Cara Perawatan Sistem Kemudi Dan Power Steering

Daftar Isi

    LancangKuning - Di zaman sekarang ini banyak orang memiliki mobil. Namun tidak sedikit orang yang tidak tahu cara merawat mobil sendiri. Mungkin bagi sebagian orang perawatan mobil bisa diserahkan kepada sopir pribadi atau bengkel. Akan lebih baik sebagai pemilik mobil mengetahui seperti apa mobil Anda. Agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada Anda.

    Cara Merawat Sistem  Kemudi Mobil

    Kondisi mobil yang dalam kondisi prima akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan cepat dan aman. Yang terjadi jika terjadi kebocoran di bagian tengah ban mobil Anda, maka setir mobil Anda tidak berfungsi secara maksimal. Anda pasti panik kan? Disitulah sebagai pemilik mobil atau pengemudi mobil sebelum bepergian, Anda harus mengecek kondisi mobil masing-masing.

    Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara merawat setir mobil, Ayo simak  penjelasannya di bawah ini:

    1. Merawat Roda Kemudi

    Salah satu kendali mobil terletak di setir. Fungsi roda kemudi mobil adalah untuk memutar atau memutar roda depan dengan cara memutar roda kemudi. Saat setir berbelok ke kiri, mobil akan berbelok ke kiri. Saat roda diputar ke kanan, mobil akan berbelok ke kanan. Begitulah pentingnya setir atau setir.

    2. Cuci Tangan Anda Sebelum Mengemudi

    Cara merawat kemudi mobil selanjutnya adalah dengan mencuci tangan sebelum mengemudi. Bagi pengemudi yang sedang mengendarai mobil ada baiknya mencuci tangan terlebih dahulu, terutama setelah selesai makan. Selain menjaga kesehatan, ini juga sebagai upaya menjaga kebersihan setir.

    3. Membersihkan setir yang dibungkus dengan bahan kulit dan vinil

    Material yang terdapat pada steering pada mobil setiap orang berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kulit, dan ada pula yang terbuat dari vinil atau karet. Karena jenis bahan yang berbeda, alat dan bahan untuk membersihkan setir mobil juga berbeda.

    Langkah-langkah membersihkan setir mobil yang terbuat dari bahan kulit

    1. menyiapkan alat pembersih yang akan digunakan untuk membersihkan roda kemudi                mobil antara lain sikat gigi, kain perca, dan cairan pembersih kulit.

    2. Bersihkan debu di setir mobil dengan menyeka setir dengan kain kering.

    3. Semprotkan pembersih kulit pada roda kemudi, diamkan selama beberapa menit hingga meresap, lalu sikat dengan sikat gigi. Sekang roda kemudi mobil yang disikat dengan kain kering dan keringkan.

    4. Di bagian tengah setir, cara membersihkannya bisa menggunakan kain basah yang sudah diperas kering.

    5. Gunakan kondisioner untuk melembabkan permukaan kulit di setir Anda.

     

    Langkah-langkah membersihkan roda kemudi yang terbuat dari bahan vinil

    1.semprotkan cairan pembersih pada roda kemudi anda, diamkan selama beberapa saat.

    2.Setelah itu baru lap setir mobil anda menggunakan kain bersih dan lembut yang dibasahi dan diperas agar tidak merusak permukaan setir mobil anda, anda bisa menggunakan microfiber.

    3.Jika masih kurang bersih, Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkan noda membandel tapi jangan menggosok terlalu keras.

    4. Lap kembali roda kemudi hingga kering.

    4. Putar Roda Kemudi dengan Kecepatan Lambat atau Sedang

    Cara merawat setir mobil dengan sangat hati-hati. Putaran kemudi / steering yang dilakukan dengan kecepatan lambat dan halus akan membuat komponen power streeting awet. Tak hanya manusia yang ingin diperlakukan dengan baik, setir mobil pun demikian.

    5. Melewati atau menggerakkan persneling mobil dengan baik dan benar.

    Bagi pemula mungkin akan kebingungan dalam mengatur gigi pada mobil, karena sangat berbeda dengan gigi pada sepeda motor.

    Semua gigi harus digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut cara mengoper gigi yang baik dan benar:

    1.Pergeseran Gigi Netral

    Roda gigi netral terletak di tengah, untuk memastikan gigi dalam keadaan netral. Anda bisa menggeser tekanan tuas transmisi ke kiri, jika tuas bergerak maka persneling mobil berada pada persneling normal. Jika pedal gas diinjak, mobil tidak akan berjalan.

    2.Menggerakkan Gigi 1

    Memasuki gigi satu dengan cara menggeser transmisi ke kiri hingga macet, lalu mendorongnya ke atas. Begitulah cara Anda menggeser gigi ke gigi pertama.

    3.Menggerakkan Gigi 2

    Jika ingin memindahkan gigi dari gigi satu ke gigi dua, caranya adalah dengan menahan transmisi di sebelah kiri lalu menariknya ke bawah.

    4.Menggerakkan Gigi 3

    Perpindahan gigi dari gigi 2 ke gigi 3 yaitu dengan mendorong tuas transmisi ke atas sedikit tidak terlalu ke atas dan menggeser transmisi ke kanan lalu mendorongnya ke atas.

    5.Menggerakkan Gigi 4

    Dari gigi 3, cukup tarik tuas transmisi ke bawah dan tidak perlu menggesernya ke kanan atau kiri. Secara otomatis akan masuk ke gigi 4.

    6.Menggerakkan Gigi 5

    Gear 5 digunakan untuk kecepatan maksimal. Untuk mengganti gigi dari gigi 4 ke 5, yang perlu dilakukan adalah mendorong transmisi sedikit ke tengah dengan posisi netral lalu geser ke kanan dan dorong ke atas, lalu posisi gigi sudah ada di gigi 5.

    Cara Merawat Power Stering

    Power steering merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil terbaru. Tak bisa dipungkiri, selain memberikan kenyamanan pengguna saat berkendara, komponen ini juga memberikan keamanan saat berkendara. Saking pentingnya tentunya kita tidak bisa membayangkan, apa jadinya jika power steering rusak? Bencana besar bisa terjadi dan bahkan mengancam nyawa semua penumpang.

    Namun sebagai seorang pengemudi tidak perlu khawatir karena disini kami akan membagikan beberapa tips atau cara merawat power steering agar lebih awet dalam pemakaiannya. Dan berikut ini beberapa cara merawat power steering yang benar.

    1.Hindari jalan yang rusak atau berlubang

    Saat mengemudikan mobil yang sudah memiliki fitur power steering, sebisa mungkin hindari jalan rusak atau berlubang. Namun, jika terpaksa tidak punya jalan lain selain melalui jalan yang rusak, cobalah untuk melewatinya secara perlahan.

    2.Hindari banjir

    Melewati jalan yang tergenang air juga dapat membuat power steering cepat rusak dan mungkin bukan hanya power steering saja, tetapi komponen lainnya kemungkinan besar akan mengalami kerusakan jika melewati banjir yang cukup tinggi.

    3.Ingatlah selalu masa pakai power steering

    Perangkat elektronik ini memiliki batasan usia sekitar lima tahun. Maka, bila sudah sampai pada usia tersebut sudah saatnya segera menggantinya. Jangan tunda atau tunggu sampai rusak lalu diganti. Karena hal-hal seperti itu akan mempengaruhi keselamatan Anda dan juga penumpang yang Anda bawa.

    4.Penggunaan tidak boleh melebihi 100.000 Km

    Penggunaan mobil yang sudah menempuh jarak sekitar 100.000 km kemungkinan besar akan berpengaruh besar pada power steering, apalagi bila mobil digunakan sembarangan saat melakukan perjalanan ditambah jalan yang dilaluinya rusak atau berlubang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

    5.Hindari ban berputar saat parkir

    Kemungkinan ini adalah yang paling umum. Kebanyakan orang saat memarkir mobil sering meninggalkannya dengan ban yang melengkung atau tidak lurus. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan mengakibatkan komponen seperti power steering dan ball joint memiliki umur yang lebih pendek atau cepat rusak. (Muhammad Rahmadani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Perawatan Sistem Kemudi Dan Power Steering
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar