Peluang Kerja Ekonomi Syariah

Daftar Isi

    LancangKuning - Perkembangan ekonomi syariah semakin terus - menerus berkembang dengan semakin pesat seiring dengan terbukanya pola pikir masyarakat Indonesia. Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia mayoritasnya banyak yang beragama Islam sehingga peluang atau prospek kerja ekonomi syariah semakin besar.

    Dan semakin banyaknya masyarakat yang mulai beralih kedalam dunia pekerjaan atau produk keuangan yang berbasis konvensional. Dan kebijakan ekonomi dan pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip syariat Islam dapat diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat tentunya.

    Prospek kerja ekonomi syariah

    1. Karyawan perbankan

    Sebagai seorang yang lulusan jurusan ekonomi syariah anda dapat bekerja di sektor perbankan yang saat ini mulai beralih ke dalam prinsip syariah sesuai dengan kebutuhan produk keuangan dalam masyarakat. Dan gajinya cukup lumayan besar.

    2. Staf Keuangan

    Peluang kerja bagi seorang staf keuangan yang sangat dibutuhkan oleh lembaga atau perusahaan yang mengedepankan prinsip syariah sesuai dengan ketentuan Islam.  Dan gaji rata-rata seorang staf keuangan sangat bervariasi tergantung dengan kebijakan kantor atau perusahaan itu sendiri.

    3. Pegawai Negeri

    Anda dapat mempertimbangkan pekerjaan anda sebagai pegawai negeri yang bekerja di bidang kementerian keuangan atau kementerian agama. Apalagi seorang lulusan sarjana yang mempunyai prospek menjabat di posisi golongan atas.  Dan gajinya cukup besar dan semakin tinggi jabatan yang anda pegang, maka semakin tinggi gaji pokok dan tunjangan yang akan tentunya anda dapatkan.

    4. Ahli Ekonomi Islam

    Tidak ada salahnya apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di bidang ekonomi syariah, karena anda dapat bekerja sebagai ahli ekonomi islam.  Sebagai seorang lulusan ahli ekonomi syariah   dapat menjadi konsultan dalam mengatasi segala permasalahan ekonomi di Indonesia dengan gaji  yang mencapai angka puluhan juta rupiah.

    5. Tenaga Pengajar

    Tidak hanya bisa menjadi karyawan di perusahaan saja, anda juga bisa memilih jalur akademik sebagai karir di masa depan anda nantinya. Dan dengan adanya lowongan pekerjaan sebagai guru ekonomi di tingkat pendidikan SMP dan SMA, akan tetapi anda harus menyelesaikan terlebih dahulu pendidikan di tingkat magister supaya bisa menjadi dosen di kampus negeri atau swasta.

    6. Konsultan Keuangan

    Sistem keuangan di dalam negeri yang saat ini sudah mulai berubah ke arah syariah dan banyak membutuhkan lulusan ekonomi syariah sebagai konsultan keuangan. Tidak hanya dapat bekerja di dalam internal perusahaan saja, akan tetapi anda juga bisa menjadi konsultan keuangan independen.

    7. Konsultan Bisnis

    Tidak hanya bisa menjadi konsultan keuangan pribadi saja, tetapi kamu juga mempunyai peluang untuk menjadi konsultan bisnis yang mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Jasa konsultan bisnis untuk UKM atau perusahaan yang lebih besar maka kamu bisa menerapkan sistem fee sesuai dengan kesepakatan yang sudah di janjikan sebelumnya.

    8. Pegawai Pajak

    Seleksi pegawai pajak memanglah tidak mudah, kecuali anda terikat dengan pendidikan dinas seperti STAN dan lain-lain. Namun, anda mempunyai peluang yang sangat besar untuk bekerja di Direktorat Perpajakan dengan gaji yang sangat fantastis.

    9. Analis Keuangan

    Tugas analis keuangan adalah meneliti data, mengidentifikasi peluang dan mengevaluasi hasil keuangan suatu perusahaan agar dapat mengambil keputusan dengan sebaik-baiknya. Biasanya para pemimpin perusahaan sangat membutuhkan analis keuangan untuk mengambil keputusan yang terkait dengan pengambilan kebijakan atau pengelolaan keuangan termasuk investasi aman perusahaan agar menjadi lebih baik lagi.

    10. Staf Akuntan

    Tugas akuntan memanglah tidak mudah karena sangat memerlukan ketelitian dan kecermatan yang cukup tinggi dalam melakukan pencatatan transaksi, pengecekan arus kas yang masuk keluar, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain. Akuntan sangatlah penting bagi sebuah perusahaan agar dapat mengelola keuangan dengan baik, dan termasuk dalam menyiapkan laporan untuk pihak eksternal seperti investor, pemegang saham dan lain-lain.

    Dengan ilmu ekonomi syariah, anda juga dapat menjadi salah satu staf akuntansi di sebuah perusahaan atau lembaga keuangan tertentu dengan gaji yang minimal lumayan besar.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang Kerja Ekonomi Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar