Fungsi Manajemen Organizing

Daftar Isi

    LancangKuning Manajemen adalah seni untuk mengatur penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk dapatkan kinerja tinggi dan      dalam berbagai jenis tipe organisasi profit maupun non profit.

    Dalam manajemen itu terdapat seseorang yang mengatur dan bertugas untuk melaksanakan manajemen itu yakni bertugas untuk mengatur, mengorganisasi dan mengontrol suatu organisasi tersebut.

    Ada juga fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari 4 fungsi:

    1. Planing

    Fungsinya adalah perencanaan atau strategy, yang dimaksud dari fungsi tersebut adalah berfungsi untuk menyusun rencana atau strategi untuk pencapaian tujuan oraganisasi tersebut.

    Planing merupakan fungsi yang paling penting, karena kalau tidak ada perencanaan maka fungsi-fungsi lain tidak dapat dilakukan dan tujuan manajemen tersebut tidak tercapai.

    2. Organizing

    Fungsi dari organizing atau pengorganisasian adalah fungsi manajemen dalam pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagikan kepada para anggota kamu sesuai dengan keahlian masing-masing anggota organisasi kamu. Dalam arti tersebut manajemen ini tugasnya untuk mengkelompokkan orang, tugas dan tanggung jawab nya sesuai porsi sehingga mencapaikan tujuan organisasi kamu secara bersama sama.

    3. Directing

    Fungsinya adalah pengarahan, pengarahan adalah tindakan yang dilakukan agar semua anggota kamu berusaha untuk mencapai cita-cita organisasi tersebut. Dalam fungsi dari pengarahan tersebut, fungsi manajemennya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kinerja anggota kamu secara optimal dalam cita-cita perusahaan.

    4. Controlling

    Fungsinya adalah mengendalikan atau pengendalian. Yang dimaksud dari fungsi tersebut adalah manajemen untuk kinerja para anggota kamu sesuai dengan standar yang telah dibuat untuk melakukan perubahan dan perbaikan jika terdapat hasil dari penilaian kurang baik.  Dalam hal tersebut perusahaan harus memerlukan rencana atau strategi perusahaan agar fungsi ini dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak kehabisan banyak biaya
     

    Kalau menurut para ahli fungsi manajemen organizing adalah sebagai berikut

    Fungsi manajemen organizing menurut henry foyal ada 5.

    1. Planing (perencana atau strategi), yakni untuk membuat dan melakukan perencanaan mengenai tujuan dan target perusahaan atau organisasi kamu beserta strategi yang digunakan dalam pencapaian tersebut menggunakan sumber daya yang ada.

    2. Organizing (pengorganisai), yakni untuk menyerentakkan sumber daya manusia, alam,modal dan fisik gunanya untuk mencapai target perusahaan kamu.

    3. Commanding (pengarahan atau mengarahkan) yakni untuk memberikan pengarahan kepada anggota-anggota kamu supaya mengerjakan tugas masing masing mereka sesuai dengan yang telah kamu tentukan.

    4. Controlling (Mengendalikan atau pengendalian), yakni untuk memberikan pengarahan mengenai tugas masing-masing anggota sesuai dengan standar yang telah kamu tentukan kepada anggota kamu.

    5. Coordinating (Pengkoordinasi atau penyelarasan),yakni untuk menghubungkan dan menyelesaikan pekerja pekerja kamu agar saling bersinergi satu sama lain supaya tidak terjadi hal yang tidak menduga seperti bentrok antara satu sama lain.

    Kalau menurut Luther Gullick fungsi dari manajemen adalah:
     

    1. Planning (perencanaan), yakni memilih serta menetapkan aktivitas yang akan dilakukan dan menetapkan sumber daya yang akan digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan dan cita-cita perusahaan.
    2. Organizing (pengorganisasian), yakni pembagian tugas kepada para anggota yang terlibat sesuai keahlian masing-masing.
    3. Staffing (penempatan), yakni menentukan, memilih, mengangkat dan membimbing sumber daya manusia sehingga tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan,.
    4. Directing (pengarahan), yakni memberi penjelasan dan pembinaan kepada para anggota yang terlibat agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar yang ditentukan perusahaan.
    5. Coordinating (pengkoordinasian), yakni melakukan kegiatan agar tidak terjadi kekosongan jadwal dan kekacauan dalam pekerjaan dengan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan yang ada.
    6. Reporting (pelaporan) yakni memberi informasi kepada manager agar pihak yang bersangkutan dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan dalam kinerja perusahaan.
    7. Budgeting (pembuat anggaran) yakni untuk mengendalikan organisasi kamu dengan cara merencanakan akuntansi dan fiskal mengenai anggaran yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan kamu.(Husni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen Organizing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar