namun milik TNI Angkatan Udara adalah jenis Mil Mi-35, produk pengembangan dari Mi-24. Saat ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) tercatat punya tujuh unit helikopter Mil-Mi-24. Di sisi lain, Myammar punya satu unit lebih banyak dari Indonesia. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita TNI Punya 7 Helikopter Tempur Myanmar yang Jatuh Dirudal Pemberontak

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel TNI Punya 7 Helikopter Tempur Myanmar yang Jatuh Dirudal Pemberontak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar