Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Manajemen Strategi

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Perumusan strategi adalah proses menyusun langkah-langkah untuk masa depan perusahaan yang bertujuan untuk membangun visi dan misi perusahaan, menetapkan tujuan strategis serta merancang strategi yang akan dicapai tujuan ini untuk menciptakan nilai terbaik yang berasal konsumen. Strategi yang telah ditentukan harus sesuai dengan tujuan perusahaan, sehingga akan membawa posisi perusahaan pada posisi terbaiknya.

     Analisis lingkungan diperlukan agar perusahaan dapat menentukan tindakan preventif dan antisipasi terhadap perubahan yang terjadi, sehingga perusahaan dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan ini dan menjadi perusahaan yang mampu bertahan di tengah kondisi lingkungan sangat rumit. Selain itu, dengan analisis lingkungan, perusahaan dapat melakukannya membuat keputusan strategis yang tepat untuk bertahan hidup perusahaan.

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor bisnis yang memiliki peran besar dalam pembangunan nasional, selain dari berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, UMKM juga berperan dalam distribusi hasil pembangunan.

    Di Indonesia, UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peran penting, karena sebagian besar penduduk berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. Keripik Tempe Ri-Mas merupakan industri rumahan berukuran sedang mengembangkan. Perusahaan ini sudah ada sejak lama, tapi sistem penjualannya dan pemasaran di perusahaan ini masih harus dijajaki. Satu dari Misalnya bisnis ini tidak memiliki kios sebagai platform pemasaran, jadi hanya menerima pesanan di rumah. Ini tentu berdampak pada proses operasional yang nantinya juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan.

    Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana merumuskan strategi untuk kelangsungan hidup perusahaan chip tempe Ri-Mas Malang melalui analisis internal dan eksternal perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah merumuskan strategi perusahaan lingkungan internal dan perusahaan eksternal untuk menempati posisi yang kuat dalam persaingan sehingga menunjang kelangsungan hidup perusahaan.

    Yang dimaksud dengan Usaha Kecil (UK), termasuk Usaha Mikro (UMI), "adalah badan usaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan memiliki penjualan tahunan tidak lebih dari Rp 1.000.000.000, sedangkan Usaha Menengah (UM) adalah badan usaha milik warga negara Indonesia yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 200.000.000 sampai dengan Rp. 10.000.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan ”.

    Strategi adalah pola dari berbagai tujuan serta dasar kebijakan dan rencana untuk mencapai tujuan tersebut, dirumuskan sedemikian rupa sehingga jelas bisnis apa yang sedang dan akan dijalankan oleh perusahaan. Serta sifat perusahaan saat ini dan di masa depan. Mendefinisikan manajemen strategis sebagai "proses pengambilan keputusan untuk memperoleh dan menggunakan sumber daya perusahaan yang terbatas dalam lingkungan perusahaan yang berubah dengan cepat dan dinamis." Terdapat tiga tingkatan strategi dalam sebuah perusahaan, yaitu:

    1. Strategi Korporasi Strategi perusahaan merupakan suatu rencana manajemen untuk segala aktivitas yang menentukan keseluruhan karakter dan misi organisasi, produk atau segmen pasar yang akan dimasuki atau ditinggalkan. Serta alokasi sumber daya dan pengelolaan sinergi antar unit bisnisnya.
    2. Strategi Bisnis Strategi bisnis adalah rencana strategis yang terjadi pada tingkat divisi dan dimaksudkan bagaimana membangun dan memperkuat posisi kompetitif produk atau jasa perusahaan di industri atau pasar tertentu yang dilayani di divisi tersebut.
    3. Strategi Fungsional Strategi fungsional adalah suatu rencana strategis pada suatu departemen atau kegiatan tertentu dari fungsi-fungsi tertentu dalam kerangka strategi dan tujuan bisnis.

    “Lingkungan mencakup faktor-faktor di luar perusahaan yang dapat menimbulkan peluang atau ancaman bagi perusahaan”. Pengertian analisis lingkungan adalah “proses yang digunakan oleh perencana strategis untuk memantau sektor lingkungan dalam menentukan peluang atau ancaman bagi perusahaan”. Lingkungan internal dibagi menjadi lima faktor antara lain. :

    1. Faktor pemasaran dan distribusi.
    2. Faktor penelitian dan pengembangan dari suatu fungsi keteknikan.
    3. Faktor manajemen produksi dan operasi.
    4. Faktor sumber daya perusahaan dan karyawan.
    5. Faktor keuangan dan akuntansi. “Keberhasilan perencanaan strategis, mengamati lingkungan luar yang berusaha menjadi lingkungan sebenarnya merupakan pola dari semua kondisi atau faktor eksternal. Yang mempengaruhi atau menimbulkan peluang atau ancaman bagi kehidupan dan perkembangan perusahaan. Lingkungan relevan untuk mempengaruhi proses atau keputusan strategis. Terdapat lima kekuatan kompetitif dalam lingkungan industri, yaitu:
      1. Ancaman pendatang baru.
      2. Ancaman produk pengganti.
      3. Daya tawar pembeli
      4. Daya tawar pemasok
      5. Tingkat persaingan antar pesaing yang ada Analisis SWOT merupakan identifikasi sistematis berbagai faktor untuk merumuskan strategi perusahaan.

                (Gilang Aditya)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Manajemen Strategi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar