Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah

Daftar Isi

    LancangKuning - Saat ini banyak perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan layanan berbasis Syariah. Produk keuangan Syariah mulai bermunculan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dalam pengelolaan keuangan menurut Syariah Islam. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim yang menganggap keuangan Syariah lebih sederhana, lebih murah dan memberikan kenyamanan. Tidak heran jika peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah masih terbuka lebar di Indonesia.

    Program studi Manajemen Keuangan Syariah bisa Anda temukan di universitas negeri atau swasta berbasis Islam di Indonesia. Peluang berkarir setelah lulus dari jenjang sarjana cukup besar dengan gaji yang tidak kalah berkelas. Berikut 10 peluang atau prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah di Indonesia yang perlu Anda ketahui, yaitu:

    1. Analis Keuangan
      Prospek karir sebagai analis keuangan Syariah sangat potensial di lapangan, apalagi banyak institusi yang mulai mengedepankan prinsip Syariah dalam mengelola keuangan. Anda memiliki tanggung jawab untuk menilai dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan yang berdampak pada keputusan kepemimpinan. Tak heran jika gaji seorang analis keuangan mencapai 4 juta rupiah per bulan, bahkan lebih tinggi lagi tergantung kinerja dan kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja.
    2. Penasihat Keuangan
      Hampir sama dengan seorang analis keuangan, Anda bisa menjadi penasihat keuangan pribadi atau perusahaan besar. Dengan melihat kondisi keuangan Anda, total pendapatan, pengaturan pengeluaran, nilai investasi, dan lain sebagainya, Anda dapat memberikan nasehat terbaik kepada orang-orang yang membutuhkan jasa financial advisory. Gaji seorang penasihat keuangan di atas upah minimum, bahkan bisa mencapai dua digit per bulan.
      Peluang karir setelah lulus Sarjana Manajemen Keuangan Islam adalah menjadi bendahara dan pengendali keuangan di lembaga atau perusahaan tertentu. Anda memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengendalikan dan mengawasi keuangan perusahaan. Di UKM kelas menengah saja, gaji yang ditawarkan bisa mencapai 4 juta rupiah per bulan.
    3. Konsultan Bisnis
      Konsultan bisnis profesional mematok gaji yang sangat fantastis karena dapat memberikan pertimbangan kepada pimpinan perusahaan dalam mengelola keuangan atau mengambil keputusan bisnis. Meski tidak bekerja di perusahaan yang bonafide, gaji konsultan bisnis tahap awal minimal bisa mencapai 4 juta rupiah. Apakah Anda bekerja sebagai konsultan terikat untuk sebuah perusahaan atau menawarkan layanan independen, pertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap profesi.
    4. Auditor
      Tugas auditor adalah memeriksa, memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan yang dilaporkan oleh divisi keuangan. Setidaknya keberadaan auditor dapat meminimalisir risiko penipuan atau penggelapan dana perusahaan yang mungkin terjadi. Gaji staf di tim audit perusahaan bisa mencapai 3,5 juta per bulan atau lebih tergantung pada kebijakan kepemimpinan.
    5. Manajer Keuangan
      Gaji seorang manajer keuangan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan atau bonus lainnya. Gaji yang sangat besar tersebut sebanding dengan tugas dan tanggung jawab seorang manajer keuangan di perusahaan. Ia harus memantau aliran dana yang masuk dan keluar perusahaan, menyiapkan laporan laba rugi dan merencanakan pengelolaan keuangan perusahaan untuk menghindari risiko kebangkrutan.
    6. Analis Investasi
      Manajemen Keuangan Syariah juga memiliki kesempatan berkarir sebagai analis investasi yang bekerja di perusahaan, institusi maupun independen. Layanan analis investasi independen akan membantu klien dalam menganalisis kemungkinan untung dan rugi dari melakukan investasi saat ini.
      Analis investasi sangat berpengetahuan tentang manajemen uang dalam memilih investasi yang paling aman untuk investasi berisiko yang memberikan keuntungan lebih besar. Gaji seorang analis investasi profesional yang bekerja di perusahaan atau pialang saham minimal 4 juta rupiah per bulan.
    7. Spesialis Manajemen Risiko
      Spesialis Manajemen Risiko bertugas menganalisis risiko yang mungkin dialami perusahaan dalam pengambilan keputusan seperti risiko operasional dan risiko kredit. Biaya minimum untuk spesialis manajemen risiko adalah sekitar 4 juta rupiah untuk perusahaan kecil.
    8. Karyawan Perbankan
      Gaji pegawai bank Syariah sesuai standar UMR tergantung posisi yang Anda dapatkan. Rata-rata kisaran gaji pegawai perbankan di kota-kota besar sekitar 5 juta rupiah per bulan. Tentunya peluang gaji semakin besar karena biaya hidup di kota besar yang terus meroket.
      Gaji pegawai perbankan di kota-kota kecil bisa saja lebih rendah, namun masih di atas UMR yang berlaku di daerah itu. Apalagi, banyak bank konvensional yang mulai memiliki produk keuangan berbasis Syariah sehingga Anda memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di sektor yang sama.
    9. Petugas Pajak
      Anda bisa menjajal peluang karir dengan mengikuti tes sebagai pegawai di kantor pajak, baik di tingkat lokal maupun pusat. Biasanya petugas pajak yang masih di level satu mendapat gaji pokok jutaan rupiah yang belum termasuk tunjangan. Selain masa bakti ASN, kinerja yang baik dapat memberikan peluang promosi dengan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi mencapai puluhan hingga puluhan juta rupiah.
      Jika Anda bekerja untuk lembaga negara, pastikan Anda siap mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan. ASN harus siap transfer kapan saja di seluruh wilayah Indonesia, ya!(Gilang Aditya)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar