Viral Gibran Duduk di Atas Meja Depan Menteri Basuki, Begini Faktanya

Daftar Isi

    Foto: Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka saat berdiskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sabtu (27/3/2021). Foto ini disorot karena Gibran tampak duduk lebih tinggi dibandingkan Basuki yang lebih tua. (Foto: dok. Humas Pemkot Solo)


    Lancang Kuning - Sebuah kabar viral memberitakan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, duduk di atas meja di depan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang duduk di bawahnya. Gibran bahkan disebut tak beradab karena memposisikan duduk lebih tinggi dibandingkan Basuki. Bagaimana faktanya?

    Dalam foto dan video yang viral, terlihat Gibran duduk di level yang lebih atas dibandingkan Basuki dan seniman Sardono W Kusumo. Saat itu mereka tengah berada di MasDon Art Center milik Sardono. Foto tersebut diambil pada Sabtu (27/3) kemarin di sela kunjungan Basuki ke Solo untuk meninjau Taman Balekambang.

    Dalam berita viral menulis bahwa Gibran duduk di atas meja, sedangkan Basuki di kursi sehingga Gibran tampak duduk lebih tinggi. Berita lainnya bahkan menyebut jika Gibran tidak beradab karena duduk di atas meja di depan Menteri Basuki.

    Saat dihubungi detikcom, Sardono menegaskan kabar viral tersebut salah. Dia menjelaskan tempat yang diduduki Gibran bukanlah meja, melainkan kursi penonton pertunjukan seni di MasDon Art Center yang memang berlevel. Ketinggian kursi penonton semakin ke depan semakin rendah.

    "Itu bukan meja. Itu tempat duduk penonton untuk acara pertunjukan seni. Justru tempat duduk di bawah itu biasa dipakai tamu undangan," kata guru besar Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu saat dihubungi detikcom, Minggu (28/3/2021).

    Sardono lalu menjelaskan awal mula Gibran duduk di atas. Ternyata Gibran duduk di atas karena diminta oleh Basuki.

    "Jadi awalnya itu Mas Gibran malah mau duduk di samping Pak Basuki. Sama Pak Basuki diminta duduk di atas situ, karena kita mau diskusi," ujar Sardono, dilansir LKC dari detik.com

    Sardono secara pribadi menilai posisi Gibran di atas bukan bermaksud tidak sopan. Situasi saat itu pun berlangsung cair.

    "Saya nggak merasa (tidak sopan) kok. Itu suasananya cair, kita sedang diskusi, nggak ada masalah sebenarnya," pungkasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral Gibran Duduk di Atas Meja Depan Menteri Basuki, Begini Faktanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar