Prospek Kerja Teknik Elektronika

Daftar Isi

    LancangKuning - Setiap saat semua manusia di muka bumi menggunakan listrik untuk berbagai keperluan kehidupan, baik untuk hiburan maupun pekerjaan. Ilmu elektro dikenal juga dengan istilah elektronika dan di perguruan tinggi jurusan perkuliahan yang membahas tentang kelistrikan adalah program studi teknik kelistrikan.

    Ilmu teknik elektro mempelajari tentang listrik, arus kuat, arus lemah atau listrik searah dan bolak-balik dan selain itu bidang elektronika sudah tidak sederhana lagi. Secara lebih luas program studi teknik elektro merupakan bidang teknik atau keteknikan yang mempelajari sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, mencakup hampir semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan teknologi kelistrikan.

    Prospek Teknik Elektro

    Banyak sekali prospek pekerjaan lulusan teknik elektro yang harus anda ketahui, diantaranya:

    1. Dosen

    Banyak perguruan tinggi dan perguruan tinggi yang mewajibkan dosen untuk mengajar program studi teknik elektro, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun untuk menjadi dosen mayoritas harus menyelesaikan minimal pendidikan studi pascasarjana. Selain sebagai tenaga pengajar, lulusan teknik elektro terkadang juga dibutuhkan sebagai guru di smk (sekolah menengah kejuruan) sebagai guru vokasi jurusan kelistrikan, instalasi kelistrikan, audio video, dan elektronika industri.

    2. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

    Banyak lembaga dan instansi pemerintah membuka lowongan untuk menjadi PNS hampir setiap tahun. Banyak keuntungan menjadi PNS, yaitu gaji yang stabil dan tunjangan yang meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, sebagai lulusan teknik elektro yang berkarier sebagai PNS akan mendapatkan dana pensiun meski sudah berhenti bekerja.

    3. Pengusaha

    Profesi sebagai wirausaha, pebisnis, dan wirausaha semakin diminati oleh generasi muda saat ini, terutama generasi millennial dan seterusnya. Bekerja secara mandiri atau membuka lapangan kerja merupakan pilihan yang relevan bagi lulusan teknik kelistrikan karena dibekali dengan kemampuan berhadapan langsung dengan kelistrikan dan komputer. Lulusan departemen ini dapat menjadi instruktur atau pembimbing kelistrikan / energi, mengembangkan bisnis startup, bisnis instalasi kelistrikan, elektronika industri dan masih banyak lagi.

    Namun, untuk menjadi pebisnis sukses dibutuhkan sifat pantang menyerah dan berani untuk gagal dalam berbisnis.

    4. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

    Banyak lowongan kerja dari BUMN yang membutuhkan gelar sarjana teknik kelistrikan untuk mengisi posisi di berbagai perusahaan. Perusahaan BUMN adalah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh negara indonesia. Keuntungan yang bisa anda dapatkan saat menjadi pegawai BUMN antara lain jalur karier, gaji tinggi, asuransi, dan juga bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Ada banyak perusahaan yang menerima lulusan teknik elektro untuk bekerja di sana, termasuk PT. PLN, PT. Telkom Indonesia, PT. Adhi Karya, PT. Bank Mandiri, dan masih banyak lagi. Tertarik menjadi bagian dari perusahaan milik negara? Tulis di kolom komentar di bawah.

    5. Perusahaan Multinasional

    Saat anda bekerja di perusahaan ini, anda bisa berkarier baik di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kemampuan anda. Perusahaan multinasional adalah perusahaan besar dan beroperasi di banyak negara serta memiliki cabang di berbagai negara. Ada banyak perusahaan multinasional yang berlokasi di indonesia, antara lain Unilever, Freeport, Asus, chevron corporation, dell, dan masih banyak lagi.

    6. Pengembang Perangkat Lunak

    Pengembang software bukan hanya lulusan it saja, karena sebagai lulusan teknik elektro tentunya bisa bekerja di bidang ini. Pengembang perangkat lunak adalah seorang profesional yang membuat perangkat lunak yang dijalankan pada berbagai jenis komputer. Aplikasi / software tersebut bisa berupa aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan lain-lain. Secara umum seorang pengembang perangkat lunak akan bertanggung jawab atas pengembangan, desain, dan implementasi produk perangkat lunak yang saat ini sedang dibuat atau sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut.

    7. Insinyur Perangkat Lunak

    Hampir mirip dengan software developer, namun yang lebih kompleks lagi, profesi software engineer juga bisa ditempuh untuk lulusan teknik, apalagi teknik elektro. Seorang insinyur perangkat lunak akan bertanggung jawab menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari analisis persyaratan, desain, pengujian, pengembangan, dan pemeliharaan untuk memenuhi kebutuhan ini. Pekerjaan insinyur perangkat lunak harus mendokumentasikan proses melalui diagram alur dan mengembangkan instruksi komputer menggunakan algoritma.

    Selain itu, seorang insinyur perangkat lunak harus memahami sistem komputer untuk mengenali batas-batas antar perangkat keras yang dapat mempengaruhi desain sistem perangkat lunak tersebut.

    Demikianlah artikel yang saya buat semoga bermanfaat. (Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknik Elektronika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar