Pelindung Diri (APD) untuk menghindari resiko kecelakaan kerja

Daftar Isi

    LancangKuning -  Alat pelindung diri (APD) sangat berguna supaya tidak menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan terjadi kecelakaan misalnya dan resiko yang diakibatkan tidak parah. Berikut ada beberapa macam APD yang wajib digunakan saat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur atau sering disebut dengan nama (SOP).

    Untuk para pekerja, menggunakan alat pelindung diri (APD) umumnya sangat berguna dilakukan. Yang paling utama sekali jika kalian bekerja di lokasi yang berbahaya serta memiliki resiko kecelakaan, cedera, maupun tertular penyakit, contohnya di lokasi konstruksi ataupun di fasilitas kesehatan.

    Sampai, untuk penggunaan alat pelindung diri tersebut sudah ditetapkan dalam peraturan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi Republik Indonesia. Tetapi perlu juga dimengerti, untuk APD yang akan digunakan oleh para pekerja konstruksi tidak sama dengan APD yang dugunakan para pekerja rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan yang lainnya.

    Apa itu alat pelindung diri serta apa kegunaannya?

    Alat pelindung diri atau yang selalu disebut dengan APD yaitu merupakan peralatan yang di pakai supaya mengurangi bahaya agar tidak terjadinya cedera, penyakit, dan supaya terhindar agar tidak terkena bahan-bahan yang beracun yang ada di sekitar lokasi kerja tersebut.

    Berikut terdapat beberapa macam alat pelindung diri yang bisa di pakai. Secara ideal, seluruh alat tersebut seharusnya di pakai supaya keamanan penuh buat diri kita. Alat pelindung tersebut berfungsi supaya mencegah kondisi-kondisi berikut ini terjadi:

    • Gangguan paru-paru yang di akibatkan karena menghirup udara yang telah terkontaminasi/ tercemar
    • Patah tulang di tangan kaki maupun lecet yang di akibatkan oleh benda-benda yang tajam yang tanpa sepengetahuan kita terjadi
    • Kebutaan yang di akibatkan oleh semprotan bahan kimia berbahaya ke mata
    • Kerusakan kulit, contohnya luka bakar yang di akibatkan kontak dengan bahan kimia yang berbahaya
    • Gangguan kesehatan yang di akibatkan suhu yang sangat panas maupun dingin

    Jenis-jenis alat pelindung diri

    Secara umum, terdapat 9 jenis alat pelindung diri yang perlu di pakai supaya mengurangi hal-hal yang tidak di inginkan saat bekerja, yaitu:

    1. Alat pelindung kepala

    Sesuai dengan namanya, alat pelindung kepala berguna supaya melindungi kepala kita dari benturan yang di akibatkan dari benda yang jatuh tanpa sepengetahuan kita, tertabrak, maupun terjatuh. Alat ini juga bisa melindungi kepala kita dari terkena nya radiasi panas, api, dan terkena bahan kimia, mikroorganisme, sampai suhu yang cukup berbahaya.

    Alat pelindung kepala yang lain juga bisa dipakai seperti helm, topi, pengaman rambut, ataupun alat yang dibuat khusus supaya menutupi semua bagian kepala kita.

    2. Alat pelindung mata serta wajah

    Alat ini dipakai supaya melindungi mata serta wajah kita dari terkena nya bahan kimia yang berbahaya, sisa-sisa bahan metal debu, gas serta asap yang berbahaya juga, hingga radiasi. Contoh alat pelindung mata serta wajah:

    • Kacamata pengaman
    • Goggles yang berbentuk hamper sama dengan kacamata untuk menyelam
    • Penutup wajah untuk keseluruhan, misalnya yang sering dipakai oleh tukang las

    Macam-macam jenis alat pelindung mata serta wajah diatas, dipakai di saat kondisi yang berbeda-beda. Sehingga, periksa alat pelindung tersebut dibuat dari bahan serta model yang sesuai dengan bahaya kerja kalian.

    3. Alat pelindung telinga

    Alat pelindung diri seperti ini sering dipakai untuk pekerja konstruksi yang berfungsi buat menahan kerasnya suara mesin serta alat berat yang dipakai. Tidak hanya itu, para pekerja yang selalu berinteraksi dengan polusi suara yang berlebih pun di haruskan supaya memakainya.

    Terkena suara yang terlalu kuat, maupun dalam waktu yang sebentar, sama saja berbahaya bagi kesehatan telinga serta pendengaran.

    Supaya melindungi telinga, berikut beberapa model penutup telinga yang boleh dipakai, mulai dari yang dipakai di luar telinga (ear muffs) maupun yang dipakai di dalam telinga (ear plugs).

    4. Alat pelindung pernapasan

    Alat pelindung pernapasan juga sangat penting dipakai di dalam wilayah minim oksigen maupun dengan udara yang terkontaminasi. Alat ini berguna melindungi kita dari kontaminan yang menyebabkan penyakit contohnya debu, gas, maupun asap.

    Alat pelindung diri seperti ini juga dapat mengurangi bahaya tertular penyakit yang datang melalui udara, contohnya infeksi serta berbagai jenis virus.

    Macam-macam alat pelindung pernapasan. Dan jenis yang sangat sederhana serta selalu dipakai yaitu masker. Alat yang lainnya seperti respirator, tangki selam, sampai alat khusus juga bisa dipakai. (Akbar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pelindung Diri (APD) untuk menghindari resiko kecelakaan kerja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar