Tujuan Manajemen Operasional

Daftar Isi

    LancangKuning Manajemen operasional merupakan area bisnis yang berfokus pada suatu produksi yang dapat untuk membantu anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik dan aman serta dapat memastikan suatu pemeliharaan dan perkembangan yang akan berlangsung secara efektif dan efisien. Seorang manajer operasi telah bertanggung jawab atas pengolahan proses perubahan input menjadi output untuk mengolah sistem operasi manajemen operasional dengan cara yang telah dipersiapkan dalam pembuatannya.

    Tujuan Manajemen operasional

    Manajemen operasional bertujuan untuk mengatur suatu penggunaan semua sumber daya yang telah dimiliki oleh suatu perusahaan yang disebut dengan bahan mentah, tenaga kerja, mesin dan perlengkapan semua yang dibutuhkan oleh sistem operasional dalam melakukan tugas dengan baik sehingga proses pembuatan suatu produksi akan berlangsung secara efektif dan efisien dalam menggunakan suatu pekerjaan yang memerlukan waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan hasil yang lebih memungkinkan semua proses berjalan dengan lancar.

    Beberapa tujuan dari manajemen operasional yang dapat untuk anda gunakan dalam mengerjakan suatu sistem yang akan anda buat.

    1. Efficiency

    Manajemen operasional yang terdapat dalam suatu perusahaan akan difungsikan untuk dapat meningkatkan sebuah efisiensi dari hal-hal yang akan dikerjakan atau diproduksi dengan adanya pengolahan dalam melakukan suatu hal sistem operasional. Dan akan menjamin adanya pengolahan yang lumayan akurat untuk dapat anda olah sendiri.

    1. Productivity

    Productivity atau produktivitas di dalam suatu perusahaan atau bisnis besar dan kecil penting sekali untuk anda pahami dalam mengolah aktifitas yang akan anda gunakan bahkan sebuah bisnis akan berada di dalam suatu kategori yang sangat aman jika di dalamnya terdapat aktifitas yang dapat dilakukan oleh anda dan akan menghasilkan suatu produk dalam bentuk barang atau jasa untuk kebutuhan konsumen dengan berbagai proksi tersendiri.

    1. Economy

    Suatu manajemen operasional yang akan dapat dijalankan dengan baik dan benar sangatlah bermanfaat untuk menghemat biaya produksi barang atau jasa dalam suatu perusahaan yang akan ditempati untuk mengolah suatu produk dengan adanya kefokusan dalam pengolahan.

    1. Quality

    Dalam suatu divisi suatu manajemen operasional akan terdapat pada bagian atau sumber daya manusia yang akan difungsikan untuk meneliti dan dapat melakukan serangkaian survei yang berada di dalam pasar sehingga dapat menghasilkan hasil dalam penelitian yang lebih terkait dengan saat ini yang sedang dibutuhkan suatu masyarakat atau sasaran pada bagian pasar untuk lebih menggunakan dan menjalankan produksi dengan baik dan benar.

    1. Reduced Processing Time

    Inti dari tujuan ini adalah untuk dapat mengurangi waktu dan proses dalam melakukan suatu produksi untuk digunakan secara efisien dan teliti. Dalam memproduksikan suatu barang atau jasa suatu perusahaan pastinya anda akan dapat untuk memanfaatkan waktu dengan maksimal dengan cara yang cukup banyak.

    Contoh Manajemen Operasional

    • Produk barang
      Merupakan pertanian, manufaktur, perkebunan, perikanan, pertambangan, konstruksi, otomaotif, perumahan pabrik dan pembuatan suatu produk barang serta industri berat maupun ringan.
    • Produk jasa
      Merupakan pendidikan, hukum, perbankan, asuransi, kesehatan, layanan masyarakat, transportasi, perdagangan, hiburan, administrasi, real estate, jasa profesional dan jasa perbaikan untuk dapat dibuat dalam pengolahan suatu sistem operasional.

    Manfaat Manajemen Operasional

    Mampu untuk menyatukan subsistem-subsistem operasi tersebut agar bisa mencapai tujuan suatu perusahaan yang akan ditempati untuk melakukan suatu pekerjaan dalam pengolahan sistem operasional dengan cara membuat produksi yang lumayan baik untuk dapat meyakinkan suatu perusahaan yang akan dijalankan. Pada fungsi pengorganisasian suatu manajemen operasional akan dapat menyediakan sumber daya yang dibutuhkan demi tercapainya suatu tujuan dalam perusahaan tersebut.

    Ciri-ciri Manajemen Operasional

    1. Adanya sebuah kegiatan dalam proses transformasi.
    2. Adanya suatu tujuan untuk dapat menghasilkan sebuah barang atau jasa untuk dihasilkan.
    3. Adanya sebuah mekanisme yang akan mengatur suatu proses produksi barang atau jasa.(Pinta).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Manajemen Operasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar