Komponen data spasial

Daftar Isi

    LancangKuning - Kumpulan data yang digunakan untuk menganalisis masa lalu serta untuk mengerjakan analitis dikenal sebagai Data Spasial. Data Spasial terbatas pada informasi tingkat spreadsheet sederhana, tetapi juga terdiri dari citra dari Satelit dan Drone, titik data alamat, dan data longitudinal dan latitudinal. Pada dasarnya Data Spasial diklasifikasikan sebagai Data Vektor dan Data Raster.

    Data Vektor terdiri dari informasi Koordinat, sedangkan Data Raster adalah tentang lapisan citra yang di ekstrak dari sensor kamera. Data spasial yang termasuk dalam informasi geografis dan geologi dikenal sebagai data geo spasial. Sistem Manajemen Basis Data Relasional menangani data geo spasial ini, dan mereka disebut sebagai Basis Data GIS.

    Data spasial adalah representasi fisik fitur bumi. Ini mewakili lokasi, ukuran, dan bentuk objek di bumi yaitu, bangunan, kolam, pegunungan, administrasi, batas-batas, dll. Data Spasial tersedia dalam dua format utama yaitu, Vektor dan Raster

    Data Raster                                                      

    Data Raster adalah tentang gambar peta berlapis-lapis dari satelit, drone, dan berbagai sensor kamera lainnya. Data yang disimpan dalam format berbasis sel dan piksel warna. Ini adalah piksel yang disusun dalam format kolom dan baris. Data dalam format .jpg, png, bit map, .tif dan .bmp. Data Raster di GIS sangat efisien untuk visualisasi dan analisis yang hampir tidak mungkin dilakukan dalam data Berbasis Vektor. Tidak seperti Data Vektor, bentuk Raster dari data GIS berukuran besar dan kompleks untuk dikelola karena kualitas yang lebih kaya.

    Data raster merupakan representasi gambar dalam matriks sel/piksel ke dalam baris dan kolom. Kumpulan data raster dan nilai data disimpan dalam baris dan kolom. Untuk memiliki data akurasi tinggi, para profesional GIS menggunakan kumpulan data raster resolusi tinggi. Karena dilengkapi dengan tantangan dan kesulitan tersendiri untuk dikelola, kemajuan info Peta memperkenalkan format data yang dirancang khusus, Multi-Resolution Raster (MRR). Ada berbagai jenis raster, Gambar, Palet Gambar, Diklasifikasikan dan Berkelanjutan, atau diskret . Jenis ini disimpan sebagai dua format signifikan, data warna tunggal, dan data warna komposit.

    Tipe bidang gambar digunakan untuk menyimpan pita data warna tunggal, misalkan data warna komposit (RGB) disimpan. Ini mewakili dalam format band virtual. Tipe bidang palet gambar memiliki palet warna, penyimpanan pita data tunggal menunjukkan palet warna. Jika tipe data warna komposit (seperti RGB), itu mewakili pita virtual. Tipe bidang yang diklasifikasikan berisi tabel klasifikasi, pita data tunggal menyimpan indeks tabel klasifikasi. Tabel klasifikasi diwakili sebagai pita virtual, dan tabel berisi segala jenis data virtual yang menyertakan string. Ini tidak memiliki persyaratan struktural atau pengenaan batas (kecuali batasan empat miliar (perkiraan) entri nomor dalam tabel. Tipe bidang kontinu/Diskret  yang berisi data berada dalam satu atau beberapa band. Masing-masing tipe data band konstan/diskret mungkin memiliki tipe data yang unik. Beberapa komponen tipe data, seperti warna multi-komponen atau bilangan kompleks, tersedia di pita virtual. Semua bidang file raster (band) berbagi file koordinasi yang ditentukan sistem.

    Data Vektor

    Data Vektor adalah data yang digambarkan dalam titik, garis dan dapat direpresentasikan dalam model dua dimensi dan dua dimensi tergantung pada koordinat yang digunakan. Data Vektor di GIS digunakan untuk memasukkan informasi dengan bantuan koordinat dan untuk memvisualisasikan titik alamat & tempat menarik, jalur untuk sungai, jalan, rel kereta api, rute feri dan bahkan aliran pipa utama, poligon, di sisi lain, digunakan untuk menampilkan badan air pedalaman seperti danau, bangunan, dll.

    • Poin: Satu titik pada lapisan menggambarkannya. Dapat berupa koordinat x atau y atau z.
    • Garis: Bentuk data vektor ini digambarkan menggunakan dua koordinat, yaitu koordinat x - y atau kebalikan dari ini. Fitur ini memiliki panjang yang ditentukan, dan juga, tidak memiliki lebar karena model dua dimensi.
    • Poligon: Fitur digambarkan menggunakan 3 atau lebih dari 3 koordinat. Bentuk data vektor ini umumnya digunakan ketika area mana pun ditentukan. Kumpulan data yang digunakan untuk menganalisis masa lalu serta untuk mengerjakan analitis dikenal sebagai Data Spasial. Data Spasial terbatas pada informasi tingkat spreadsheet sederhana, tetapi juga terdiri dari citra dari Satelit dan Drone, titik data alamat, dan data longitudinal dan latitudinal.

    Pada dasarnya Data Spasial diklasifikasikan sebagai Data Vektor dan Data Raster. Data Vektor terdiri dari informasi Koordinat, sedangkan Data Raster adalah tentang lapisan citra yang di ekstrak dari sensor kamera. Data spasial yang termasuk dalam informasi geografis dan geologi dikenal sebagai data geo spasial. Sistem Manajemen Basis Data Relasional menangani data geo spasial ini, dan mereka disebut sebagai Basis Data GIS. (Winxy)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen data spasial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar