Perawatan dan Perbaikan Sistem Suspensi Sepeda Motor

Daftar Isi

    LancangKuning - Suspensi  adalah kumpulan dari komponen tertentu yang akan berfungsi meredam kejutan atau getaran yang akan terjadi pada sebuah kendaraan akibat permukaan pada jalan yang tidak rata yang dapat menurunkan kenyamanan dalam berkendara pada suspensi yang menghubungkan antara bodi dengan roda.

    Ada beberapa fungsi dari suspensi yaitu sebagai berikut:

    • Suspensi dapat menyerap suatu getaran ayunan dan guncangan yang akan di terima saat berkendara.
    • Suspensi juga dapat menopang bodi kendaraan dan akan menjaga hubungan dari geometris yang benar antara bodi dengan roda-roda.
    • Suspensi mengirim tenaga gerak dan pengereman yang akan di akibatkan oleh gesekan yang akan terjadi antara permukaan jalan antara chassis dengan bodi.

    Ada beberapa perawatan dan pemeriksaan sebuah sistem pada suspensi yaitu sebagai berikut:

    1. Cara merawat suspensi biar bantingan nya tetap enak.
    • Hindari jalan yang bergelombang

    Fungsi utama dari suspensi yang tentunya dapat meredam sebuah getaran tetapi setiap dari suspensi punya batas kemampuan pada sebuah peredam. Jangankan mentang-mentang suspensi masih enak terus dihajar aja pada sebuah tanggul atau lubang dengan seenaknya.

    Saat motor menghantam bagian jalan yang tidak rata dalam sebuah kecepatan yang tinggi yang akan diakibatkan suspensi mendapatkan suatu tekanan yang kuat. Kalau tekanannya berlebihan bakal mengakibatkan kerusakan pada seperti oli suspensi dapat bocor karena seal yang rusak atau per pada suspensi belakang jadi bengkok.

    • Rutin membersihkan pada suspensi

    Cara merawat suspensi yang mudah yaitu dibersihkan dari debu atau kotoran yang sedang menempel. Kalau tidakrajin dibersihkan maka kotoran bisa masuk ke sela-sela dan mengotori oli pada suspensi. Kalau sudah begitu kelenturan pada suspensi akan berkurang.

    • Jangan melebihi kapasitas beban

    Suspensi punya batas beban maksimal yang bisa ditopang. Makanya kalau kelebihan beban pada suspensi bakal sangat tertekan dan akhirnya rusak. Kalau mau bawa barang sebenarnya boleh saja. Tetapi sobat harus mengukur dulu kemampuan angkut pada motor dengan bobot barang. Selain itu jangan menumpukan beban pada bagian depan atau belakang saja supaya beban tidak bertumpu pada salah satu suspensi.

    • Rutin ganti pada oli suspensi

    Suspensi pada depan motor perlu juga diganti oli dengan secara rutin pada saat rentang jarak yang tertentu. Oli pada suspensi juga bisa berkurang atau juga mengental setelah lama dipakai, makanya jangan asal beli merek pada oli suspensi. Kalau enggak cocok akan padat mengakibatkan peredam an jadinya kurang maksimal.

    • Pemeriksaan sistem pada suspensi sepeda motor

    Pemeriksaan pada sistem suspensi harus dilakukan hanya untuk memastikan kondisi pada suatu sistem suspensi sepeda motor dilakukan dengan cara melepas sebuah suspensi dari sepeda motor dengan cara mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    1. Pembongkaran pada suspensi depan

    Ketika akan melakukan pembongkaran dan pemeriksaan harus mengetahui konstruksi umum atau jika mempunyai bentuk yang khusus maka perlu anda mengetahui buku pedoman reparasi (manual service book), namun secara umum susunan pada system suspensi depan sepeda motor.Ketika pada saat suspensi depan sudah dilepas dari kemudi lepaskan juga stopper ring (cincin dari penahan) sementara itu untuk menekan spring seat (dudukan pegas) dengan menggunakan sebuah pres hidraulik.

    Cara kerja pada suspensi

    Cara kerja suspensi yaitu untuk memberikan sekat antara tubuh motor dengan roda yang mana pada sekat tersebut memiliki daya yang elastisitas yang tinggi. Hingga mampu untuk meredamkan gerak pada saat mendadak yang dilakukan oleh roda. Berbagai komponen yang dimilikinya tersebut berfungsi sebagai penyerap getaran serta guncangan yang ditimbulkan pada sebuah jalan yang tidak rata. Hal ini bertujuan agar suspensi bisa bekerja dengan baik ketika anda sedang berkendara di jalan yang bergelombang sekalipun. (Lisdayani.)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perawatan dan Perbaikan Sistem Suspensi Sepeda Motor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait