Kasus Baru COVID-19 Fluktuatif, Kadiskes Riau Minta Warga Disiplin Patuhi Prokes

Daftar Isi

    Foto: Kepala Dinas Kesehatan provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kasus penambahan pasien terkomfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau, masih terus meningkat, untuk hari ini, Minggu (18/4) bertambah sebanyak 330 kasus, total terkonfirmasi 38.883 kasus. Untuk pasien yang sembuh dari Covid-19, sebanyak 278 pasien yang dinyatakan sembuh, total 35.239 orang. 

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, berulangkali mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), selagi masyarakat tidak mematuhi prokes, kasus positif di Riau akan terus terjadi. Tidak ada jalan lain selain patuhi prokes dan disiplin. 

    “Kenaikan kasus positif COVID-19 ini, tidak terlepas dari semakin banyaknya masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan, walaupun sudah setiap saat diingatkan untuk mematuhi prokes, dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan,” kata Mimi, dikutip dari mediacenterriau 

    Dijelaskan Mimi Yuliani, klaster keluarga masih menjadi kasus tertinggi di Riau, jika dalam satu keluarga terdapat kasus positif, selanjutnya dilakukan tracing kontak erat, dan hasilnya dalam satu keluarga terkomfirmasi positif. Hal ini terjadi karena ketidak patuhan masyarakat terhadap prokes.

    “Masih banyak dari klaster keluarga, dan hasilnya dari tracing ini makanya terdeteksi banyak kasus positif. Kemudian, pemeriksaan pada saat perjalanan, secara sendirinya terdeteksi hasil rapid antigennya positif. Kalau untuk swab mandiri sekarang tidak begitu banyak, tapi dari pemeriksaan rapid antigen banyak terkomfirmasi,” kata Mimi.

    Sementara itu, untuk kasus pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19, juga masih tinggi bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Meningkatnya pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19 ini, karena banyaknya lansia yang terpapar COVID-19, dan disertai juga dengan penyakit bawaan yang diderita pasien.

    “Ya persentase pasien yang meninggal akibat COVID-19 meningkat. Kasus yang meninggal banyak usia tua 50 tahun ketas. Ada juga yang dibawah 50 tahun, tapi disertai dengan penyakit lain yang diderita pasien,” ujar Mimi. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kasus Baru COVID-19 Fluktuatif, Kadiskes Riau Minta Warga Disiplin Patuhi Prokes
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar