Definisi Blockchain

Daftar Isi

    LancangKuning - Blockchain merupakan suatu sistem sebuah penyimpanan data digital yang terdiri dari banyak server (multiserver) yang terdapat pada suatu teknologi di dalam sebuah blockchain. Data yang di buat oleh satu server juga dapat untuk di replikasi dan di verifikasi oleh server yang lain untuk dapat di akses bagi pengguna blockchain. Oleh karena itu, blockchain sering juga di katakan  dengan sebagai buku kas induk dalam bank yang memuat seluruh data transaksi dari semua nasabah.

    Pemanfaatan Blockchain

    Banyak orang yang mengasosiasikan suatu blockchain dengan cryptocurrency atau mata uang kripto yang dapat di gunakan untuk mengakses suatu proyek. Anggapan ini tidaklah salah untuk di gunakan, sebab salah satu mata uang kripto yakni Bitcoin yang merupakan suatu pengguna pertama teknologi blockchain. Jadi bisa saja di katakan bahwa blockchain dapat di aplikasi dengan pertama kali di sektor finansial.

    Cara Kerja Blockchain

    Ketika sebuah blok menyimpan data baru, data tersebut bisa di tambahkan kedalam kumpulan suatu blockchain. Blockchain yang seperti namanya terdiri dari beberapa blok yang dapat di rangkai untuk di gunakan dengan adanya tampilan dari blockchain agar blok di tambahkan ke blockchain dengan bagaimanapun caranya.

    Ada empat hal yang harus di ikuti dengan menampilkan blockchain

    • Harus ada transaksi. 
    • Transaksi itu harus di verifikasi. 
    • Transaksi di simpan dalam satu blok.

    Blok mendapatkan hash (kode pengidentifikasi unik). 

    Macam-macam Teknologi Blockchain

    Blockchain dapat  terbagi menjadi tiga jenis yaitu 

    • Private Blockchain

    Jenis blockchain ini memerlukan izin dari administrator jaringan. Biasanya jenis private blockchain ini banyak sekali di minati oleh sebuah perusahaan yang kurang  nyaman dengan pengawasan dari jaringan publik. Maka penggunaan private blockchain pada suatu perusahaan dapat di aplikasikan ke dalam prosedur akuntansi dan penyimpanan data tanpa di akses ke internet publik.

    • Public Blockchain

    Setiap orang yang mempunyai akses internet dapat melakukan transaksi dengan menggunakan public blockchain, dan tidak ada batasan para pengguna jenis blockchain ini. Selain itu jenis  jaringan public blockchain ini juga dapat  memberikan jaringan yang insentif yang khusus bagi penggunanya yang masih  memakai jenis algoritma Proof of Stake atau Proof of work. Jenis public blockchain ini merupakan jenis yang paling populer saat ini.

    • Blockchain Konsorsium

    Dalam jenis ini, blockchain konsorsium  tidak dapat di kendalikan oleh satu perusahaan saja melainkan beberapa perusahaan. Dalam pelaksanaannya, tiap-tiap sebuah perusahaan memiliki administrator sendiri yang  fungsinya untuk dapat membatasi hak pembaca, pemakai, dan hanya mengizinkan orang - orang  yang terpercaya untuk dapat melakukan akses ke protokol jaringan.

    Manfaat Teknologi Blockchain

    Teknologi blockchain yang masih terbilang baru ini tentu memiliki banyak manfaat karena semakin  banyak di minati orang. Walaupun pada awalnya blockchain ini lumayan cukup  meresahkan bagi  beberapa perusahaan, dan  nyatanya penggunanya malah semakin bertambah. Dan data yang ada pada jaringan blockchain ini di anggap lengkap, konsisten, tepat waktu serta lebih akurat.

    Keunggulan Blockchain

    Ada beberapa keunggulan blockchain di antaranya adalah:

    • Memberikan Transparansi yang Lebih baik

    Dapat memberikan transaksi apabila di simpan di dalam teknologi ini yang masih bersifat immutable atau tidak dapat membuka, dan juga transparan.

    • Melakukan transaksi blockchain di dalam jenis teknologi ini dapat melalui public address dan bisa di lihat oleh semua orang melalui sebuah explorer dan public address, dan kita dapat melihat berapa saja jumlah akun dari seseorang dan ke mana saja seseorang  mentransfer uangnya.
    • Tingkat transaksi seperti ini tidak pernah ada di dalam sistem keuangan manapun sebelumnya, dan tidak dapat menambahkan tingkatan akuntabilitas yang belum pernah ada sebelumnya.

    Perusahaan finansial dapat menggunakan uang atau dana dari customer tanpa sepengetahuan dari customer, dan penggunaannya belum tentu jujur.

    Di dalam teknologi ini, sebuah transaksi di verifikasi oleh miner sebelum direkam dan banyak orang–orang yang setelah melakukan transaksi maka di approve terlebih dahulu, dan akan di enkripsi dan akan terhubung dengan transaksi sebelumnya melalui hash.

     

    (Syaidah)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Definisi Blockchain
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar