Pengoperasian Mesin Jahit

Daftar Isi

    LancangKuning -  Di dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan seseorang yang sudah ahli atau pandai harus memiliki kepercayaan diri yang kuat, bertanggung jawab atas apa yang ingin di lakukan dan mengetahui secara mendalam pekerjaan yang sedang di kerjakannya. Apabila ingin melakukan pekerjaan menjahit yang baik dan benar di perlukan pengetahuan dan memahami ataupun mengerti terhadap cara-cara untuk menjalankan mesin jahit, langkah pertama yang di lakukan terlebih awal yaitu memeriksa kondisi mesin jahit yang ingin digunakan supaya mengetahui mesin dalam kondisi baik atau tidak. Kemudian memeriksa bagian jarum, sikoci, serta bagian sepatu mesin jahit.

    Memasang Jarum Mesin Jahit

    Jarum mesin jahit merupakan alat yang digunakan untuk menjahit yang mempunyai bentuk seperti batang serta memiliki lubang atau mata jarum yang terletak tepat sebelum bagian ujung yang meruncing. Tahap-tahap maupun urutan bagaimana cara memasang jarum pada mesin jahit yaitu takeup mesin ke arah atas, kemudian kendurkan sekrup yang terletak pada dudukan jarum, lalu masukkan ujung jarum pada arah lubang jarum sampai mentok, serta kencangkan kembali bagian sekrupnya.

    Memasang Sepatu Mesin Jahit

    Macam-macam sepatu mesin jahit yang banyak di gunakan untuk industri garmen antara lain seperti sepatu standar, sepatu stik kanan, sepatu stik kiri, sepatu sebelah kanan, sepatu ritsleting/zipper, sepatu sebelah kiri, dan sepatu garpu. Langkah-langkah dalam memasang sepatu pada mesin jahit antara lain pastikan terlebih dahulu mesin jahit dalam keadaan mati, kendurkan baut pengikat menggunakan screw driver, kemudian pasang kembali sepatu sesuai dengan arahnya lalu kencangkan kembali baut pengikat nya.

    Memasang Benang Pada Mesin Jahit

    Langkah-langkah memasang benang pada mesin jahit bisa dikerjakan dengan cara mengambil ujung benang dari cones yang terletak pada bagian penyangga benang, kemudian masukkan ujung benang melalui jalur benang ke penetral benang pertama serta kedua, dilanjutkan menuju bagian tension, jalur benang, takeup serta pengaman benang yang posisinya terdapat di needle bar (rumah jalur) kemudian berikutnya masukkan benang pada lubang jarum sesuai dengan arah cekungan benang.

    Memasang Benang Pada Spul

    Pasang cones benang pada tiang pertama lalu masukkan ujung benang pada penjepit benang terus dengan tension kemudian pasang bobin pada rumah bobin serta putarkan ujung benang pada bobin.

    Memasang Spul Pada Skoci

    Langkah pertama ambil skoci, kemudian masukkan spul yang sudah penuh dengan benang pada skoci dengan ujung benang di putarkan pada kulit benang mengarah jarum jam. Tinggalkan ujung benang kurang lebih sepanjang sepuluh sentimeter.

    Memasang Bobin Case atau Skoci

    Cara untuk memasang skoci pada mesin jahit sebagai berikut pegang ujung benang serta berhenti memutar bobin menggunakan tangan kiri kemudian masukkan benang melalui tension spring. Buka tangan dengan menggunakan latch serta masukkan kembali bobin case ke dalam langkah pengait dan langkah terakhir tutup kembali bagian side plate.

    Menjalankan Mesin Jahit

    Untuk melakukan pemeriksaan kelayakan mesin jahit bisa di kerjakan dengan cara mengatasi mesin jahit jalan cepat, sedang, ataupun lambat. Menjahit kain tanpa menggunakan benang, dan mengatur langkah-langkah setikan antara satu sampai tiga setikan secara terus-menerus.

    Supaya bisa menciptakan setikan yang baik, halus/lembut, rata, serta kuat. Benang atas dengan bawah posisinya bersilangan di tengan-tengah lapisan kain.

    1. Apabila setikan posisi atas longgar (maka akan mudah terlepas bila ditarik, setikan tidak terlihat persilangan nya, terlihat hanya seperti benang halus), maka kencangkan sekrup sekoci
    2. Aturlah baut pengatur tegangan benang, putar ke posisi nomor lebih besar
    3. Apabila setikan yang posisi bagian bawah longgar (benang bawah akan mudah terlepas bila ditarik, maka kendurkan sekrup sekoci
    4. Silahkan periksa baut pengatur tegangan benang, kemudian putar lalu arahkan ke nomor lebih rendah. (Akbar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengoperasian Mesin Jahit
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar