Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi

Daftar Isi


    LancangKuning
     - 
    Program studi teknik telekomunikasi memiliki fokus pembelajaran di bidang telekomunikasi yang berkaitan dengan sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu, program studi ini mempelajari instalasi kabel dan komunikasi jaringan radio, bagaimana menghasilkan, mengolah, mendistribusikan dan menyebarkan informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode ilmiah dan teknik.

    Jurusan ini termasuk dalam kelompok kajian keilmuan sehingga hanya sobat yang berasal dari jurusan IPA saja yang dapat masuk ke teknik telekomunikasi. Beberapa kampus negeri dan swasta ternama di Indonesia sudah memiliki jurusan ini, seperti ITB, UGM, UNAIR, dan Telkom University.

     10 peluang atau prospek kerja teknik telekomunikasi yang bisa kamu pilih untuk karir masa depan kamu:

    1. Teknisi Radio Mekanik
      Pertama, Anda dapat memilih karier sebagai teknisi mekanik radio. Apa yang dilakukan teknisi radio untuk memperbaiki peralatan pemancar dan penerima sinyal frekuensi radio yang biasa digunakan dalam layanan darurat atau kendaraan.
      Gaji yang akan Anda terima dengan menjadi teknisi radio tidak perlu diragukan lagi, yang tentunya cukup nominal untuk membuat hidup Anda lebih layak. Gaji yang Anda terima sekitar Rp4.000.000 per bulan.
       
    2. Operator Radio
      Kedua, Anda bisa bekerja sebagai operator radio. Tugas operator radio adalah mengirimkan komunikasi dengan menggunakan perangkat radio telepon sesuai dengan peraturan pemerintah. Operator ini akan berkomunikasi dengan kapal, pesawat, penambang, pengebor minyak lepas pantai, kamp penebangan dan operasi lepas lainnya.
      Rata-rata gaji operator radio lulusan D3 adalah Rp4.400.000 per bulan. Bagi lulusan S1, biasanya gaji yang didapat lebih tinggi dari itu. 
       
    3. Arsitek Jaringan Komputer
      Peluang atau prospek kerja telekomunikasi ketiga adalah menjadi seorang arsitek. Anda bukan seorang arsitek berdasarkan rumah dan bangunan, benar oleh jaringan komputer. Anda memiliki tugas sekolah dan menerapkan jaringan komputer dan informasi. Selain itu, Anda akan mengurus perangkat keras jaringan, data komunikasi, dan perangkat lunak untuk perusahaan atau organisasi Anda.
      Gaji rata-rata yang bisa Anda peroleh dengan menjadi arsitek jaringan komputer adalah Rp 4.500.000 hingga Rp 7.200.000 per bulan.
      .
    4.  Arsitek Sistem Komputer
      Yang keempat masih berhubungan dengan pekerjaan seorang arsitek yaitu anda bisa menjadi seorang arsitek sistem komputer. Anda memiliki tugas merancang dan mengembangkan solusi aplikasi untuk masalah yang kompleks, masalah dengan sistem, administrasi, dan jaringan.
      Rata-rata gaji yang ditawarkan perusahaan berkisar antara Rp4.400.000 hingga Rp7.600.000 per bulan.
       
    5. Programmer Komputer
      Prospek pekerjaan bagi lulusan teknik telekomunikasi lainnya yang sudah cukup lama menjadi pemrogram komputer. Tugas Anda sebagai pemrogram komputer adalah merancang, mengembangkan, menggunakan, dan menguji kode, formulir, dan skrip yang mungkin menjalankan aplikasi komputer.
      Rata-rata gaji yang akan Anda terima berkisar antara Rp3.900.000 hingga Rp6.600.000 per bulan untuk karyawan baru.
       
    6. Pemrogram Peralatan Kontrol Numerik Komputer
      Prospek pekerjaan ini berkaitan dengan keahlian desain karena tugasnya adalah mengembangkan program untuk mengontrol mesin dan melakukan pengolahan bahan logam atau plastik menggunakan peralatan, mesin atau sistem. Tertarik memilih karir ini?
      Dari profesi ini, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan.
       
    7. Manajer Komputer dan Sistem Informasi
      Ketujuh, lulusan teknik telekomunikasi dapat berkarir sebagai pengelola komputer dan sistem informasi. Tugas utamanya adalah merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kegiatan di bidang pengolahan data elektronik, teknologi informasi, sistem informasi, analisis sistem, dan pemrograman komputer. Anda akan membutuhkan semua keterampilan ini agar Anda dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab.
      Mengenai gaji, rata-rata penghasilan yang didapat dari profesi ini berkisar antara Rp4.300.000 hingga Rp.1.100.000 per bulan.
       
    8. Analisis Sistem Komputer
      Peluang atau prospek kerja teknik telekomunikasi berikutnya adalah menjadi analis sistem komputer. Dalam meningkatkan sistem informasi dan komputer di suatu perusahaan atau organisasi, departemen teknologi komunikasi adalah ahlinya. Mereka akan menganalisis dari segi teknis, bisnis, dan masalah lain yang terkait dengan pemrosesan data.
      Jika Anda memilih profesi ini, perusahaan akan memberi Anda gaji rata-rata Rp 4.500.000 hingga Rp 6.900.000 per bulan.
       
    9. Administrator Sistem Komputer dan Jaringan
      Prospek pekerjaan berikutnya yang dapat Anda pilih adalah menjadi administrator sistem komputer dan jaringan. Tugas administrator sistem komputer dan jaringan adalah memantau jaringan untuk memastikan ketersediaan jaringan untuk semua pengguna sistem.
      Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp4.300.000 hingga Rp6.400.000 per bulan.
       
    10. Arsitek Basis Data
      Terakhir, sebagai lulusan teknik telekomunikasi Anda dapat berkarir sebagai arsitek database. Perusahaan umumnya membutuhkan arsitek database untuk merancang strategi, membangun sistem database perusahaan dan menetapkan standar untuk operasi, pemrograman / pengembangan, dan keamanan database terkait. Basis data dibutuhkan oleh perusahaan untuk menyimpan data-data penting.
      Dari profesi ini Anda bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp9.900.000 per bulan.

                NB:Gilang aditya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar