Karakteristik Manajemen Operasional

Daftar Isi

    LancangKuning -  Manajemen operasional merupakan area bisnis yang berfokus pada proses suatu produksi, dan serta memastikan pemeliharaan dan perkembangan yang secara langsung secara efektif dan tentunya sangat efisien. Sistem operasional ini sangatlah penting bagi sebuah perusahaan dan keberlangsungan usaha, karena sistem operasional ini dalam sebuah bisnis dapat mengelola semua sumber daya milik perusahaan untuk dapat menghasilkan produk yang tentunya lebih maksimal.

    Karakteristik Manajemen Operasional

    1. Bertujuan memproduksi barang dan jasa
      Karakteristik yang pertama ini merupakan bahwa manajemen operasional bertujuan untuk mengatur secara keseluruhan proses suatu produksi barang dan jasa untuk dapat menghasilkan pendapatan yang untuk suatu perusahaan tersebut.
    2. Mempunyai kegiatan proses transformasi
      Dimana proses transformasi merupakan segala kegiatan atau kelompok yang mengambil satu atau lebih input, mengubah dan menambah nilai bagi mere, dan memberikan output untuk pelanggan atau klien. Apabila input merupakan bahan baku , maka otomatis akan relatif mudah untuk dapat mengidentifikasi transformasi yang terlibat, namun apabila input merupakan informasi atau orang, maka sifat transformasi kemungkinan akan kurang jelas.
    3. Terdapat suatu mekanisme pengendali sebuah pengoperasian
      Dalam manajemen operasional terdapat suatu mekanisme dalam mengendalikan pengoperasian pada suatu bisnis. Baik itu untuk pengoperasian langkah-langkah dalam suatu proses operasi dasar, dan terlebih dahulu harus diaplikasikan pada semua divisi bisnis seperti untuk dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi limbah dan meningkatkan penjualan.

    Ruang Lingkup Manajemen Operasional

    • Aspek Struktural
      Ruang lingkup aspek ini merupakan aspek yang mengenai sebuah pengaturan komponen yang akan membangun suatu sistem manajemen operasional yang saling berinteraksi antara satu sama lainnya.
    • Aspek Fungsional
      Dimana aspek ini berkaitan erat dengan manajerial sistem dan pengorganisasian seluruh komponen struktural ataupun interaksinya mulai dari perencanaan, penerapan, pengendalian, maupun perbaikan agar diperoleh kinerja optimal.
    • Aspek Lingkungan
      Sistem dalam manajemen operasional yang betapa pentingnya memperhatikan suatu perkembangan dan kecenderungan yang masih berhubungan erat dengan lingkungan.

    Fungsi Manajemen Operasional

    • Fungsi Perencanaan
      Dalam perencanaan, manajemen operasional dapat menentukan suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan dapat mengembangkan sebuah program, kebijakan dan prosedur yang akan diperlukan untuk dapat mencapai suatu tujuan tersebut. Dan d idalam tahap ini dapat mencakup sebuah penentuan peranan operasi termasuk perencanaan produk, fasilitas, dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.
    • Fungsi Pengorganisasian
      Dalam pengorganisasian , manajemen operasional menentukan struktur individu, grup, bagian , devisi atau dapartemen dalam subsistensi operasi untuk mencapai tujuan suatu organisasi, dan selain itu juga manajemen operasional juga dapat menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan operasi dan juga mengatur wewenang dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya.
    • Fungsi Pergerakan
      Dalam hal ini, manajemen operasional berfungsi untuk memimpin, mengawasi, dan untuk memotivasi karyawan untuk dapat melaksanakan tugasnya masing-masing.
    • Fungsi Pengendalian
      Fungsi pengendalian ini berfungsi untuk dapat mengembangkan standar dan jaringan komunikasi yang dibutuhkan agar pengorganisasian dan pergerakan yang sesuai dengan yang telah direncanakan terlebih dahulu dan mencapai tujuan.

    Adapun tugas pokok dari manajemen operasional

    • Merencanakan kuantitas dan kualitas bahan baku dalam produksi
    • Merencanakan lokasi dari suatu gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien untuk dapat menghemat waktu dan mobilisasi
    • Merencanakan tata letak dari suatu pabrik atau perusahaan
    • Bertanggung jawab atas pemeliharaan peralatan pabrik atau perusahaan untuk menjamin keandalan dan keberlangsungan suatu operasional
    • Merancang strategi produk yang lebih berkualitas sehingga dapat bersaing dengan competitor
    • Menyusun jadwal kerja yang lebih efektif dan efisien dengan mengevaluasi biaya tenaga kerja
    • Memiliki tanggung jawab penuh atas keberlangsungan hasil dari produksi, baik itu dari sisi kualitas ataupun kuantitas dari produk tersebut.

    Demikianlah artikel saya tentang karakteristik manajemen operasional semoga dapat bermanfaat dan membantu.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Manajemen Operasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar