Cara Menggunakan Package

Daftar Isi

    LancangKuning - Package adalah suatu jalan untuk menggabungkan class dan interface yang serupa. Package juga berpengaruh kepada mekanis untuk mengakses ke class.  Hal utama yang harus dilihat adalah pada saat kita mengoperasikan, class itu wajib di simpan pada direktori yang sama dengan name package.  Alasan memakai package di java adalah untuk menjauhi perselisihan nama class yang dibuat pada nama class yang ada. Keuntungan dari menggunakan package yaitu untuk mempermudah developer mencari jalan yang diberikan.

    Memberikan nama pada package sebenarnya tergantung pada kita yag memakai class yang ada pada package. Bisa saja nama package itu nama anda sendiri. Namun jika package yang kita buat akan di salurkan atau di pasarkan  secara jauh. Maka Sebaiknya kita menggunakan name pada package tersebut harus lebih benar lagi supaya bisa di share ke khayalak ramai.

    Misalkan anda mempunyai domain belajarjava.com, maka name package anda akan menjadi com.belajarjava dan anda dapat menambahkan name packagenya dengan lebih spesifik lagi. Walau package dapat dapat menghindari perselisihan terhadap penamaan class, namun perlindungan ini cukup sampai disini aja. Pemberian nama package tidak dapat menjamin nama package yang persis dipakai oleh orang yang berbeda. Oleh karena itu kita harus memberi nama yang spesial atau berbeda dari yang lain.

    Name pada package diawali menggunakan huruf kecil untuk bertujuan membedakan dengan name class yang harus kita awali dengan kata besar. Tahap selanjutnya yaitu membuat package adalah dengan mengatur struktur pada disk kamu dan menyesuaikan dengan name package yang dipilih. Jika package kamu memiliki satu nama, packagenya, maka kamu harus membuat satu direktori untuk package. Jika package mempunyai nama yang terdiri dari beberapa bagian, kamu wajib melakukan direktori pada direktori.

    Menambahkan kelas ke dalam package

    Untuk menambahkan class didalam package, kamu dapat melakukannya dengan:

    Package name_package;

    Misalnya:

    Package com.bahasajava.create;

    Cara membuat package dengan netbeans.

    1.  Membuka program netbeans.

    2. Membuat tugas baru, dengan cara pilih menu, lalu file – new project.

    3. Lalu kita pilih next dan tulis nama project dengan nama sesuai project, kemudian klik finish.

    4. Membuat package yang baru dengan cara klik kanan di source packages, new – java package

    5. Ketik package name dengan nama contoh dari package, lalu kita pilih finish

    6. Membuat class yang baru dengan cara klik kanan pada contoh package, new java class

    7. Lalu tulis class name dengan nama di jarak

    8. Lalu kita pilih finish dan tulis listing Program sesuai yang diinginkan.

    Package dapat dilakukan pada java sebenarnya dapat mempermudah kita untuk mengakses file dan kelas. Saat aplikasi semakin meningkat pesat, maka package tersebut dapat menolong kamu untuk mengatur komponen – komponen di dalamnya. Package juga memberi fasilitas penggunaan software dengan menggunakan pernyataan kata import pada package lainnya.

    Keuntungan dari menggunakan package

    Ada beberapa kemungkinan, programmer java dapat membuat class sendiri yang memiliki nama sama dengan menggunakan nama class yang sudah ada pada java api tanpa disengajakan. Perbedaan pada penamaan class bisa saja terjadi.

    Untuk menyelesaikan masalah terhadap pembuatan nama kelas, anda juga dapat meletakkan nama kelas yang mempunyai nama yang sama di dalam package yang berbeda dan dapat diakses kelas tersebut beserta dengan name package.

    Class – class java juga memiliki perbedaan fungsi yang sebenarnya ditempatkan di package yang serupa dan diletakkan di package yang sesuai sehingga mempermudah peletakan dan pendistribusian. Package juga memiliki fungsi yaitu memberikan perlindungan pada class dan interface yang ada di dalam nya. Semua class yang kita buat tersebut akan disimpan di direktori yang saat ini aktif pada saat program sumber java kumpulan. Demikianlah artikel tentang cara membuat package ini saya buat semoga bermanfaat.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menggunakan Package
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar