Faktor Pendorong Pemasaran Global

Daftar Isi


    LancangKuning - Pemasaran Global

    Pemasaran adalah kegiatan perusahaan yang dilakukan untuk mempromosikan produk, jasa, dan layanan yang mereka tawarkan. Pemasaran termasuk kegiatan pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen. Secara umum, pemasaran global adalah pemasaran berskala besar yang mencakup seluruh dunia. Pemasaran global merupakan salah satu cabang dari manajemen bisnis umum yang memasarkan produk, solusi, dan layanan kepada konsumen secara lokal, nasional, dan internasional.

    Konsep Pemasaran Global

    1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
      Terdapat perbedaan diantara kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dimiliki oleh manusia karena tingkat keperluannya. Keinginan adalah segala sesuatu yang dimiliki manusia untuk kepuasan tersendiri, dan menyesuaikan dengan selera individu. Keinginan biasanya tidak terlalu mempengaruhi hidup seseorang.
    2. Produk
      Produk adalah segala sesuatu yangdiperjual belikan dan ditawarkan oleh perusahaan. Produk bisa berupa benda fisik atau jasa. Pentingnya produk terletak pada manfaat yang didapatkan konsumen dari produk tersebut.
    3.  Nilai, Biaya, dan Kepuasan
      Nilai, biaya, dan kepuasan adalah pemikiran konsumen tentang kemampuan total dari produk tersebut. Kemampuan dari setiap produk berbeda-beda, tetapi konsumen cenderung memilih produk yang memiliki kemampuan tertinggi dengan biaya yang rendah dan kepuasan yang paling tinggi.
    4. Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan
      Pertukaran adalah proses tukar menukar barang antara 2 pihak atau lebih dengan atau tidak dengan perantara. Transaksi adalah kegiatan yang mengubah kondisi finansial individu atau perusahaan, transaksi mencakup kegiatan menjual, membeli, dan membayar. Setiap pihak bisa disebut melakukan pertukaran jika masing-masing pihak berunding dan mengarah pada persetujuan. Jika persetujuan dicapai maka disebut transaksi. Untuk melancarkan transaksi, hubungan yang baik dan saling percaya antara penjual, pembeli, pemasok dan produsen harus ada, dan hubungan ini menambah ikatan social dan transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap saat.
    5. Pasar
      Pasar adalah tempat dimana terdapat pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan. Pasar global mencakup pelanggan dan penjual dari seluruh dunia. Pasar merupakan tempat berkumpulnya banyak penjual, setiap penjual bersaing satu sama lain dalam meraup keuntungan.

    Pemasaran dan pemasar
    Pemasaran adalah kegiatan mempromosikan produk, layanan, dan jasa suatu perusahaan. Pemasar adalah orang yang melakukan kegiatan promosi untuk perusahaan.

    Faktor Pendorong Pemasaran Global

    1.  Perbaikan Komunikasi dan Transportasi
      ​Terjadinya perbaikan komunikasi dan transportasi membuat pemasaran global menjadi lebih mudah. Contoh perbaikan komunikasi yaitu komunikasi dapat lebih mudah dilakukan melalui internet, email, aplikasi perpesanan dan sebagainya. Contoh perbaikan dalam transportasi adalah pengaspalan jalan, penambahan pelabuhan, pembuatan jalan tol, dan pengembangan kendaraan yang memuat lebih banyak barang.
    2. Teknologi
      Teknologi adalah teknik, kemampuan, ilmu pengetahuan, metode, dan proses yang digunakan dalam produksi suatu benda. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat negara menjadi seolah-olah tidak memiliki batas. Teknologi memiliki banyak pengaplikasian, contohnya industri, kebutuhan masyarakat, gaya hidup, dan bidang lainnya. Teknologi bersifat universal, artinya bisa dilakukan di semua negara dan lapisan masyarakat.
    3. Kualitas
      Peningkatan kualitas barang juga merupakan salah satu faktor pendukung dalam pemasaran global. Penggunaan teknologi juga menyebabkan peningkatan kualitas produk. Penjual akan mencari pasar yang tepat, dan karena penduduk dunia sangat banyak, menjadikan pemasaran global cara terbaik dalam menjual barang.
    4. Perjanjian Ekonomi Antar-negara
      Perjanjian ekonomi antar negara merupakan salah satu faktor pendorong pemasaran global. Kedua negara berunding dan mencapai kesepakatan dalam dunia ekonomi. Kesepakatan tersebut memberi keuntungan kepada kedua belah pihak, dan pemasaran produk secara global semakin mudah terjadi.
    5. Dinamika dan Perkembangan Ekonomi Dunia
      Kebijakan pemerintah setiap negara untuk meningkatkan ekonominya akan sangat berpengaruh pada cara pelaku usaha dalam memproduksi dan memasarkan produknya, termasuk melakukan perluasan keluar negeri. Pelaku usaha akan mencari partner dalam memasarkan produk mereka diluar negeri.(Ashry)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Pendorong Pemasaran Global
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar