Jurusan teknik lingkungan terbaik di indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning - Dahulu, program studi Teknik Lingkungan bernama Teknik Penyehatan. Ilmu yang dipelajari di program studi ini berkaitan erat dengan kesehatan. Para mahasiswa Teknik Lingkungan akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

    Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Selain itu, kamu juga belajar bagaimana cara mencegah munculnya permasalahan lingkungan di masa depan. Quipperian yang berkuliah di jurusan ini juga akan diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan, mempermudah kerja manusia dan meminimalisir human error.

    Kelestarian lingkungan adalah sesuatu yang mutlak dan tak bisa ditawar lagi. Saat ini hampir semua orang, lembaga, atau perusahaan, kembali dengan slogan go green masing-masing. Mereka sadar betapa pentingnya kelestarian lingkungan. Kamu bisa mengambil peluang dari situasi ini dengan memilih jurusan Teknik Lingkungan.

    Dengan semakin populernya praktek go green, peluang kerja para lulusan Teknik Lingkungan pun semakin baik. Pabrik-pabrik pencemar lingkungan pasti mendapatkan reputasi buruk. Seorang lulusan Teknik Lingkungan biasanya akan bekerja di industri-industri yang bergerak di bidangpetrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya.

    Beberapa contoh perusahaan yang kerap membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan antara lain PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang. Lulusan Teknik Lingkungan memiliki banyak sekali peluang karier yang menjanjikan. Hampir seluruh sektor membutuhkan tenaga ahli lingkungan, mulai dari pertambangan, perkebunan, sampai industri makanan dan minuman.

    Perusahaan-perusahaan biasanya membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan untuk mengelola limbah, mengolah air, juga memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan teknik lingkungan berada pada kisaran Rp4.000.000, dengan mempertimbangkan kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan pekerjaan, dan pengalaman yang dimiliki. Kamu juga bisa mengembangkan potensi mu di kampus yang terbaik sebagai berikut:

    1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Rupanya, Institut Teknologi Bandung tidak hanya dikenal dengan jurusan teknik komputernya saja, melainkan juga dari jurusan Teknik Lingkungan mereka. Itulah mengapa banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia yang masuk kesana.

    2. Universitas Indonesia (UI)

    Jakarta juga tidak mau ketinggalan. Kampus yang memiliki jas almamater berwarna kuning cerah ini rupanya juga memiliki jurusan teknik lingkungan terbaik di Indonesia lho.

    3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

    Urusan kampus terbaik di Indonesia, tentunya UNDIP tidak mau ketinggalan. Kampus yang terakreditasi A dan menampung banyak mahasiswa baik itu dari dalam atau luar negeri ini rupanya juga tercatat memiliki jurusan Teknik Lingkungan.

    4. Universitas Airlangga (UNAIR)

    Berada di Surabaya, UNAIR juga memiliki jurusan satu ini dan menjadikan kampusnya sebagai rujukan para mahasiswa pecinta kelestarian lingkungan dari seluruh Indonesia.

    5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

    Makassar memang tidak bisa dipandang remeh soal pendidikan. Selain memiliki Universitas Hasanuddin yang memang menjadi salah satu kampus terbaik di tanah air, kota ini juga mengakomodasi kebutuhan calon mahasiswa akan jurusan Teknik Lingkungan di UNHAS sendiri.

    6. Universitas Brawijaya (UB)

    Seperti yang kita tahu, UB berada di Malang. Kota yang masih banyak terdapat banyak gunung dan masih memiliki hawa sejuk ini memang sangat cocok untuk program-program pendidikan yang berkaitan dengan alam sehingga tidak mengherankan jika UB pun memiliki jurusan Teknik Lingkungan terbaik.

    7. Universitas Andalas (UNAND)

    Kerap dilanda kebakaran hutan rupanya menjadi medan peperangan tersendiri bagi para mahasiswa Teknik Lingkungan di sana. Jadi selain belajar dari kelas, Kamu juga bisa belajar secara langsung cara melestarikan alam.

    8. Universitas Islam Indonesia (UII)

    UII pun tidak mau ketinggalan. Kampus yang berlandaskan Agama Islam ini rupanya juga memiliki jurusan Teknik Lingkungan terbaik di tanah air. (Fazlan)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan teknik lingkungan terbaik di indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar