Jelang Lebaran, Menkes Minta Daerah Percepat Penyuntikan Vaksin Lansia

Daftar Isi


    Foto: Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadiki

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah untuk melakukan percepatan penyuntikan vaksinasi Covid-19 kepada kelompok lansia menjelang lebaran tiba. 

    Yang mana hal itu menurutnya bisa melindungi lansia dalam kegiatan silarutahmi saat lebaran, meskipun larangan mudik telah diberlakukan namun ia menilai itu tidak akan sepenuhnya ditaati. 

    "Kita sudah melakukan larangan mudik supaya kita bisa mengontrol laju penularan Covid-19,  tapi saya yakin dan percaya pasti ada saja yang bocor," katanya saat memimpin Rapat Rutin Koordinasi Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara virtual, Selasa (20/4/21). 

    Sebagai langkah antisipasi, pihaknya meminta kepada kepala daerah untuk mempercepat penyuntikan vaksin Covid-19 lansia. Terutama di kota-kota dan daerah mudiknya tinggi.

    Dengan divaksinnya lansia, ia menyebutkan kalaupun ada kebocoran saat mudik lebar yang mana anak cucunya datang untuk berkunjung, kemungkinan para lansia jika terpapar virus Covid-19 tidak terlalu parah, tidak perlu masuk rumah sakit serta tidak wafat. 

    "Lansia itu risiko wafatnya 4 kali lipat dari rata-ratat atau 20 kali lipat lebih tinggi dari orang muda. Tugas kita bersama adalah lindungi orang tua dan senior lansia kita, tolong fakuskan vaksinasi untuk lansia agar mereka terlindungi terutama pada masa sebelum lebaran," pungkasnya. 

    Rapat tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jelang Lebaran, Menkes Minta Daerah Percepat Penyuntikan Vaksin Lansia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar