Pengertian dan Fungsi CAD

Daftar Isi

    LancangKuning - Computer aided design (CAD) merupakan suatu perangkat lunak yang dipakai oleh pengembang produk untuk menunjukkan gambar 2D digital serta model 3D. Desain ini biasanya dipakai untuk menunjukkan objek yang nantinya akan di produksi serta dikirim ke pelanggan.

    CAD adalah suatu program computer yang menggambarkan suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin di gambarkan bisa di wakili oleh garis-garis ataupun symbol-simbol yang mempunyai makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2D dan gambar 3D.

    Bermula dari menggantikan fungsi meja gambar kini perangkat lunak CAD telah berevolusi dan terintegrasi dengan perangkat lunak CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi ini dimungkinkan karena perangkat lunak CAD saat ini kebanyakan aplikasi gambar 3D atau solid modeling.

    Perangkat lunak CAD dibuat untuk memberikan kelebihan-kelebihan berikut :

    • Lebih Mudah, jika kamu tidak menggunakan pemodel CAD #D untuk desain, kemungkinan besar kamu membuat sketsa di atas kertas atau menggunakan teknik penyusunan 2D yang lama. Diperlukan upaya, pelatihan, dan pemikiran yang signifikan untuk mewakili objek 3D dalam 2D serta untuk melihat tataletak enam tampilan standard dan mengubahnya menjadi objek 3D dalam pemikiran kamu. Dengan CAD software, kamu bisa membuat objek 3D, lalu memperbesar, memperkecil, dan memutarnya untuk mendapatkan pemahaman lengkap tentang apa objek ini.
    • Lebih Cepat, Metode lama tentu masih sederhana. Mereka tidak dapat menghasilkan alternative desain dengan cukup cepat, tetapi Anda ingin melihat efek membuat perubahan pada bentuk dan dimensi dengan segera. Ketika kamu menggabungkan daya komputasi dengan permodelan, produktivitas bisa meroket.
    • Lebih sedikit kerja overtime, Setelah kamu membuat objek dalam CAD software, objeknya bisa di manfaatkan berulang-ulang. Ada beberapa cara dimana kamu bisa melakukan ini. Pertama, kamu bisa membuat perpustakaan komponen standar, seperti fastener, elektronik, serta commercial off the self (COTS) lainnya, yang di dapat dengan mudah di tempatkan ke dalam desain kamu. Kedua, kamu bisa mengambil desain yang ada serta menggunakannya sebagai dasar untuk produk generasi berikutnya, jadinya menghemat waktu serta usaha yang luar biasa.
    • Bisa dipakai dengan nyaman downstream, Model CAD yang kamu buat bukanlah titik akhir dari upaya dasain kamu, model itu adalah awalnya. Model CAD kamu bisa dipakai untuk simulasi, manufacturing, perencanaan dan operasi enterprise.
    • Hidup di ujung tombak teknologi, pengembangan produk terus melangkah maju, terutama untuk CAD software. Kemajuan seperti augmented reality, internet of things (IoT), serta optimasi topologi hanya tersedia untuk desainer yang membuat model mereka dalam 3D CAD. Teknologi ini telah memberikan produk dan perusahaan keunggulan kompetitif yang signifikan di pasaran. Jika kamu tidak menggunakan CAD, kamu akan cenderung akan bekerja lebih keras dan lebih lambat, sehingga malah menghasilkan lebih sedikit hasil. Dengan merangkul CAD software, desainer dan insinyur menciptakan produk yang lebih baik, lebih cepat serta lebih mudah dari sebelumnya.

    Manfaat Serta Keunggulan CAD/CAM

    Manfaat serta keunggulan dari teknologi CAD/CAM yang bisa menciptakan keunggulan bersaing sebagai berikut :

    • Respon Cepat, perusahaan-perusahaan yang banyak kehilangan order karena keterlambatan dalam hal pengiriman bisa memanfaatkan teknologi CAD/CAM ini untuk mempercepat dalam proses desain serta siklus manufaktur. Biasanya keterlambatan berasal dari pada pembuatan gambar yang lama, uji prototype, proses pemberitahuan perubahan produk dan lain-lain, dalam hal ini kita bisa mengendalikan CAD/CAM untuk mempercepatnya.
    • Desain manufaktur yang lebih fleksibel dan besar, secara tradisional proses produksi ini dilakukan dengan 2 macam mesin yaitu, general purpose machine untuk memproduksi batch dan dedicated machine untuk memproduksi massal.
    • Meningkatkan mutu produk dan menurunkan biaya produksi per unit, mutu serta kehandalan produk akan ditingkatkan secara tajam dengan teknologi CAD/CAM, apalagi dengan dikembangkannya solid modeling dan parametric design di dalam CAD/CAM. Hasil akhir dari proses produksi lebih rapi, lebih ergonomis meningkatkan kepercayaan terhadap kekuatan struktur bangunan dan lain-lain.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian dan Fungsi CAD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar