Mata kuliah agribisnis

Daftar Isi

    LancangKuning - Mata kuliah agribisnis mana yang harus diketahui jika kuliah di departemen ini? Informasi ini harus diketahui bahkan sebelum mempelajari agribisnis. Sangat urgen untuk mengetahui lebih jauh ilmu apa yang ingin dipelajari agar semakin mantap dalam memilih jurusan.

    Jurusan Agribisnis dikenal juga dengan nama Sosial Ekonomi Pertanian., kata Agribisnis merupakan kata pinjaman dari bahasa Inggris yaitu Agribisnis. Dari sini terlihat bahwa agribisnis adalah usaha hasil pertanian.

    Namun agribisnis yang lebih kompleks adalah bisnis atau manajemen yang fokus atau basis bisnis utamanya adalah di bidang pertanian dan segala hal yang mendukungnya, baik di sektor hulu hingga hilir yang mengacu pada proses input, pengolahan, dan output.

    Kekayaan dan kondisi alam Indonesia menjadikan pangan sebagai salah satu komoditas ekspor negara. Oleh karena itu, peluang kerja dari jurusan Agribisnis di bidang industri makanan akan selalu dibutuhkan.

    Misalnya, pengelola pertanian dan peternakan, peneliti tanah dan tanaman, bahkan pengusaha. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus mengambil jurusan Agribisnis di perguruan tinggi.

    Apa yang dipelajari oleh Departemen Agribisnis?

    Jurusan ini memiliki pengetahuan tentang semua aspek budidaya dan pengolahan hasil pertanian, manajemen bisnis, pemasaran produk, dan kewirausahaan. Melihat hal-hal yang dipelajari, jurusan Agribisnis ternyata memadukan ilmu yang dipelajari dalam IPA dan Ilmu Sosial. Dari sisi keilmuan dibutuhkan pelajaran biologi untuk melihat sifat-sifat biologis dari produk yang akan dijual nantinya. Sedangkan beberapa pelajaran IPS akan bermanfaat untuk memahami aspek bisnis dan pengelolaan pertanian. Setelah mempelajari dan menerima berbagai mata kuliah di jurusan ini, anda pasti akan memahami masalah pemanfaatan hasil pertanian sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan hasil bumi.

     Jurusan ini mempelajari bisnis yang berkaitan dengan dunia pertanian, berikut 10 mata kuliah agribisnis yang wajib anda ketahui:

    1. Pengantar ilmu

    Mempelajari agribisnis menuntut Anda lebih mengenal dunia pertanian. Secara otomatis kamu belajar ilmu pertanian dan dibuka dari kursus pengantar ilmu pertanian.

    1. Pengantar ilmu teknologi pertanian

    Selain mendapatkan dasar-dasar ilmu pertanian, Anda juga harus mempelajari pengenalan teknologi pertanian. Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang teknologi yang digunakan dalam dunia pertanian saat ini.

    2. Dasar-dasar budaya pertanian

    Untuk mengetahui lebih dekat tentang dunia pertanian, Anda perlu mempelajari dasar-dasar budidaya pertanian. Dalam kursus ini Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang budidaya yang dilakukan di pertanian.

    3. Pengantar ilmu ekonomi

    Selain pertanian, di jurusan ini Anda juga harus mempelajari ilmu ekonomi. Akan diberikan pengantar ilmu ekonomi, Anda bisa melihat dasar-dasar ilmu ekonomi.

    4. Usaha koperasi dan pertanian

    Anda akan lebih mendalami dunia agribisnis dengan mempelajari koperasi dan usaha pertanian. Dalam mata kuliah ini anda akan mendapatkan ilmu tentang pengelolaan koperasi atau usaha pertanian.

    5. Pengantar agribisnis

    Di semester pertama, Anda akan mendapatkan pengenalan ilmu agribisnis. Kemudian pada semester berikutnya Anda akan mendapatkan ilmu agribisnis residensial dan hunian yang lebih lengkap.

    6. Komunikasi dan penyuluhan pertanian

    Departemen agribisnis juga akan memberikan pelajaran tentang komunikasi dan penyuluhan pertanian. Anda akan belajar bagaimana berkomunikasi dan memberikan konseling di bidang pertanian.

    7. Pemasaran hasil pertanian

    Dari namanya saja sudah bisa dikatakan bahwa jurusan yang satu ini tidak jauh dari kegiatan bisnis. Karenanya, secara otomatis Anda juga harus belajar tentang pemasaran di bidang pertanian. Anda akan mempelajari tips pemasaran produk pertanian di Indonesia.

    8. Kewirausahaan

    Salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh mahasiswa agribisnis adalah ilmu (jiwa) kewirausahaan. Akan mempelajari dasar-dasar kewirausahaan, terkhusus di bidang pertanian.

    9. Agribisnis tanaman pangan dan hortikultura

    Ada banyak cabang agribisnis yang membutuhkan kajian di jurusan ini. Salah satunya adalah ilmu agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. (Farida)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata kuliah agribisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar