Peluang  Kerja Perbankan Syariah

Daftar Isi

    LancangKuning Perbankan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bank, baik lembaga, kegiatan usaha, maupun cara dan prosedur dalam menyelenggarakan kegiatan usaha. Di tahun 2018 ini, Anda yang mungkin lulusan ilmu ekonomi pasti akan khawatir dengan industri perbankan Indonesia saat ini. Pasalnya, nilai rupiah kita terus terdepresiasi melebihi Rp 15.000.

    Perlu diingat bahwa fakta membuktikan bahwa penurunan antusiasme industri tidak diukur dengan satu variabel, yaitu melemahnya nilai tukar mata uang. Di sisi lain, data membuktikan bahwa industri perbankan pada tahun 2017 dan 2018 sebenarnya lebih baik dari pada tahun 2016 sehingga terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ini adalah menurunnya tingkat pengangguran di Indonesia yang didorong oleh pasar kerja yang saat ini sedang berkembang. Memicu perkembangan ekonomi yang baik.

    Peluang kerja di industri perbankan

     Fakta ini membuat kamu harus membuka mata, industri ini masih memiliki prospek kerja yang bagus. Oleh karena itu, untuk menyadarkan kami akan peluang ini, Berikut ini adalah pilihan peluang kerja terbaik di industri keuangan dan perbankan.

    • Analis kredit

    Peluang kerja pertama adalah untuk posisi analis kredit. Orang yang bertanggung jawab memiliki kemampuan untuk berkontribusi, jujur, objektif dan melakukan penilaian kredit sesuai dengan SOP bank. Secara khusus, analis kredit akan melakukan penilaian berdasarkan kemampuan khusus mereka untuk menilai karakteristik calon debitur. Apakah itu memenuhi kesediaan untuk membayar standar, atau dapat dipercaya dan jujur ​​dalam membayar tepat waktu.

     Kedua, memahami kemampuan calon peminjam untuk melunasi pinjaman.

    Yang ketiga adalah untuk dapat menganalisis dengan benar rekam jejak peminjam atau klien, selama mereka masuk bank. Jika ada reputasi buruk di tengah jalan, Anda juga bisa mengecek barang agunan atau benda yang bisa dijadikan agunan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keterampilan analitis yang baik dan ketelitian untuk memilih peluang posisi ini, itu akan sangat cocok.

    • Account officer(AO)

    Jika Anda termasuk orang yang supel dan persuasif, maka staf customer service akan menjadi pilihan terbaik Anda, karena dalam pekerjaannya dia akan selalu berhubungan dengan pelanggan. Dapat dijelaskan bahwa tanggung jawab dari jabatan ini antara lain memperkenalkan produk keuangan perusahaan atau bank dalam bentuk layanan kredit, pinjaman, simpanan dan asuransi. Selain itu dapat dikatakan AO merupakan jembatan penghubung antara bank dengan nasabahnya, karena AO harus selalu menjaga hubungan baik dan selalu follow up dengan nasabahnya.

    • Funding officer (FO)

    Dalam kasus FO yang bertindak sebagai kolektor atau kolektor, posisi memainkan peran yang sama pentingnya dana nasabah bank, seperti dana tabungan. Selain itu, dari sudut pandang tertentu, tanggung jawab fund manager terbagi menjadi dua hal yaitu:

    Pertama sebagai FO yang menjalin hubungan dengan konsumen atau nasabah agar dapat terus menabung dan memberikan kepercayaan kepada bank serta menghimpun dana tabungan.

    Fungsi kedua adalah fungsi seperti staf customer service untuk menyampaikan informasi tentang produk layanan perbankan. Dengan cara ini, jika Anda memiliki peran ekstrover dan persuasif, maka Anda akan sangat pandai memilih posisi ini.

    • Customer service(CS)

    Posisi milik grup bank bekas liner. CS di ibaratkan wajah bank atau perusahaan. Nanti di CS, customer akan komplain tentang pengaduannya. Atau sekadar mencari informasi tentang produk layanan perbankan yang diminati nasabah saat ini. Selain itu, customer service spesialis disibukkan dengan aktivitas yang memenuhi kebutuhan nasabah setiap hari, seperti membuka tabungan baru, deposit, akun saat ini. CS juga bertanggung jawab untuk mencetak kartu baru serta memberikan saran dan opini dalam memilih prosedur yang tepat bagi pelanggan. Oleh karena itu, bagi mereka yang sabar, kompeten, tanggap dan jujur ​​alangkah baiknya jika memilih posisi ini pada peluang kerja di industri ke depannya.

    • Teller

    Selain CS, Teller juga menjadi garda terdepan bank, dan mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan nasabah setiap hari. Tanggung jawabnya termasuk menyelesaikan transaksi untuk menerima dan membayar tunai dari simpanan dan rekening pelanggan. Tugas lainnya adalah meninjau status keuangan bank yang mengalir melalui bank melalui teller setiap hari. Setelah menyelesaikan tugas ini, orang yang berhati-hati, serius dan jujur ​​diperlukan untuk mengambil posisi ini. Jika Anda termasuk orang seperti itu, maka posisi ini bisa menjadi pilihan utama.

    • Perbankan syariah

    Jangan berpikir bahwa perbankan hanya dapat mengandalkan bank tradisional. Tahun bank Hukum syariah ternyata mendapat respons positif dari masyarakat baik dari segi kredit, tabungan dan program lainnya. Padahal, pengelolaan keuangan bank syariah jauh lebih aman dibandingkan bank tradisional. Ternyata dalam sistem perbankan syariah, nasabah akan diperlakukan sebagai pemegang saham.

    Kemudian akan memperkuat investasi bank dan meningkatkan keuntungan bank. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari rencana pembagian keuntungan. Oleh karena itu, dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa terdapat peluang yang lebih besar untuk merekrut pegawai di bank syariah. Ini mungkin pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin memasuki industri perbankan.

    • Star up teknologi keuangan

    Seringkali disebut sebagai financial technology atau financial technology, para milenial saat ini banyak diminati untuk mengelola keuangan yang berkaitan erat dengan teknologi, di sini peran Aplikasi yang digunakan.

    • Konsultan keuangan

    Selain memulai startup atau menjadi karyawan, Anda juga harus memiliki keberanian yang cukup untuk menciptakan seorang penasihat keuangan. Konsultan keuangan adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat keuangan secara profesional. Sangat cocok untuk pengelolaan keuangan individu atau individu dan organisasi. Selain perusahaan yang bermasalah dengan pinjaman atau pengelolaan utang, tujuan keuangan jangka panjang harus ditentukan,

    apakah Anda tertarik untuk bekerja di industri perbankan? Jika ya, jurusan mana yang akan Anda pilih? Anda adalah berperan sebagai wirausahawan atau konsultan keuangan untuk sebuah sistem manajemen. (rahmad)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang  Kerja Perbankan Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar