Manajemen pemasaran pendidikan

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen pemasaran pendidikan merupakan suatu proses sosial atau manajerial yang mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan dapat inginkan dengan cara menciptakan serta saling menukar dan memanfaatkan jasa atau kualitas dan kuantitas sekolah dalam lembaga pendidikan serta sistem pengajaran yang telah ditawarkan.

    pemasaran dalam konteks jasa pendidikan merupakan sebuah proses sosial dan manajerial untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan penawaran untuk pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain dalam  bidang pendidikan.

    Tujuan marketing pendidikan merupakan sebagai pengelola pendidikan  dan bahan informasi bagi masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan  Maka diharapkan bagi lembaga pendidikan agar bisa mengelola dengan baik.

    Pentingnya mempelajari manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam bidang pendidikan dengan kegiatan pemasaran dapat meliputi perencanaan produk pendidikan penentuan harga dalam hal ini besarnya biaya pendidikan dan mempromosikan produk pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan.

    Pemasaran pendidikan merupakan tentang mengelola hubungan melalui komunikasi yang efektif dan pemasaran pendidikan mencakup berbagai bidang mulai dari promosi hingga tahap melakukan bimbingan belajar namun tidak tepat hanya mempertimbangkan filosofi dari lembaga penyedia jasa pendidikan saja.

    Komponen-komponen dasar manajemen pemasaran pendidikan adalah

    1.         Integrated marketing

    2.         Creste customer satisfaction

    3.         A profit

    Manajemen pemasaran merupakan serangkaian proses analisis perencanaan implementasi dan pengawasan dan pengendalian kegiatan pemasaran di mana tujuannya adalah untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

    Manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi penting adalah

    1. Fungsi penyampaian produk atau distributing

    2. Fungsi jual-beli atau trading

    3. Fungsi penyediaan sarana

    4. Fungsi untuk melakukan riset

    5. Fungsi pemrosesan atau processing

    Contoh manajemen pemasaran misal menawarkan produk atau jasa melalui jaringan online memberikan diskon paket desain dan lain sebagainya selanjutnya anda lakukan semua rencana tersebut secara sistematis dan awasi apakah strategi tersebut dapat menarik perhatian pelanggan atau tidak.

    Manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisis planning yang terkait aktualisasi dan pengendalian program yang sudah terencana untuk menghasilkan pertukaran yang baik di dalam suatu pasar yang sudah ditargetkan tujuannya tidak lain untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

    Langkah-langkah strategis pemasaran adalah

    1. Identifikasi pasar

    2. Segmentasi pasar dan positioning

    3. Segmentasi pasar dan positioning

    4. Diferensiasi produk

    5. Komunikasi pemasaran

    6. Pelayanan sekolah

    Pemasaran merupakan aktivitas dan proses menciptakan mengomunikasikan menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan klien mitra dan masyarakat umum pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

    Pemasaran jasa pendidikan merupakan keterampilan perencanaan dan pengelolaan hubungan pertukaran antara lembaga pendidikan dengan kelompok masyarakat.

    Pemasaran menjadi sesuatu yang mutlak harus dilaksanakan oleh sekolah selain ditujukan untuk memperkenalkan fungsi pemasaran di lembaga pendidikan adalah untuk membentuk citra baik terhadap lembaga menarik sejumlah calon siswa.

    Manajemen pemasaran merupakan suatu upaya manusia untuk mencapai hasil pertukaran yang diinginkan dan membangun hubungan yang erat dengan konsumen dalam cara yang menguntungkan bagi perusahaan.

    Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

    1. Philip Kotler Marketing pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

    2. Menurut Philip Kotler dan amstrong pemasaran merupakan  sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dalam kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan untuk inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik  dalam produk dan nilai dengan orang lain.

    3. Pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan untuk mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

    4. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dalam mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial. (Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manajemen pemasaran pendidikan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar