Materi Dasar-Dasar Budidaya Perairan

Daftar Isi

    LancangKuning - Pada program studi( jurusan) Akuakultur kalian hendak menekuni ilmu tentang kegiatan pemeliharaan, penangkaran, serta pengembangbiakan biota perairan laut ataupun air tawar, semacam ikan, udang, tiram, rumput laut, serta sebagainya.

    Dalam aktivitas budidaya organisme perairan pastinya aspek mutu air serta wadah sangat dicermati. Mirip dengan yang dipelajari pada program riset Budidaya Perikanan, tetapi cakupan dari program riset Akuakultur( Budidaya Perairan) lebih luas, serta tidak terbatas cuma pada komoditas ikan saja. Jadi tidak cuma terbatas pada bagaimana pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, serta teknologi pakan ikan saja, tetapi pula tanaman air, dan menyangkut kelestarian area.

    Kenapa Kamu Memilih Program Studi Ini?

    Program riset ini sangat diperlukan di Indonesia bisa dilihat dari wujud geografis Indonesia dengan 70% wilayahnya merupakan laut.

    Bila kamu sangat tertarik buat mendalami dunia perairan( laut, sungai, rawa, dll) serta pula mau memahami dan mendalami ilmu tentang budidaya ikan, udang, serta yang lain kamu sangat sesuai kuliah di jurusan ini. Tidak hanya itu kamu yang tertarik dengan hayati serta seluruh perihal tentang perairan pula sesuai buat kuliah di jurusan ini.

    Apa Saja Yang materi dasar-dasar budidaya perairan?

    1. Biologi Perairan

    2. Fisika Kimia Perairan

    3. Ekowisata Perairan

    4. Dasar- dasar Manajemen

    5. Iktiologi

    6. Ekonomi Sumber daya

    7. Pemrosesan Data

    8. Statistika

    9. Biokimia

    10. Ekologi Perairan

    11. Dasar- Dasar Akuakultur

    12. Dasar- Dasar Limnologi

    13. Oseanografi Umum

    14. Avertebrata Air

    15. Fisiologi Hewan Air

    16. Biologi Perikanan

    17. Manajemen Pembenihan Ikan

    18. Planktonologi

    19. Sistem Logistik Perikanan

    20. Manajemen Kualitas Air untuk Budidaya

    21. Tumbuhan Air dan Akuaskap

    22. Survei dan Pemetaan

    23. Genetika dan Pemuliaan Ikan

    24. Perancangan Percobaan

    25. Teknologi dan Manajemen Pakan

    26. Pengendalian Pencemaran Perairan

    28. Praktik Kerja Lapang

    29. Hama dan Penyakit Ikan

    30. Ilmu Kesehatan Lingkungan

    31. Produktivitas Perairan

    32. Manajemen Sumber daya Akuatik

    33. Budidaya Pakan Alami

    34. Sistem Informasi Geografis

    35. Rekayasa Sarana Prasarana Budidaya

    36. Akuakultur Organik

    37. dsb.

    Prospek Kerja Program Studi Akuakultur

    Program riset ini mempunyai prospek yang sangat terang kedepannya, kebutuhan hendak seseorang pakar perairan buat memandang serta merubah keadaan perikanan di Indonesia. Lulusan dari jurusan ini pula bisa jadi periset tentang laut serta air di Indonesia ataupun bekerja di kementerian pemerintahan yang terpaut dengan perikanan serta perairan. Pula jadi seseorang pembudidaya ikan yang mempunyai nilai jual bagus.

    Profesi dan Karier Lulusan Budidaya Perairan( Akuakultur)

    • Pengajar Ilmu Agrikultural

    • Peneliti Hewan

    • Pengusaha/ Wirausahawan

    • Ahli Peternakan serta Pengembangbiakan Hewan

    • Peneliti serta Ahli Teknologi Pangan

    • Spesialis Pengairan

    5 kampus terbaik di bidang Kelautan

    1. Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat

    Institut Pertanian Bogor yang bernaung di dasar Kopertis IV ini mencapai akreditasi A buat program riset Ilmu serta Teknologi Kelautan dengan no SK ialah 237/ SK/ BAN- PT/ Ak- XVI/ S/ XI/ 2013 serta berlaku semenjak 2013 sampai 22 November 2018.

    Program riset Ilmu serta Teknologi Kelautan yang ialah bagian dari Fakultas Perikanan serta Ilmu Kelautan di universitas ini sudah ter akreditasi secara internasional, lho. Program riset ini menawarkan keunggulan berbentuk ilmu serta teknologi kelautan dalam melaksanakan kajian sifat- sifat serta proses fisika, kimiawi di laut, interaksi fisika serta kimiawi dengan organisme di laut.

    Serta pula model numerik buat menstimulasi dinamika pergerakan air laut serta prediksi sebaran limbah ataupun material yang lain, model prediksi eksplorasi sumber daya serta area laut, model kenaikan mutu habitat, IPTEK akustik serta instrumentasi, SIG( sistem Data Geografi) kelautan, desain instrumen buat eksplorasi sumber daya serta area laut, serta sediakan jasa konsultasi.

    2. Universitas Padjadjaran, Jawa Barat

    Universitas Padjadjaran yang bernaung di dasar Kopertis IV ini mencapai akreditasi A buat program riset Ilmu Kelautan dengan no SK ialah 2368/ SK/ BAN- PT/ Akred/ S/ X/ 2016 serta berlaku semenjak 2016 sampai 20 Oktober 2021.

    Program riset ini bernaung di dasar Fakultas Perikanan serta Ilmu Kelautan dengan penekanan pada bidang kajian Bioteknologi Kelautan ialah pelaksanaan teknologi pada organisme laut buat menciptakan produk yang berguna.

    Lulusan dari Ilmu Kelautan di Universitas Padjadjaran diharapkan mempunyai keahlian dalam melaksanakan aktivitas menyusun rencana, desain, model pemanfaatan kemampuan sumber energi biologi laut dengan mempraktikkan uraian serta prinsip- prinsip konservasi sumber energi serta area laut.

    3. Universitas Jenderal Sudirman, Jawa Tengah

    Universitas Jenderal Sudirman yang bernaung di dasar Kopertis VI ini mencapai akreditasi A buat program riset Ilmu Kelautan dengan no SK ialah 5125/ SK/ BAN- PT/ Akred/ S/ XII/ 2017 serta berlaku semenjak 2017 sampai 17 Desember 2022.

    Bernaung di dasar Fakultas Perikanan serta Ilmu Kelautan, program riset ini mempunyai visi jadi program riset yang bereputasi internasional buat meningkatkan serta mempraktikkan ilmu serta teknologi kelautan dalam eksplorasi, eksploitas serta konservasi sumber daya laut berkepanjangan yang berbasis kearifan.

    Sebaliknya misinya merupakan menyelenggarakan proses pendidikan yang dinamis cocok dengan pertumbuhan ilmu serta teknologi kelautan, melakukan riset serta kajian di bidang ilmu serta teknologi kelautan dalam bidang eksplorasi, eksploitasi serta konservasi sumber daya laut berkepanjangan yang berbasis kearifan lokal, serta melaksanakan diseminasi serta mempraktikkan hasil studi lewat publikasi, dedikasi warga serta pengkayaan bahan ajar. (Adi)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Materi Dasar-Dasar Budidaya Perairan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar