Cara Backup Data Android Ke Google Drive

Daftar Isi

    LancangKuning - Google drive merupakan tempat data penyimpanan online yang dikembangkan pada perusahaan Google pada tahun 2012. Pada umumnya layanan google drive sama dengan layanan cloud storage lain seperti OneDrive dan juga DropBox ataupun cloud storage lainnya.

    Google Drive bisa didapatkan dalam bentuk website resmi ataupun aplikasi. Penggunaannya pun beragam ada bisa dalam bentuk smartphone ataupun desktop. Google drive ini sendiri pun dapat ditemukan dalam jenis smartphone tertentu dikarenakan bawaan dari aplikasi yang sudah terinstal secara otomatis.

    Penggunaan google mempunyai fitur-fitur yang dimana kita bisa menyimpan file berupa dokumen, gambar, audio, atau pun video dengan ukuran kapasitas gratis sejumlah 15 Gigabyte. Untuk meng-upgrade lebih besar penyimpanannya maka akun google harus di upgrade terlebih dahulu. Di samping ini google drive bisa kita mengambil, menyimpan, mengedit file melalui perangkat komputer atau smartphone yang terhubung dengan koneksi internet.

    Manfaat yang diberikan pada Google drive;

    1. Menyimpan data lebih aman.

    Google lebih sering digunakan kebanyakan orang dan juga data yang kita simpan lebih aman dibandingkan menyimpan data di perangkat komputer atau telepon genggam, dikarenakan menyimpan di perangkat rawan akan kerusakan ataupun hilang.

    1. Dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

    Dimana pun dan kapanpun kita berada, ini akan memudahkan pengguna asalkan device terhubung ke internet.

    Fungsi yang diberikan pada Google drive;

    1. Menyimpan file.

    Fungsi utama ini adalah tempat penyimpanan data dengan menyimpan data dalam bentuk gambar, dokumen, video, audio pada media penyimpanan online tanpa harus menaruh pada storage atau media penyimpanan offline ataupun harddisk.

    1. Edit file.

    Data yang diedit langsung tanpa harus mengunduhnya. Gdrive mendukung fitur edit teks yang biasa terhubung dengan google spreadsheet. Aplikasi Gdrive mirip dengan fungsi ms.word atau excel namun hanya berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

    1. Berbagi file.

    File yang kita miliki dapat kita berbagi dengan pengguna lainnya secara langsung tanpa melakukan konfigurasi yang rumit. Kita dapat berbagi file secara langsung dengan menyambungkan pengguna lain melalui link yang disediakan atau kita undang setiap alamat pada Gdrive setiap pengguna.

    1. Backup Data.

    Gdrive ini digunakan sebagai membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lainnya. Biasanya pengguna melakukan ini dikarenakan akun yang ingin dibackup akan men-reset dalam perangkat yang akan digunakan.

    Kekurangan dan Kelebihan Google Drive;

    Google drive memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri setiap penggunanya. Menurut website profile aplikasi, mereka memberikan 4 kelebihan dalam fitur mereka yaitu;

    1. Memiliki memori penyimpanan cukup besar (15 gb).

    Dalam fitur free, Google drive memberikan penyimpanan sebesar 15GB yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data-data. Jika ingin memperoleh penyimpanan tambahan maka kita perlu melakukan upgrade akun terlebih dahulu.

    1. Dapat menyimpan berbagai data.

    Setiap pengguna dapat menyimpan data dalam bentuk file apapun ke Google drive, berupa teks dokumen, gambar, audio, dan berbagai file-file lainnya.

    1. Data tersimpan aman.

    Google drive merupakan penggunaan semua orang dikarenakan google merupakan tempat besar yang dikenal semua dan tentunya kita tidak perlu meragukan developer yang berada di google company. Tentu mereka bekerja dengan keahlian dan merupakan orang-orang terbaik yang memiliki kelihaian dalam bentuk hal teknologi dan juga keamanannya.

    1. Dapat berbagi file dengan pengguna lainnya.

    File yang kita simpan dapat kita bagikan dengan kerabat, teman-teman dan juga guru yang kita hendaki, baik melalui aplikasi media sosial seperti whatsapp, messenger, line, ataupun pesan sms.

    Fakta yang terdapat pada google drive;

    1. Hak dan privasi.

    Kita dapat memberikan hak akses bagi pengguna lainnya.

    1. Translate otomatis.

    Anda bisa mengetahui file yang tidak kamu pahami ataupun bahasa asing, dengan adanya ini maka akan mempermudah kita mengetik dan juga mengedit dari yang kita perlu tanpa membuka penerjemah.

    1. Convert data.

    Fitur untuk mengubah file dari format PDF menjadi format teks ataupun berupa format lainnya.

    1. Revison history

    Fitur ini dipergunakan history editan yang sudah diketik.

    Demikian yang mencakup semua hal yang berhubungan tentang google drive, semoga artikel ini bermanfaat.(Winky)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Backup Data Android Ke Google Drive
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar