Etika Komunikasi Daring

Daftar Isi

    LancangKuning - Media daring merupakan media dalam jaringan daring sendiri merupakan singkatan dari dalam jaringan dengan konteks ini jaringan dapat di sebut jaringan online sedangkan jaringan online juga dapat terhubung dengan teknologi atau internet.

    Usahakan untuk berkomunikasi pada jam kerja tidak terlalu malam dan tidak terlalu pagi ucapkan salam dengan santun dengan cara kata maaf untuk menunjukkan kesopanan dan kerendahan hati.

    Jika sedang berlangsung pembelajaran daring gunakanlah pakaian yang sopan rapi dan tidak bersikap aneh-aneh tidak banyak permintaan patuhilah semua rules atau aturan yang guru tetapkan selalu mengerjakan tugas-tugas yang guru instruksikan.

    Etika peserta didik dalam pembelajaran daring

    1. Peserta didik tepat waktu dalam mengikuti pembelajaran
    2. Dapat menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam kegiatan pembelajaran.
    3. Berpenampilan yang rapih dan sopan apabila melakukan tatap muka virtual.

    Pembelajaran daring merupakan metode belajar berbasis teknologi jika ditelusuri harfiahnya pembelajaran daring ialah metode belajar berbasis teknologi dengan tetapi melakukan tatap muka secara virtual dengan bantuan platform media tertentu.

    Komunikasi daring lebih hemat  jika sehari-hari kita dapat berkomunikasi dalam langsung harus bertatap muka namun jika orang tersebut di daerah yang jauh hal tersebut akan lebih boros melalui komunikasi daring biaya yang dikeluarkan sangat kecil bahkan gratis sehingga tetap dapat berhubungan dengan orang di daerah lain.

    Belajar daring bisa meningkatkan kemampuan kita dalam motoric halus dan kasar pada anak melalui aktivitas menulis dalam permainan seperti menuang air atau menyusun setik es krim selain itu anak juga melatih koordinasi mata seperti membaca dan melihat instruksi guru dapat ditiru.

    Kendala dalam pembelajaran daring ialah

    1. Lokasi rumah tidak terjangkau dalam jaringan internet termasuk kuota internet murid minimalis
    2. Media pembelajaran dapat digunakan oleh guru dominan menonton dan membuat para murid merasa jenuh atau bosan.

    Bagi tenaga pengejar sistem dalam pembelajaran daring hanya efektif untuk penugasan mereka menganggap untuk membuat siswa memahami materi dengan cara daring yang dapat dinilai dengan sulit dan ada beberapa sekolah memberikan kebijakan agar siswa tidak hanya belajar materi pembelajaran tetapi juga mengasah life skill dengan membantu kegiatan di rumah.

    Kelemahan dari komunikasi daring ialah

    • Komunikasi dilakukan secara tertulis
    • Tidak adanya komunikasi nonverbal
    • Memerlukan perangkat khusus seperti hardware dan software
    • Pemalsuan identitas
    • Konsumsi waktu dan konsentrasi
    • Informasi tidak penting
    • Memberikan jarak antara personal

    Daring lebih diartikan sebagai online dan luring itu offline serta memiliki makna tertentu dalam teknologi computer dan telekomunikasi daring bisa juga diartikan sebagai suatu keadaan computer yang saling bertutur informasi karena sudah terhubung ke sebuah internet.

    Dalam konteks pembelajaran daring merupakan metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning manajemen system seperti menggunakan zoom google meet sedangkan sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka.

    Kekurangan pembelajaran daring atau online ialah

    • Sulit untuk mengontrol para siswa-siswi yang serius mengikuti pelajaran atau  yang tidak ikut dalam pembelajaran
    • Pembelajaran yang lebih banyak bersifat teoretis dan minim praktek karena tidak dimungkinkan oleh interaksi langsung dengan siswa

    Kelebihan komunikasi daring ialah

    • Dapat dilakukan dimana saja pengguna selalu melakukan komunikasi daring dan jika dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet.
    • Efesiensi waktu komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus bertemu langsung
    • Efisiensi biaya

    Manfaat komunikasi daring dalam sarana komunikasi sebagai sarana e-commerce atau perdagangan online sebagai sarana e-learning dan sarana e-banking.

    Fungsi komunikasi daring merupakan satu media informasi atau penyampai pesan dan informasi kepada komunikasi alias penerima informasi komunikasi dapat membantu proses penyampaian dalam informasi kepada individu maupun kelompok.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Komunikasi Daring
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar