Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Daftar Isi

    LancangKuning - Pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan banyak penjual atau pembeli yang saling memahami kondisi pasar. Pasar persaingan sempurna adalah salah satu pasar paling ideal untuk meningkatkan efisiensi produksi barang atau jasa. Sama seperti jenis pasar lainnya, pasar persaingan sempurna tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan serta terdapat pengaturan harga. Berikut penjelasannya: Keunggulan pasar persaingan sempurna Dalam Jun Surjani dan teman nya "Economic Theory (Micro-Methods)" (2018)

    Beberapa keunggulan pasar persaingan sempurna adalah: harga sebenarnya dibentuk dengan cara-cara berikut :

    • Mekanisme harga. Harga yang dihasilkan tidak tunduk pada campur tangan pemerintah atau asosiasi produsen.
    • Dalam jangka panjang akan ada harga yang menguntungkan konsumen karena harga dibentuk oleh biaya rata-rata yang paling rendah. Oleh karena itu, pasar menjamin produksi produk berbiaya rendah.
    • Persaingan sempurna tidak membutuhkan iklan, karena jenis produknya, kualitasnya.

    Kurangnya pasar persaingan yang sempurna

    kekurangan pasar persaingan yang sempurna, antara lain:

    • keuntungan yang diperoleh dalam skala normal, sehingga beberapa perusahaan kesulitan menyediakan dana untuk pembangunan.
    •  Konsumen akan merasa jenuh saat membeli, karena produk yang beredar di pasaran merupakan produk sejenis. Oleh karena itu, pilihan konsumen terbatas.
    •  Persaingan sempurna akan menimbulkan biaya sosial. Perusahaan yang mengabaikan biaya sosial akan mengakibatkan kegiatan produksi yang tidak kondusif bagi masyarakat. Seperti polusi, penggunaan bahan pengawet yang berlebihan, dll.

    Pembentukan harga pasar

    Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melaporkan bahwa harga pasar merupakan indikator produksi. Untuk menghindari kerugian, pengusaha harus selalu menghitung break event point (BEP) atau poin pengembalian utama. Poin pengembalian pokok adalah kondisi bahwa total pendapatan sama dengan total biaya yang dikeluarkan.

    Untuk mengetahui BEP dan keuntungan yang maksimal, Anda harus mengetahui beberapa poin kunci, yaitu: pendapatan total adalah pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk. Pendapatan rata-rata mengacu pada total pendapatan per unit produksi. Pendapatan marginal mengacu pada pendapatan tambahan yang diperoleh dengan menjual unit produk lain. Biaya marginal, dan biaya yang dikeluarkan dengan memproduksi unit lain. Biaya total rata-rata adalah total biaya yang harus dikeluarkan setiap unit produksi.

    Karakteristik pasar persaingan sempurna

    • Jumlah pelanggan dan pembeli di pasar Singkatnya, Anda bisa langsung melihat ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Bahkan orang awam yang jarang pergi ke pasar dapat membedakan apakah pasar tersebut termasuk pasar persaingan sempurna. Ciri pertama dari pasar persaingan sempurna adalah banyaknya penjual dan pembeli yang melakukan aktivitas perdagangan di sana. Banyaknya pedagang dan konsumen menjadikan pasar jenis ini memiliki harga yang stabil dan terhindar dari risiko monopoli.
    • Adanya praktik masuk dan keluar gratis Ciri berikutnya dari jenis pasar ini adalah perusahaan bebas membuka atau menghentikan bisnis di pasar. Penjual di pasar persaingan sempurna dapat dengan bebas membuka atau menutup bisnis sesuai dengan kondisi pasar saat ini.
    • Produk yang diperdagangkan dalam persaingan sempurna serupa Perusahaan yang berdagang di pasar persaingan sempurna memiliki karakteristik yang homogen atau dapat digantikan oleh komoditas yang dijual di tempat lain. Bisa dibilang produk yang dijual oleh penjual di pasar ini adalah sama dan bisa diganti seluruhnya dengan produk yang sama.
    • Tidak ada gap informasi tentang pasar antara pembeli dan penjual Dalam pasar dengan persaingan yang begitu sempurna, baik pembeli maupun penjual sangat menyadari kondisi pasar dan patokan harga produk yang ada di dalamnya. Informasi seperti tolok ukur harga dan fluktuasi penjualan dipahami oleh para pelaku bisnis di jenis pasar ini. Baik pembeli maupun penjual mengetahui kondisi pasar, dan dengan demikian menjual nilai keuntungan yang sempurna di pasar ini. Oleh karena itu, setiap sumber daya yang ada di pasar akan digunakan untuk menciptakan hubungan simbiosis koeksistensi antara konsumen dan pe lapak. (muhammad rahmadani)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar