Penerapan Database Pada Perusahaan

Daftar Isi

    LancangKuning - Database memiliki peran penting dalam mengelola data perusahaan dengan lebih efektif dan efisien yang dapat pengelolaan database menggunakan sebuah program atau sistem manajemen database yang disebut database management system.

    Database perusahaan merupakan kumpulan berbagai data dan informasi tentang perusahaan yang disusun sistematis data tersebut dapat diperiksa dan diolah ataupun dimanipulasi menggunakan program komputer untuk kepentingan perusahaan.

    Pangkalan data merupakan suatu kumpulan data yang terorganisir umumnya dapat disimpan dan diakses secara elektronik dari suatu sistem komputer pada saat pangkalan data yang menjadi dan semakin kompleks maka pangkalan data dikembangkan menggunakan teknik perancangan dan model secara formal.

    Memudahkan dalam pengelolaan data perusahaan dengan adanya database perusahaan proses penyimpanan akses pembaruan dan penghapusan data bisa dilakukan dengan mudah selain itu data pada database tidak mudah diubah oleh semua orang meski data dapat digunakan oleh berbagai pihak karena dalam dikontrol dari server pusat saja.

    Database perusahaan berarti basis data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang digunakan untuk kepentingan bisnis dan operasi perusahaan database dapat berupa kumpulan dokumen tabel atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam media elektronik.

    Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi karena dalam basis dapat menyediakan informasi bagi para pemakai oleh sebab itu database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat.

    Contoh penggunaan basis data dalam dunia bisnis ialah

    • Bank merupakan pengelola data nasabah, akunting, semua transaksi perbankan
    • Bandara merupakan pengelola data reservasi penjadwalan
    • Universitas dapat mengelola pendaftaran seperti alumni
    • Penjualan dapat pengelolaan data customer produk penjualan.

    Basis data merupakan kumpulan file tabel arsip yang dihubungkan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik kita perlu menggunakan basis data ketika data sudah kompleks belum terdefinisi dengan baik dan data terus berubah.

    DBMS merupakan singkatan dari database management system dalam penorganisasian dan sistem pengolah database pada computer DBMS  atau database management system ini dapat dalam perangkat lunak yang dipakai untuk membangun basis data yang berbasis komputerisasi.

    Selain untuk mengakses dan menyimpan data suatu perusahaan harus dapat memantau apa yang terjadi pada kegiatan operasional sehingga dapat mengambil langkah yang cepat dan tepat jika terjadi masalah misalnya penjualan yang cepat harus diikuti manajemen inventor yang cepat.

    Database merupakan penyimpanan data kita di dalam computer server adapun fungsi database ialah mengelompokan data untuk mempermudah identifikasi data dan database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan cepat dan akurat.

    Perusahaan yang menggunakan sistem database ialah

    • Telkom Indonesia
    • Telkomsel
    • Pertamina
    • PLN
    • Lintasarta

    Fungsi database dalam perusahaan ialah

    1. Mempermudah pengelompokan dalam database menjadikan pekerjaan mengelompokkan data menjadi lebih mudah
    2. Mencegah data ganda
    3. Memudahkan pengelolaan data perusahaan
    4. Menjaga kualitas data
    5. Meningkatkan kinerja aplikasi
    6. Menjadi kerahasiaan data
    7. Memudahkan berbagai data

    DBMS merupakan suatu sistem atau software yang dirancang khusus untuk mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh banyak pengguna tujuan utama penggunaan DBMS dalam jaringan komputer untuk menghindari kerusakan dan hal pengolahan data yang jumlahnya besar.

    Database popular ialah

    • Oracle
    • Mysql merupakan  suatu database yang popular dalam digunakan untuk keperluan website mulai dari untuk pemakaian pribadi hingga level perusahaan
    • Microsoft sql server
    • Postgresql
    • Mongodm
    • Lbm db2
    • Elasticsearch
    • Redis

    Kelebihan penggunaan DBMS menghindari ketidakkonsistenan data avoiding incocintency dan penggunaan data secara bersama-sama meminimalisasi adanya data ganda.

    SMBD singkatan dari Sistem manajemen basis data dengan suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh banyak pengguna.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerapan Database Pada Perusahaan
    Sangat Suka

    20%

    Suka

    40%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    40%

    Komentar